SRIMPI KUTAMAYA SEBUAH KARYA TARI EKSPRESI ESTETIS

Ai Mulyani, Caca Sopandi

Abstract


Tari Serimpi Kutamaya adalah sebuah judul karya repertoar tari putri, berkarakter lungguh (halus), ditarikan secara kelompok, dan memiliki gaya dan ciri khas Sumedang (kasumedangan). Tarian ini diciptakan untuk mengisi kekosongan pada tarian tradisi jenis putri khas kasumedangan yang tidak ditemukan di Kota Sumedang. Repertoar tari ini merupakan sebuah tarian yang fungsi khususnya yaitu untuk menyambut para tamu, namun tidak menutup kemungkinan dalam penampilannya juga dapat ditarikan atau ditampilkan sebagai tarian lepas artinya dapat pula ditampilkan secara mandiri dalam sebuah pertunjukkan estetis. Proses penciptaanya menggunakan teori estetika instrumental, yaitu meliputi; wujud (rupa), bobot (isi), dan penampilan (penyajian). Adapun dalam proses penciptaanya didasarkan pada pendekatan Pastiche yaitu karya seni yang disusun dari elemen-elemen seni yang dipinjam dari berbagai sumber masa lalu, termasuk sumber tradisi kasumedangan agar tetap lekat dengan ciri dan identitas Kota Sumedang.

Kata Kunci: Serimpi Kutamaya, Tradisi, Estetis, Sumedang.

ABSTRACT: Srimpi Kutamaya, An Aesthetic Expression Dance. December 2022. Serimpi Kutamaya dance is a female dance repertoire, which has a lithe (smooth) character, is danced in groups, and has the style and characteristics of Sumedang (kasumedangan). This dance was created to fill in the gaps in the traditional dance of the typical casumedang princess type which is not found in Sumedang City. This dance repertoire is a dance whose special function is to welcome guests, but it does not rule out the possibility that in appearance it can also be danced or performed as a freelance dance, meaning that it can also be performed independently in an aesthetic performance. The creation process uses instrumental aesthetic theory, which includes; form (look), weight (content), and appearance (presentation). The process of its creation is based on the Pastiche approach, namely works of art composed of artistic elements borrowed from various sources from the past, including sources from the kasumedangan tradition so that they remain attached to the characteristics and identity of Sumedang City.

Keywords: Serimpi Kutamaya, Tradition, aesthetics, Sumedang.

Full Text:

PDF

References


Alfiyanto, A. (2022). CARA MENCARI DAYA: METODE LITERASI TUBUH WAJIWA DALAM TARI KONTEMPORER ANAK-ANAK. Jurnal Seni Makalangan, 9(1).

Amir, Yasraf Filiang. 2022. Trans Estetika. Yogyakarta: Catrik Pusaka.

Ayu, Ida Tresnawati. 2016. Nilai-nilai Kearifal Lokal dalam Pengkemasan Seni Pertunjukan Pariwisata. Chairul,dkk. 2016. Kumpulan Prosiding Seminar. Seni Pertunjukan Berbasisi Kearifan Lokal. Denpasar. Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI, Institut Seni Indonesia Denpasar. Fakultas Seni Pertunjukan.

Dibia, I Wayan. 2012. Geliat Seni Pertunjukan Bali. Denpasar: Arti Foundation.

Djelantik, A,A,M.2001. Estetika. Sebuah Pengantar. Bandung: MSPI

Fristya, Mega. 2022. Representasi Nilai Estetik Tari Dangiang Wulung sebagai Bentuk tari rakyat Selaawi. Jurnal Makalangan. Vol. 9. No 1 (2022). Menggali Inspirasi dari Tradisi.

Hawkin, Alama. 1991. Moving From Within: A New Metode For Dance Making. Diterjemahkan oleh I Wayan Dibia. 2003. Bergerak Menurut Kata Hati. Jakarta: Foundation dan MSPI.

Iswara, Nur. 2017. Kreativitas. Sejarah , Teori dan Perkembangannya. Yogyakarta: Gigih Pus-taka Mandiri.

Kodiran. 1998. Kesenian dan Perubahan Masyarakat. Dalam Kebudayaan Rakyat Dalam Perubahan Sosial. Yogyakarta: Ma-kalah yang disampaikan pada Simposium Internasional Ilmu-ilmu Humaniora ke 51, Fakultas Sastra Universitas Gajah Mada 8-9 September.

Komarudin, Meiga. 2021. Karya Tari Dangiang Wulung Sebagai Identitas Kecamatan Selaawi Kab. Garut. Jurnal Panggung, Vol. 31, no 4 (2021): Implementasi Revitalisasi Identitas Seni Tradisi.

Kuswarsantyo.2014. Dialektika Seni Pertunjukan. Yogyakarta: Bali Seni Conroradono Universitas Negri Jogyakarta. Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Sekolah Menengah Kesenian SMK Kasihan.

Lubis, Akhyan Yusuf. 2014. Postmodernisme. Teori dan metode. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Mugi, I gede Raharja.2016. Seni Pertunjukan Dalam Dinamika Global Lokal. Chairul, dkk. 2016. Kumpulan Prosiding Seminar. Seni Pertunjukan Berbasis Kearifan LOkal. Denpasar. Kemantrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI, Institut Sini Indonesian Denpasar. Fakultas Seni pertunjukan.

Mulyani, Ai, Riyana. 2020. Kreativitas R. Tjetje Soemantri dalam Tari Puja. Jurnal Panggung. Volume.30.no.1 (2020).

Murgiyanto, Sal. 1996. Teater daerah Indonesia. Yogyakarta: Kanisius

Murgiyanto, Sal. 2004. Tradisi dan Inovasi. Jakarta: Wedatama

Reza, Kawi. 2022. “ Banuasmara”. Konsep garap Penciptaan Tari Tradisi Inovasi. Jurnal makalangan, Vol. 9.no. 1 (2022). Menggali Inspirasi dari Tradisi.

Rusliana, Iyus. 2016. Tari Wayang. Bandung: Jurusan Tari ISBI Bandung

Rusliana, Iyus. 2018. Tari Wayang. Bandung. Jurusan Tari ISBI Bandung

Setiawan, S., & Jatnika, A. (2021). TARI GANDAMANAH. Jurnal Seni Makalangan, 8(1).

Suharti, Theresia. 2015. Bedaya Semang. Karaton Ngayoyakarta Hadiningrat Reaktualisasi Sebuah Tari Pusaka. Ypgyakarta: Kanisius.

Sumiati, Lilis. 2021. Revitalisasi Karya Tradisi di Situasi Pandemi. Jurnal Panggung. Vol.31, no. 4 (2021). Implementasi Revitalisasi Identitas Seni Tradisi.

Sumardjo, Jakob. 2001. Seni Pertunjukan Indonesia. (Suatu Pendekatan Sejarah). Bandung: STSI Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.26742/mklng.v9i2.2388

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ai Mulyani, Caca Sopandi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Seni Makalangan
Program Studi Seni Tari
Fakultas Seni Pertunjukan
Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung

Jl. Buah Batu No.212, Cijagra, Kec. Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat 40265
Phone: (022)7314982, Fax: (022) 7303021
E-mail: jurnal.makalangan@gmail.com

 

p-ISSN: 2355-5033 | e-ISSN: 2714-8920


View My Stats