Tarling: Peran Instrumen Keyboard Dalam Industri Musik Tarling Modern di Indramayu

Eko Zanuar Rasriy, Pepep Didin Wahyudin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki peran instrumen keyboard dalam industri musik Tarling di Indramayu, serta dampaknya terhadap perkembangan genre ini dalam konteks lokal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data yang melibatkan wawancara, observasi, dan analisis konten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen keyboard memiliki peran signifikan dalam industri musik Tarling di Indramayu. Penyanyi dan pemain keyboard dalam Tarling seringkali berkolaborasi dalam membentuk grup musik atau orkes Tarling yang tampil dalam berbagai acara dan tempat di Indramayu. Adapun secara musikal, keyboard memainkan peran penting dalam mengiringi dan menyusun musik Tarling, mengisi ruang harmoni, dan memperkaya tampilan musikalitas Tarling secara keseluruhan. Penggunaan keyboard dalam musik Tarling di Indramayu juga telah memberikan pengaruh terhadap perkembangan genre ini. Dalam beberapa tahun terakhir, adopsi keyboard dalam Tarling telah menghasilkan variasi dan keberagaman dalam suara musik, dengan penggabungan suara instrumen tradisional Tarling yang khas. Keyboard memungkinkan eksplorasi kreatif dalam menciptakan aransemen musik yang inovatif dan menarik bagi pendengar.

Full Text:

PDF

References


Arifin, Indra. (2020). The Development of the Home Recording Industry in the City of Padang Panjang. ISI Padang Panjang: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Karya Seni No. 22. Vol. 2. Hal. 69-82.

Banoe, Pono. (2003). Kamus Musik. Yogyakarta : Kanisius.

Burhan. (2015). Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Kasim, Supali. (2002). Tarling Migrasi Bunyi dari Gamelan Ke Gitar-Suling. Bandung : Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

Kasim, Supali. (2015). Sugra Perintis Seni Tarling dan Maestro-maestro Seni Budaya Lainnya. Yogyakarta : Dewan Kesenian Indramayu.

Leslar, Carry. (2006). Belajar Praktis Bermain Keyboard. Bandung: Nuansa Aulia. Bungin,

Ocol, Wisnu. Wawancara Tanggal 09 Oktober 2022.

Marsela, Anggela. (2018). E-Modul Seni Budaya Kelas XI. Jakarta : Kemendikbud Dirjen Dikdasmen Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Sugiyono. (2013). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA Madji. Wawancara Tanggal 08 Oktober 2022.

Yogaswara, Pandu.(2016). Tinjauan Musikal terhadap Lagu Kiser Saidah Dalam Tarling. Skripsi Jurusan Seni Karawitan Fakultas Seni Pertunjukan. Bandung: Institut Seni Budaya




DOI: http://dx.doi.org/10.26742/jal.v10i1.2768

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.