Komunikasi Massa pada Teks Kuratorial Pameran Puisi Kertas & Refleksi Kurasi Heru Hikayat

Ravli Ferial M., Supriatna Supriatna, M. Zaini Alif

Abstract


Pameran memiliki peran sebagai tempat prestasi dan hidangan karya dari seniman. Namun, banyak juga konten pameran dibentuk dan dirancang penuh oleh kurator. Teks kuratorial dihadirkan sebagai mediasi terawal anatara seniman/pameran dengan publiknya. Pameran Puisi Kertas & Refleksi merupakan pameran retrospektif karya-karya Sunaryo Art Space yang berada di Bandung Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan komunikasi massa menurut David K. Berlo untuk mengupas model komunikasi pada pameran. Selain itu, metode yang didigunakan adalah metode kualitatif analisis ini menurut Sekaran & Bougie. Metode ini dipilih berdasarkan analisis konseptual yang mengacu pada data berupa teks. Temuan yang dihadirkan pada penelitian ini adalah bagaimana model komunikasi yang hadir dan isi pesan pada teks kuratorial pameran Puisi Kertas & Refleksi.

Keywords


komunikasi massa; teks kuratorial; Puisi Kertas & Refleksi

Full Text:

PDF

References


Hujatnika, Agung. (2011). Negara dan Pasar: Globalisasi dan Dua Dasawarsa Seni Rupa Kontemporer Indonesia. Jurnal Melintas.

Hujatnika, Agung. (2015). Kurasi dan Kuasa: Kekuratoran dalam Medan Seni Rupa Kontemporer di Indonesia. Tangerang: Marjinkiri.

Isnanta, Statriana Didiek. (2015). Penciptaan Karya Seni Mixed Media Berbasis Eksperimentasi dengan Teknik Assemblage. Abdi Seni: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.

Martsidaun, Cerly Sudarta. (2015). Karya Seni Rupa Kontemporer Sunaryo, Tisna Sanjaya, Dolorosa, S. Teddy, dan Bayu Aji dalam Kajian Semiotika Komunikasi Visual. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Mulyana, D. (2012) Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Putra, Trisna Pradita. (2019). Analisis Isi Teks Pengantar Kuratorial Mikke Susanto Antara Tahun 2000-2017. ARS: Jurnal Seni Rupa & Desain.

Romli, Khomsahrial. (2016). Komunikasi Massa. Jakarta: PT Grasindo.

Sekaran, U., Bougie, R. (2016). Research Method for Bussiness. UK: John WIley & Sons Ltd.

Walker, John A. (1999). Art & Outrage. London: Pluto Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.26742/pantun.v8i1.2579

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons LicenseThis work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Print ISSN (pISSN)
:
 
Online ISSN (e-ISSN)
:
 

Lembaga Pengindex Jurnal Pantun:

 

 
 
 
Google Scholar
BASE (Bielefeld Academic Search Engine)
 
PKP Index  
Portal Garuda DIKTI 
Indonesian One Search (IOS)
 
Crossref