PERANCANGAN DESAIN KEMASAN EKONOMI KREATIF KANG EME MENGGUNAKAN KARYA FOTOGRAFI DENGAN METODE AIDA DALAM MENINGKATKAN IDENTITAS PRODUK
Abstract
Keywords: Design, Packaging, Photography, Branding, Creative Economy
------------------------------------------------------------------------------------
Tujuan dari kegiatan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil implementasi dari penggunan desain kemasan menggunakan media fotografi terhadap peningkatn identitas produk. Metode yang digunakan dalam penelitian menggunakan metode kualitatif. Coworking Space atau Ruang kerja bersama yan lahir pada tahun 1995 di Jerman yang hadir diinisiasi oleh sebuah perusahaan Bernama C-Base yang menciptakan sebuah ruang kolaborasi anatar jaringan sesame anggota bahkan masyarakat umum berbasis teknologi yang memperhatikan perkembangan teknologi menjadikan strategi komunikasi menjadi lebih efektif didukung hadirnya media sosial yang tidak dibatasi dengan ruang dan waktu. Media sosial merupakan tempat virtual dimana setiap orang dapat melakukan apapun untuk memamerkan, menjual, bahkan melakukan penjualan berbasis elektronik untuk mendapatkan perhatian (Attention) dari konsumen sehingga menghadirkan ketertarikan (Interest) tidak sedikit sosial media di penuhi dengan karya foto baik itu foto kemasan atau foto produk sebagai informasi sebuah brand. Sebuah kekuatan besar jika pelaku ekonomi kreatif memanfaatkan teknologi sebagai penguatan branding dari usahanya secara konsisten, namun masih banyak karya visual fotografi yang disajikan pada media sosial tidak sesuai dengan kemasan produk yang disampaikan secara tidak langsung akan memberikan nilai yang tidak baik, maka pada penelitian ini bagaimana memanfaatkan karya visual fotografi yang dimiliki pelaku ekonomi kreatif untuk dapat disajikan dalam desain kemasan sesuai dengan produk yang ditampilkan pada media sosialnya.Hasil dari penelitian ini adalah terdapat dampak positif dari penerapan metode kemasan menggunakan media fotografi terhadap peningkatan identitas produk, walaupun belum berpengaruh signifikan, ada beberapa variable lain yang mempengaruhi dalam peningkatan identitas produk pada Kemasan Kang Eme.
Kata Kunci: Desain, Kemasan,Fotografi, Branding, Ekonomi Kreatif
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Alifia, A., Rahmadianto, S. A., & P, B. P. (2021). Perancangan Brand Identity Dan Media Nawtella Untuk Meningkatkan Brand Awareness. Sainsbertek Jurnal Ilmiah Sains & Teknologi (Pp. 1-9). Malang: Universitas Ma Chung.
Hananto, B. A., Aurellia, M., Calista, H., Kusuma, S., & Leoni, V. (2021). Perancangan Ulang Desain Kemasan & Identitas Visual Untuk Umkm Zultan. Koma Dkv, 559-564.
Harsanto, P. W. (2017). Fotografi Dalam Desain Komunikasi Visual (Dkv). Jurnal Imagi, 140-148.
Jati, N. K. (2017). Hiperrealitas Fotografi Jurnalistik. Nirmana, 16-21.
Marcella, J., Keegan, K., Salim, N., & Hananto, B. A. (2020). Perancangan Identitas Visual Dan Desain Kemasan Untuk Brand Minuman Teh Bersoda (Studi Kasus: Kefir Pop). Prosiding Konferensi Mahasiswa Desain Komunikasi Visual 2020 (Pp. 624-632). Tangerang: Universitas Pelita Harapan.
Mufreni, A. N. (2016). Pengaruh Desain Produk, Bentuk Kemasan Dan Bahan Kemasan Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Teh Hijau Serbuk Tocha). Jurnal Ekonomi Manajemen, 48-54.
Soefian, R. N. (2020). Perancangan Maskot “Clarimone” Sebagai Brand Identity Dan Media Promosi. Prosiding Konferensi Mahasiswa Desain Komunikasi Visual 2020 (Pp. 253-259). Surabaya: Universitas Ciputra.
Wulandari, L. W., & Rochman, F. (2023). Pengembangan promosi desain kemasan menggunakan aplikasi coreldrawx7 untuk meningkatkan minat beli konsumen dique-Qumalang. Jurnal Aplikasi Bisnis, 50-54.
DOI: http://dx.doi.org/10.26742/atrat.v12i1.3305
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
Jurnal ATRAT | Journal of Visual Arts containing scientific works on Art Culture Studies which includes Fine Art, Craft, and Design
Gd. FSRD ISBI Bandung, Lt. 2A, Jl. Buahbatu No. 212 Bandung - 40265
Email: jurnalatrat@gmail.com