Salamon Market Alternatif Pasar Malam Di Lingkungan Urban

Penulis

  • Ari Winarno Institut Seni Budaya Indonesia Bandung, Indonesia
  • Khairul Mustaqin Institut Seni Budaya Indonesia Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.26742/atrat.v12i2.3798

Kata Kunci:

lingkungan urban, pasar malam, salamon market

Abstrak

Paparan tulisan berikut merupakan jejak rekam dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang berlangsung di Taman Griya Mitra Desa Cinunuk Cileunyi Bandung. Kegiatan yang dilakukan adalah mengoptimalkan fungsi dan peran sebuah taman yang ada digerbang perumahan, yang keberadaannya sudah lama namun demikian selama itu juga belum terurus dengan baik dan baru satu tahun yang lalu mendapatkan bantuan dari pemerintah dalam penataan dan pembangunannya. Semenjak direnofasi dan diperbaiki dengan penambahan saung, mainan ayunan, prosotan dan timbangan serta penataan pohon hias, taman ini banyak dikunjungi dan merupakan tempat bermain anak yang representatif. Melalui penyelenggaraan Pasar malam di lingkungan taman tersebut akan dapat menambah nilai kegunaan taman yang tidak hanya untuk bermain saja namun demikian juga sebagai tempat berkesenian dan meningkatkan ekonomi masyarakat sekitarnya. Melalui kerjasama antara Masyarakat, Pengusaha (UMKM) Perguruan Tinggi (melalui kegiatan PKM) Instansi terkait Balai pelesatari Budaya dapat mewujudkan pendampingan pasar malam Salamon Market sebagai wahana berkreasi serta menumbuh kembangkan ekonomi masyarakat. Dengan pendekatan keilmuan managemen serta tatacara dalam mengelola sebuah pameran sebagai dasar dalam menyelenggarakan sebuah pasar, akan terwujud perhelatan pasar yang representatif. Hasil dari penyelenggaraan Salamon Market adalah terwujudnya kolaborasi dari berbagai unsur dalam mensukseskan perhelatan pasar di sebuah taman publik dan lingkungan urban. Sambutan masyarakat terlihat dari banyaknya peserta dalam mengisi acara pementasan seni, keikut sertaan dalam melapak, menonton pemutaran film Bioling, keikut sertaan senam sehat, praktik membatik, mewarnai motif bagi anak, serta fashion show batik warga.

Referensi

Gie, The Liang. 2003. Teknik Berpikir Kreatif. PUBIB dan Sabda Persada: Yogyakarta

Harahap, Dedy Ansori. 2018. Pengantar Manajemen. Alfabeta: Bandung

Susanto, Mikke. 2004 Menimbang Ruang Menata Rupa. Galang Press: Yogyakarta

Susanto, Rachmad Yusuf dan Budi Prihatminingtyas dalam Kajian Perdagangan Pasar Tradisional dan Pasar Modern Kota Malang.

Diterbitkan

2025-01-29

Cara Mengutip

Winarno, A., & Mustaqin, K. (2025). Salamon Market Alternatif Pasar Malam Di Lingkungan Urban. ATRAT: Jurnal Seni Rupa, 12(2), 168–178. https://doi.org/10.26742/atrat.v12i2.3798

Citation Check

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama