Makna Pertunjukan Sisingaan di Lingkung Seni Sisingaan Tresnawangi Group Kabupaten Subang

Abdullah Tria Gumelar, Isnan Rojibillah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggali makna yang terkandung dalam pertunjukan Sisingaan di Lingkungan Seni Tresnawangi Group yang berada di Kabupaten Subang. Sisingaan merupakan salah satu bentuk pertunjukan tradisional yang populer di daerah ini, yang melibatkan penggunaan topeng singa dan tari-tarian yang enerjik.Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan pendekatan etnografi komunikasi melibatkan observasi langsung, wawancara dengan para pelaku dan pengamat pertunjukan, serta studi literatur terkait. Data yang terkumpul dianalisis secara tematik untuk mengidentifikasi makna yang terkait dengan pertunjukan Sisingaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertunjukan Sisingaan di Lingkungan Seni Tresnawangi Group memiliki beberapa makna yang mendalam. Pertama, pertunjukan ini memiliki  memiliki makna sosial dan budaya. Pertunjukan ini menjadi sarana untuk memperkuat identitas lokal dan mempertahankan warisan budaya yang ada di Kabupaten Subang. Selama pertunjukan, peserta dan penonton terlibat dalam interaksi sosial yang mempererat hubungan antaranggota masyarakat. Penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang makna dan signifikansi pertunjukan Sisingaan di Lingkungan Seni Tresnawangi Group. Hasil penelitian ini dapat menjadi acuan bagi masyarakat dan pemerintah setempat dalam upaya melestarikan dan mempromosikan pertunjukan tradisional ini sebagai bagian penting dari kekayaan budaya daerah. Selain itu, penelitian ini juga dapat menjadi sumbangan pengetahuan dalam bidang studi seni pertunjukan dan antropologi budaya. 


References


Ismail, Osa Muhammad. (2013). Makna dalam kesenian Sisingaan di Desa Sukajaya Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat. Universitas Komputer Indonesia.

Mardawani. (2020). Praktis Penelitian Kualitatif: Teori Dasar dan Analisis Data dalam Perspektif Kualitatif. Yogyakarta: Deepublish.

Mulya, Satria, Lili Suparli, Dinda Satya UB. 2021. Fungsi, Instrumentasi dan Pertunjukan Kesenian Bangkong Réang di Desa Lebak Muncang. Institut Seni Budaya Indonesia: Jurnal Awilaras Hal 1-10

Mulyadi, Tubagus. (2009). Sisingaan Seni Kemasan Wisata di Kabupaten Subang. Institut Seni Indonesia Surakarta: Jurnal Greget 8(1).

Subang, Kota (2019). Sisingaan Kesenian Khas Kabupaten Subang. Subang: Channel YouTube Kota Subang. Diperoleh dari https://youtu.be/cwgyD5mh_XA

Subang, Kota. (2021). Sisingaan Tresnawangi, Atraksinya Bikin Heboh (Budaya Subang). Subang: Channel YouTube Kota Subang. Diperoleh dari https://youtu.be/RLdyntIBF8o

Subang, Kota. (2022). Sejarah dan Perkembangan Sisingaan, Kesenian Kebanggan Urang Subang. Subang: Channel YouTube Kota Subang. Diperoleh dari https://m.youtube.com/watch?v=EIQYawqZaq8

Wulandari, Aisyah. (2021). Interaksi Simbolik Dalam Tradisi Among-Among Di Desa Bawang Tirto Mulyo Kecamatan Banjar Baru Kabupaten Tulang Bawang. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Zakiah, Kiki. (2008). Penelitian Etnografi Komunikasi: Tipe dan Metode. Universitas Islam Bandung: Jurnal Mediator 9(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.26742/jal.v10i1.2701

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.