Pengembangan Permainan Monopoly Sebagai Media Pembelajaran Teori Musik Di Sekolah Tinggi Musik Bandung

Dini Ardiningsih, Muhammad Sandy Saputra

Abstract


Penelitian ini berjudul Pengembangan Permainan Monopoly sebagai Media Pembelajaran Teori Musik di Sekolah Tinggi Musik Bandung. Pengembangan permainan ini bernama DISC Monopoly. DISC Monopoly merupakan board game yang digunakan untuk membantu mahasiswa dalam mengulang kembali materi mata kuliah Teori Musik, diantaranya degree, insterval, scales, dan chord. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui apakah permainan DISC Monopoly dapat digunakan sebagai media pembelajaran Teori Musik di Sekolah Tinggi Musik Bandung, (2) mengetahui respons mahasiswa Sekolah Tinggi Musik Bandung terhadap permainan DISC Monopoly yang digunakan sebagai media pembelajaran mata kuliah Teori Musik. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan DISC Monopoly dapat digunakan sebagai media pembelajaran, karena mengaplikasikan beberapa teori belajar, diantaranya teori belajar behaviorisme, kognitif, dan konstruktif. Permainan DISC Monopoly ini pun mendapat respons yang cukup baik dari mahasiswa khususnya mahasiswa tingkat pertama Sekolah Tinggi Musik Bandung.

References


Benward, Bruce & Saker, Marilyn (2009). Music in Theory and Practice. New York. McGraw-Hill.

Cahyo, Agus N. (2011). Gudang Permainan Kreatif Khusus Asah Otak Kiri Anak. Jogjakarta. Flashbooks.

Jones, George Thaddeus. (1974) Music Theory the Fundamental Concepts of Tonal Music Including Notation, Terminology, and Harmony. New York. Harper & Row, Publishers, Inc.

Kennedy, Rod. (2004). Monopoly: The Story Behind the World’s Best-Selling Game. Layton. Gibbs Smith, Publisher

Patty, Albertus M. (2008). Permainan untuk Segala Usia. Jakarta. Gunung Mulia.

Rachmawati, Tutik dan Daryanto (2015). Teori Belajar dan Proses Pembelajaran yang Mendidik. Jogjakarta. Penerbit Gava Media.

Rusman. (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Bandung. Alfabeta.

Septia, Diah. (2015). Aplikasi Permainan Kartu Scales Game Sebagai Suplemen Pembelajaran Tangga Nada. Skripsi, Sekolah Tinggi Musik Bandung, Bandung.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung. CV. Alfabeta.

Suprihatiningrum, Jamil. (2013). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta. Ar-ruzz Media.

Trinovitasari, Ajeng. (2015). Penggunaan Permainan Monopoli sebagai Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Sekolah Menengah Pertama. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.26742/jal.v10i1.2816

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.