PERANCANGAN DESAIN KEMASAN EKONOMI KREATIF KANG EME MENGGUNAKAN KARYA FOTOGRAFI DENGAN METODE AIDA DALAM MENINGKATKAN IDENTITAS PRODUK

Achyar Riyadh, Imam Budi Sumarna, Abdurahman Djunjunan

Abstract


The purpose of this research activity is to determine the results of the implementation of the use of packaging design using photographic media to increase product identity. The method used in the research uses qualitative methods. Coworking Space or coworking space was born in 1995 in Germany which was initiated by a company called C-Base which created a collaboration space between network members and even the general public based on technology that pays attention to technological developments making communication strategies more effective supported by the presence of social media that is not limited by space and time. Social media is a virtual place where everyone can do anything to showcase, sell, and even make electronic-based sales to get the attention (Attention) of consumers so as to present interest (Interest) not a few social media are filled with photo work, be it packaging photos or product photos as brand information. A great strength if creative economic actors utilize technology as a strengthening of the branding of their business consistently, but there are still many photographic visual works presented on social media that are not in accordance with the product packaging that is delivered indirectly will provide bad value, so in this study how to utilize photographic visual works owned by creative economic actors to be presented in packaging design in accordance with the products displayed on social media.The result of this study is that there is a positive impact of the application of packaging methods using photographic media on increasing product identity, although it has not had a significant effect, there are several other variables that influence the increase in product identity in Kang Eme Packaging.
Keywords: Design, Packaging, Photography, Branding, Creative Economy

------------------------------------------------------------------------------------

Tujuan dari kegiatan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil implementasi dari penggunan desain kemasan menggunakan media fotografi terhadap peningkatn identitas produk. Metode yang digunakan dalam penelitian menggunakan metode kualitatif. Coworking Space atau Ruang kerja bersama yan lahir pada tahun 1995 di Jerman yang hadir diinisiasi oleh sebuah perusahaan Bernama C-Base yang menciptakan sebuah ruang kolaborasi anatar jaringan sesame anggota bahkan masyarakat umum berbasis teknologi yang memperhatikan perkembangan teknologi menjadikan strategi komunikasi menjadi lebih efektif didukung hadirnya media sosial yang tidak dibatasi dengan ruang dan waktu. Media sosial merupakan tempat virtual dimana setiap orang dapat melakukan apapun untuk memamerkan, menjual, bahkan melakukan penjualan berbasis elektronik untuk mendapatkan perhatian (Attention) dari konsumen sehingga menghadirkan ketertarikan (Interest) tidak sedikit sosial media di penuhi dengan karya foto baik itu foto kemasan atau foto produk sebagai informasi sebuah brand. Sebuah kekuatan besar jika pelaku ekonomi kreatif memanfaatkan teknologi sebagai penguatan branding dari usahanya secara konsisten, namun masih banyak karya visual fotografi yang disajikan pada media sosial tidak sesuai dengan kemasan produk yang disampaikan secara tidak langsung akan memberikan nilai yang tidak baik, maka pada penelitian ini bagaimana memanfaatkan karya visual fotografi yang dimiliki pelaku ekonomi kreatif untuk dapat disajikan dalam desain kemasan sesuai dengan produk yang ditampilkan pada media sosialnya.Hasil dari penelitian ini adalah terdapat dampak positif dari penerapan metode kemasan menggunakan media fotografi terhadap peningkatan identitas produk, walaupun belum berpengaruh signifikan, ada beberapa variable lain yang mempengaruhi dalam peningkatan identitas produk pada Kemasan Kang Eme.
Kata Kunci: Desain, Kemasan,Fotografi, Branding, Ekonomi Kreatif

References


Alifia, A., Rahmadianto, S. A., & P, B. P. (2021). Perancangan Brand Identity Dan Media Nawtella Untuk Meningkatkan Brand Awareness. Sainsbertek Jurnal Ilmiah Sains & Teknologi (Pp. 1-9). Malang: Universitas Ma Chung.

Hananto, B. A., Aurellia, M., Calista, H., Kusuma, S., & Leoni, V. (2021). Perancangan Ulang Desain Kemasan & Identitas Visual Untuk Umkm Zultan. Koma Dkv, 559-564.

Harsanto, P. W. (2017). Fotografi Dalam Desain Komunikasi Visual (Dkv). Jurnal Imagi, 140-148.

Jati, N. K. (2017). Hiperrealitas Fotografi Jurnalistik. Nirmana, 16-21.

Marcella, J., Keegan, K., Salim, N., & Hananto, B. A. (2020). Perancangan Identitas Visual Dan Desain Kemasan Untuk Brand Minuman Teh Bersoda (Studi Kasus: Kefir Pop). Prosiding Konferensi Mahasiswa Desain Komunikasi Visual 2020 (Pp. 624-632). Tangerang: Universitas Pelita Harapan.

Mufreni, A. N. (2016). Pengaruh Desain Produk, Bentuk Kemasan Dan Bahan Kemasan Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Teh Hijau Serbuk Tocha). Jurnal Ekonomi Manajemen, 48-54.

Soefian, R. N. (2020). Perancangan Maskot “Clarimone” Sebagai Brand Identity Dan Media Promosi. Prosiding Konferensi Mahasiswa Desain Komunikasi Visual 2020 (Pp. 253-259). Surabaya: Universitas Ciputra.

Wulandari, L. W., & Rochman, F. (2023). Pengembangan promosi desain kemasan menggunakan aplikasi coreldrawx7 untuk meningkatkan minat beli konsumen dique-Qumalang. Jurnal Aplikasi Bisnis, 50-54.




DOI: http://dx.doi.org/10.26742/atrat.v12i1.3305

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 

Jurnal ATRAT | Journal of Visual Arts containing scientific works on Art Culture Studies which includes Fine Art, Craft, and Design

Gd. FSRD ISBI Bandung, Lt. 2A, Jl. Buahbatu No. 212 Bandung - 40265

Email: jurnalatrat@gmail.com