Model Penilaian Kinestetik dalam Menilai Tari I-pop (Modern Dance)

Dinny Dev Triana

Abstract


ABSTRACT

 

The Research aims to gain a kinesthetic assessment models used in assessing the i-pop dance (modern dance), because judging a dance performance is often not objective and not based on the theory of dance. Element of subjectivity and sense of art of assessors tend to provide an assessment that is not in accordance with the provisions that must be measured or assessed.

The method used by the mixed method, combining quantitative and qualitative methods, in which the grains analyzed through validity and reliability, resulting in a valid and reliable instrument with two calibration is the calibration phase 1 and phase 2. So that the instrument has good quality in the construct, the kualitatuf testing done through Focus Group Discussion (FGD) of experts consisting of choreographers, professional dancers, and academics in the field of dance and fine art.

Based on these results , the instruments are to be used in competitions at each race event. These results are expected to solve the problem in any event the modern dance competition dance (i-pop dance), so that the assessors and the public is more intelligent and has a good attitude of appreciation in assessing dance.

 

Keywords: i-pop dance (modern dance), assessment, kinesthetic, dance

 

 

 

 

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan model penilaian kinestetik yang diguna- kan untuk menilai Tari I-pop (modern dance). Penilaian suatu pertunjukan tari seringkali ti- dak objektif dan tidak didasari pada teori tentang tari, karena unsur subjektivitas dan sense of art dari penilai cenderung memberikan penilaian yang tidak sesuai dengan ketentuan yang harus diukur atau dinilai.

Metode penelitian yang digunakan dengan mix method yaitu menggabungkan metode kuantitatif dan kualitatif, di mana butir dianalisis melalui uji validitas dan reliabilitas, se- hingga menghasilkan instrumen yang valid dan reliabel dengan dua kali kalibrasi yaitu kalibrasi tahap 1 dan tahap 2. Instrumen memiliki kualitas yang baik secara konstruk, maka pengujian kualitatif dilakukan melalui Focus Group Discussion (FGD) dari para pakar yang terdiri atas koreografer, penari professional, dan akademisi di bidang seni tari dan seni rupa.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka instrumen sudah dapat digunakan dalam kegiatan lomba di setiap even perlombaan. Hasil ini diharapkan dapat memecahkan ma- salah dalam setiap even lomba tari modern dance (i-pop dance), sehingga penilai dan ma- syarakat lebih cerdas dan memiliki sikap apresiasi yang baik dalam menilai tari.

 

Kata kunci: i-pop dance (modern dance), penilaian, kinestetik, tari


Full Text:

PDF

References


Asmawi Zainul dan Noehi Nasoetion

Penilaian Hasil Belajar. Jakarta: Bahan

Ajar Universitas Terbuka.

Cangelosi, James S.

Designing Test for Evaluating Student

Achievement. New York: Longman

Edi Sedyawati, dkk.

Pengetahuan Elementer Tari dan Bebera- pa Masalah Tari. Jakarta: Direktorat Kesenian Proyek Pengembangan Ke- senian Jakarta, Departemen Pendi- dikan dan Kebudayaan.

Gronlund, Norman E.

How to Make Achievement Test and

Assessments. New York: Prentice- Hall, Inc.

Harrow, Anita J.

A Taxonomy of the Psychomotor Doma- in: A Guide for Developing Behavioral Objectives. New York: Longman, Inc

Hawkins, Alma M.

Mencipta Lewat Tari, terjemahan Y.

Sumandiyo Hadi. Yogyakarta: Insti- tut Seni Indonesia.

Kraus, Richard

History of The Dance in Art and edu- cation. EnglewoodCliffs, New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Martin, John

The Modern Dance. New York: Prince- ton Book Company.

Masri Singarimbun dan Sofian Effendi

Psychology Testing and Measurement. 1989 Metode Penelitian Survai. Jakarta:

Boston: Allyn and Bacon, Inc. LP3ES.

---------------,

Meri, La

Moh. Jazuli

Telaah Teoretis Seni Tari. Semarang: IKIP Press.

Sal Murgianto

Koreografi: Pengetahuan Dasar Kom- posisi Tari. Jakarta: Direktorat Jen- dral Pendidkan Dasar dan Mene- ngah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Simpson, Elizabeth, Norman E. Gronlund, and others

Bloom’s Taxonomy: Psychomotor Domain,

(http://www.olemiss.edu/depts/edu_

school2/docs/stai_manual/manual 10

htm, diakses 20 Februari 2011).

Soedarsono

Tari Tradisional Indonesia. Jakarta: Ha- rapan Kita.

Sumadi Suryabrata

Pengembangan Alat Ukur Psikologis.

Yogyakarta: Andi Ofset

Thraves, Barbara, dan Diana Williamson

Now for a Dance. Phoenix: Albert Part

Education.




DOI: http://dx.doi.org/10.26742/panggung.v24i1.106

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung Jurnal Panggung


 Jurnal ini terlisensi oleh Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Editor Office:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M)
Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung Gedung Rektorat Lantai 4
Jl. Buah Batu No. 212 Bandung 40116 
Email: penerbitan@isbi.ac.id or redaksi.panggung@gmail.com
Phone: 022 7314982 Fax: +022 7303021