PEMBELAJARAN TEMBANG SUNDA CIANJURAN GAYA ELIS ROSLIANI DI SMKN 10 BANDUNG

Rizvi Ayazi

Abstract


Penelitian yang mengambil judul ini “Pembelajaran Tembang Sunda Cianjuran Gaya Elis Rosliani Di SMKN 10 Bandung”. Dimaksudkan untuk mengetahui tentang tahapan pembelajaran yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di Jurusan Karawitan SMKN 10 Bandung yang didasarkan kepada alasan bahwa SMKN 10 Bandung sebagai sekolah  dalam bidang seni banyak menghasilkan lulusan professional dalam bidang karawitan termasuk Tembang Sunda Cianjuran. Proses pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Berdasarkan hasil temuan selama proses pembelajaran di SMKN 10 Bandung, perencanaan yang dilakukan oleh guru pendidik yaitu dimulai dari penyusunan materi pembelajaran. Kemudian untuk tahapan- tahapan pembelajaran yang dilakukan oleh guru pendidik yaitu sebelum memulai pembelajaran di dalam kelas, siswa diberi tugas untuk memahami materi lagu yang akan diajarkan secara individual terlebih dahulu dengan tujuan supaya mahasiswa mempunyai gambaran akan materi lagu yang akan diajarkan. Kemudian guru menyampaikan materi lagu yang diajarkan dengan menggunakan metode oral dan penyampaian materi lagunya pun dilakukan dengan membahas lagu perbaris, secara berulang-ulang sampai siswa dirasa cukup menguasai materi lagu dan teknik yang tepat. Kemudian evaluasi yang yang dilakukan oleh guru pendidik yaitu dengan tes seperti pada Ujian Tengah Semester atau UjianAkhir Semester, tapi guru pendidik juga menilai siswanya dari penilaian sehari-hari dan melihat progress dari masing-masing siswa. Proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru pendidik mata pelajaran peminatan Tembang Sunda Cianjuran di SMKN 10 Bandung ini memang sama saja, namun siswanya memiliki potensi yang mumpuni sehingga mampu mencetak siswa yang memiliki keterampilan dan berkualitas. 

 

Kata kunciPembelajaran, Tembang Sunda Cianjuran, SMKN 10 Bandung.


Full Text:

PDF

References


A. A. M Djelantik. (1999). Estetika Sebuah Pengantar. Bandung: Masyarakat Seni Indonesia.

Alwasilah, A. Chaedar. (2006). Pokoknya Kualitatif: Dasar-dasar Merancang dan Melakukan Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Dunia Pustaka Jaya.

Bogdan dan Taylor. (1975). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remadja Karya.

Bungin, Burhan. (2008). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Bagus, L. (2005). Kamus Filsafat, cet ke-4. Jakarta: Gramedia.

Bertens, K. (1981). Filsafat Barat dalam Abad XX. Gramedia.

Brouwer, M. A. W. (1983). Psikologi fenomenologis. Gramedia.

Dayu, Akbar Destian Dicky. (2019). Tembang Sunda Cianjuran. Bandung

Ekadjati, Edi S. (1984). Masyarakat Sunda dan Kebudayaannya. Jakarta: Girimukti

Fitrah. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman Vol 3.333 – 351.

Hasibuan, Malayu S. P. (2007). Dasar, Pengertian dan Masalah. Jakarta: Bumi Aksara

Hermawan, D. (2016). Gender Dalam Tembang Sunda Cianjuran. Bandung: Sunan Ambu Press. STSI

Hermawan, Deni. (2016). Gender dalam Tembang Sunda Cianjuran. Bandung: Sunan Ambu Press.

Ischak, C.Aah. (2006). Mengenal Tembang Sunda Cianjuran. Cianjur: Liebe Book Press dan Cabang Paguyuban Pasundan Kabupaten Cianjur.

Ibrahim, R. Nana Syaodin S. (2003). Perencanaan Pengajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta

Jalaludin. Abdullah Idi. 2014. Filsafat Pendidikan: Manusia, Filsafat dan Pendidikan Edisi Revisi. Depok: PT Rajagrapindo Persada

Julia. (2007. Pendidikan Musik: Permasalahan dan Pembelajarannya.Sumedang :UPI Sumedang Press

Komalasari, Heni. 2020. Pembelajaran Seni Berbasis Kearifan Lokal di Era Disrupsi. Jurnal Seminar Pendidikan. 1 -2.

Majid, A. (2008). Perencanaan Pembelajaran . Bandung: Remaja Rosdakarya.

Milyartini, B. d. (2011). Belajar Dan Pembelajaran Seni Musik.

Bandung: Pendidikan Seni Musik, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, Universitas Pendidikan Indonesia.

Mengenal Tembang Sunda Cianjuran (Liebe Book Press, 2006)

Munandar, Utami. (2002). Kreativitas dan Keberbakatan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Majid, Abdul. (2007). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Makmun, Abin Syamsudin. (1996). Psikologi Kependidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Moleong, Lexi J. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Moustakas, C. (1994). Phenomenological Research Methods. Sage publications.

Natapraja, Iwan. (2003). Sekar Gending: Bahasan Karawitan Sunda. Bandung: PT Putra Galuh Pakuan

Putri, Dwi Lestari Gisni. (2020). Pembelajaran Tembang Sunda Cianjuran Di Institut Seni Budaya Indonesia. Bandung.

Pustaka. (1991). Kebudayaan Sunda. Jakarta: Yayasan Pembangunan Jawa Barat.

Riwayat Pembentukan dan Perkembangan Cianjuran (Disparbud Jabar dengan Yayasan Pancaniti, 2016)

Rooljakers, Ad. 2005. Mengajar Dengan Sukses. Jakarta: PT Gramedia Widiasara Indonesia.

Rusdiana, A. Yeti Heryati. 2015. Pendidikan Profesi Keguruan. Bandung: CVPustaka

Sutikno, M. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Prospect.

Wiradiredja, M. Y. (2014). Tembang Sunda Cianjuran di Priangan (1834-2009). Bandung: Sunan Ambu Press. STSI Bandung.

Wiratmadja, A. S. (1998). Mengenal Seni Tembang Sunda Cianjuran. Bandung: CV. Wahana Iptek.




DOI: http://dx.doi.org/10.26742/jal.v10i2.2856

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.