Makna Visual dalam Ilustrasi Naskah Sajarah Banten
DOI:
https://doi.org/10.26742/panggung.v31i3.1161Abstract
Sajarah Banten merujuk pada kumpulan naskah tentang Kesultanan Banten yang dibuat sekitar abad ke-17 hingga abad ke-19. Dari total 29 naskah yang bertahan dan sudah diteliti, hanya ada satu naskah yang memiliki ilustrasi. Visualisasinya tidak menyertakan gambaran mahluk hidup dan hanya terdiri dari benda mati seperti kapal, furniture, bangunan, dan bendera. Meskipun demikian, komposisi obyek-obyek tersebut menandakan peristiwa dan aktivitas tertentu yang ada dalam narasi naskah.
Penelitian ini bermaksud untuk menelaah bagaimana visualisasi dan komposisi obyek tanpa penggambaran karakter digunakan untuk mengilustrasikan cerita dalam naskah Sajarah Banten. Metode yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan pendekatan semiotika visual C.S. Peirce untuk memahami bagaimana makna visual pada obyek digunakan untuk menandai aktivitas tertentu.
Kata kunci: Banten, ilustrasi, naskah, semiotika, visual.
References
Adisasmito, Nuning Y. D. (2012). Wujud Visual Gambar pada Naskah Tua Nusantara Sebagai Refleksi Intelektualitas Leluhur Bangsa. Panggung, 22 (3), 306–318.
Al-Faruqi, I. & Al-Faruqi, Lois L. (2000). Atlas Budaya Islam. Bandung: Mizan.
Chandler, D. (2007). Semiotics: The Basics (2nd Edition). New York: Routledge.
Guillot, C. (2011). Banten: Sejarah dan Peradaban Abad X-XVII. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.
Jappy, T. (2013). Introduction to Peircean Visual Semiotics. London: Bloomsbury.
Kumar, A. & McGlynn, John H. (1996). Illuminations: The Writing Traditions of Indonesia. Jakarta: Lontar Foundation.
Male, A. (2007). Illustration: A Theoretical & Contextual Perspective. Switzerland: AVA Publishing SA.
Pudjiastuti, T. (2010). Sajarah Banten: Suntingan dan Terjemahan Teks KBG 183. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI.
------------------. (2015). Menyusuri Jejak Kesultanan Banten. Jakarta: Penerbit Wedatama Widya Sastra.
Rohidi, Tjetjep R. (2011). Metodologi Penelitian Seni. Semarang: Penerbit Cipta Prima Nusantara.
Rose, G. (2016). Visual Methodologies: An Introduction to Researching with Visual Materials (4th Edition). London: SAGE Publications Ltd.
Saktimulya, Sri R. (2016). Naskah-naskah Skriptorium Pakualaman: Periode Paku Alam II (1830-1858). Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.
Tabrani, P. (2009). Bahasa Rupa. Bandung: Penerbit Kelir.
Tinarbuko, S. (2017). Semiotika Tanda Verbal dan Tanda Visual Iklan Layanan Masyarakat. Panggung, 26 (2), 181-194.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (mis., Dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.