Estetika Postmodernisme dalam Hijab style

Linda Handayani, Gungun Gunardi, Nani Darmayanti

Abstract


ABSTRACT

 

Hijab style is a new term in the fashion Muslim hijab that marked novelty shapes. Since the ap- pearance of Hijabers Community in 2010 , there were many changes in the form of veil that accom- panied the change of name became Hijab style hijab. Hijab is initially mandatory Muslim clothing to cover nakedness . Novelty Hijab style made it not only a practice of God command but also become part of fashion . Updates on the form that is often referred to as modernization pull analyzed in terms of aesthetics. Hijab which used by designers founder Hijabers Community becomes the object of this study. The method used in this study is a qualitative approach to the study of cultural and semiotic theory models Baudrillard. The signs were there in style hijab as an aesthetic representation of post- modernism will be described. As cultural products that spread through the mass media, Hijab style became popular and developed following the postmodern aesthetic principled form follows fun.

 

Keywords: Hijab style, aestetics, postmodernism, consumerism, fashion

 

 

ABSTRAK

 

Hijab style merupakan istilah baru dalam fashion muslimah yang menandai kebaruan bentuk jilbab. Sejak kemunculan Hijabers Community tahun 2010, terjadi banyak perubahan bentuk pada jilbab yang diiringi perubahan nama dari jilbab menjadi Hijab style. Jilbab pada awalnya adalah pakaian wajib muslimah untuk menutup aurat. Kebaruan Hijab style mem- buatnya tidak hanya menjadi praktik menutup aurat tapi juga menjadi bagian dari fashion. Pembaruan pada bentuk yang kerap disebut sebagai modernisasi menarik dianalisis dari sisi estetika. Hijab yang digunakan oleh desainer-desainer pendiri Hijabers Community menjadi objek penelitian ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan kajian budaya dan teori semiotik model Baudrillard. Tanda-tanda yang ter- dapat dalam Hijab style sebagai representasi dari estetika postmodernisme akan diuraikan. Sebagai produk budaya yang menyebar melalui media massa, Hijab style menjadi popular dan berkembang mengikuti estetika postmodernisme yang berprinsip form follows fun.

 

Kata kunci: Hijab style, estetika, postmodernisme, konsumerisme, fashion

 


Full Text:

PDF

References


Abdul Halim Abu Syuqqah

Kebebasan Wanita Jilid 4. Jakarta: Ge- ma Insani Press.

A.W. Munawwir

Kamus Al Munawwir Arab-Indonesia Terlengkap Edisi Kedua. Surabaya: Pustaka Progresif.

Dian Pelangi

Hijab Street Style. Jakarta: PT Gramedia.

Muhammad Ibnu Muhammad Ali

Hijab. Yogyakarta: Pustaka Sufi.

Yasraf Amir Piliang

Dunia Yang Dilipat. Bandung: Pener- bit Matahari.

---------------,

Semiotika dan Hipersemiotika. Ban- dung: Penerbit Matahari.

Sumber lain:

Aisha.png, diakses 20 Desember 2013. Ghaidas Gallery, http://gdagallery.blogspot.

com, diakses 20 Desember 2013.

Hijab Fashion, http://hijaberfashion.blogspot. com/2013/02/fashion-muslim-nuansa-etnik- dengan.html, diakse 20 Desember 2013. Islam Times, http://www.islamtimes.org/ images/docs/000019/n00019559-b.jpg diak- ses 20 Desember 2013.

Hijabers Community, www.hijaberscommu-

nity.blogspot.com/about.html, diakses 25

September 2013.

Jakarta Islamic Fashion Week, http://jakar- taislamicfashionweek.co.id, diakses 28 De- sember 2013

Merdeka Online, http://www.merdeka. com/peristiwa/lewat-karyanya-ria-miran- da-jadikan-busana-muslim-media-dak- wah.html, dikases 20 Desember 2013.

Okezone,http://lifestyle.okezone.com, diak- ses 28 Desember 2013

Paradiz Shop, http://paradizhop.blogspot. com/2013/04/jenahara-nasution-peran- cang-busana.html, diakses 20 Desember

Photo Bucket,http://i86.photobucket.com/ albums/k100/hack87_2006/pertemuanFahri Scan Free, http://scanfree.org/wp-content/ uploads/2013/05/party-hijab.jpg diakses 20

Desember 2013.

Trans News Online, http://transnewsonline. com, diakses 28 Desember 2013

Tribun News, http://data.tribunnews.com/ foto/images/preview/20130702_oki-se- tiana-dewi_9181.jpg, diakses 20 Desember

Tribun News, http://jogja.tribunnews.com, diakses 28 Desember 2013

Youtube,http://ww w.y outube.com/

watch?v=WFZFCV4Hkbo, diakses 13 Juli




DOI: http://dx.doi.org/10.26742/panggung.v24i1.104

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung Jurnal Panggung


 Jurnal ini terlisensi oleh Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Editor Office:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M)
Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung Gedung Rektorat Lantai 4
Jl. Buah Batu No. 212 Bandung 40116 
Email: penerbitan@isbi.ac.id or redaksi.panggung@gmail.com
Phone: 022 7314982 Fax: +022 7303021