Penggunaan Modifier Subdivision Surface Dan Shade Smooth Pada Model 3d Di Aplikasi Blender 2.92

Dion Eko Valentino

Abstract


In line with the advances in computer technology in the field of multimedia today which is growing rapidly, the applications offered are also increasingly diverse. Various kinds of multimedia applications are increasingly emerging, both from very simple applications, whose application users only use for mobile phones, and to professional applications requiring users to study the application carefully. One of the 3D (three-dimensional) modeling applications which has developed quite rapidly is Blender 3D. Based on the observation method, the Blender 3d version has reached version 2.92. Various conveniences are offered to users in the latest version of Blender 2.92 application. The variety of new features offered leads this study to find the functions of the features offered, especially the subdivision surface and smooth shade features in 3D models in the Blender 3D application version 2.92.

Keywords: Blender, Software, Modifier, 3D Model



ABSTRAK

Seiring dengan kemajuan teknologi komputer pada bidang multimedia saat ini yang semakin berkembang pesat, maka aplikasi yang ditawarkan juga semakin beragam. Berbagai macam aplikasi multimedia semakin banyak bermunculan, baik dari aplikasi yang sangat sederhana, dimana penggunaan aplikasi tersebut hanya diperuntukan di telepon genggam hingga aplikasi professional yang mengharuskan penggunanya mempelajari dengan cermat aplikasi tersebut. Salah satu aplikasi modeling 3d (tiga dimensi) yang mengalami perkembangan cukup pesat adalah Blender 3d. Pada saat pembuatan jurnal ini versi Blender 3d ini sudah mencapai versi 2.92. Berbagai kemudahan ditawarkan bagi pengguna pada versi terakhir aplikasi Blender 2.92 ini. Dengan berbagai macam fitur baru yang ditawarkan, maka dari itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui fungsi fitur yang ditawarkan, khususnya pada fitur subdivision surface dan shade smooth pada model 3D di aplikasi Blender 3D versi 2.92. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode observasi.


Keywords


Blender; Perangkat Lunak; Modifier; Model 3D

Full Text:

PDF

References


Blain, J.M. (2020). The Complete Guide to Blender Graphics Computer Modeling & Animation: Computer Modeling & Animation (6th ed.). A K Peters/CRC Press. https://doi.org/10.1201/9781003093183

Blender Foundation. Diakses pada Februari 9, 2022, dari blender.org: https://www.blender.org/about/foundation/

Fathoni, A. (2006). Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi, Jakarta: Rineka Cipta.

Flavell, Lance. (2010). Beginning Blender : Open Source 3D Modeling, Animation, and Game Design. Apress.

Gulo, W. (2002). Metode Penelitian. Jakarta: PT. Grasindo.

Hadi, S. (1991). Metodologi Research II. Jakarta: Andi Offset.

Punusingon, R. R., Lumenta, A. S., & Rindengan, Y. D. Y. (2017). Animasi Sosialisasi Undang–Undang Informasi dan Transaksi Elektronik. Jurnal Teknik Informatika, 12(1).

Rubil, R., Arini, A., & Syam, A. S. (2013). Visualisasi 3 Dimensi Tumbuhan Langka di Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 4(2), 666. https://doi.org/10.21512/comtech.v4i2.2492

Van Gumster, Jason. (2020). Blender For Dummies. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Vaughan, William. (2012). “[digital] Modelling”. California: New Riders.




DOI: http://dx.doi.org/10.26742/pantun.v7i2.2256

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons LicenseThis work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Print ISSN (pISSN)
:
 
Online ISSN (e-ISSN)
:
 

Lembaga Pengindex Jurnal Pantun:

 

 
 
 
Google Scholar
BASE (Bielefeld Academic Search Engine)
 
PKP Index  
Portal Garuda DIKTI 
Indonesian One Search (IOS)
 
Crossref