Pertunjukan Pajoge Makkunrai pada Masyarakat Bugis di Sulawesi Selatan
DOI:
https://doi.org/10.26742/panggung.v26i1.160Abstract
ABSTRACT
Â
This paper discusses the Performances Pajoge Makkunrai using textual approach multilapis Marco de Marinis. They were collected by observation and interview  with the Pajoge Makkunrai players and the prominent  figures  of the lokal society.  The research  result  of Pajoge  Makkunrai are consists of dancers (Pajoge), nurse (Indo pajoge), guardian (Pengibing),  musician (Paganrang), dance, consists of Tettong mabborong  (assembled),  Mappakaraja  (reverence),  Mappasompe (gift giving), Ballung (lay down),  Mappaccanda  (rejoice),  Mattekka (cross), Massesere  (sur- round), Majj u lek ka  le bba (tre ad width) ,  Mattap po (s owi ng), Mag gali o  (con tor t  bod y), Mappaleppa  (clapping)  and motion  Massimang  (goodbye). Playing (Paganrang) consists of two tambour,  and one gong  beater.  The musical  accompaniment  consists  of a drum beat and the lyrics sung. Pattern floor consists  of a range themselves one (mabbulo sipeppa), circle (mallebu), and quadrangular  (sulapa eppa).  Beautiful makeup dadasa,  and costumes  is baju bodo  and pakambang. Jungge accessories,  fans and shawls  property.  The show of Pajoge  Makkunrai  on the stage (Baruga).
Â
Keywords: Pajoge, Â Indo Pajoge, Â and Pengibing
Â
Â
ABSTRAK
Â
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertunjukan Pajoge Makkunrai dengan menggunakan pendekatan tekstual multilapis Marco de Marinis. Pengumpulan data dengan cara observasi dan wawancara dengan para pemain Pajoge Makkunrai dan tokoh- tokoh masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertunjukan Pajoge Makkunrai terdiri atas penari (Pajoge), inang pengasuh (Indo Pajoge), pengawal (Pengibing), pemusik (Paganrang), ge r ak  tari,  te rdir i  atas  Tetto ng  m ab boro ng ( be rkumpul ),  Mappak araja (pe n gh or ma ta n) ,  M ap pa so mp e  (member i  h ad ia h) ,  B al l u ng (m e r e b a hk an  ba da n) , Mappaccanda (bergembira), Mattekka (menyeberang), Massesere (mengelilingi), Majjulekka lebba  (melangkah lebar), Mattappo  (menabur), Maggalio (meliukkan badan), Mappaleppa (bertepuk tangan) dan gerak Massimang (pamit). Musik iringan terdiri atas tabuhan gendang dan syair atau elong kelong.  Pola lantai bersaf satu (mabbulo sipeppa), lingkaran (mallebu),  dan segi empat (Sulapa Eppa). Tata rias cantik disertai dadasa,  kostum baju bodo  dipakai di istana,  baju pakambang  dipakai di luar istana. Asesoris jungge, properti kipas dan selendang. Pertunjukan Pajoge Makkunrai  bertempat pada sebuah panggung (Baruga).
Â
Kata kunci: Pajoge, Â Indo Pajoge, Â dan Pengibing
References
A. M. Hermien Kusmayati
Kebudayaan.
Haviland, William A.
93 An t ro p ol o g y . t e r j e m ah an R. G .
Soekadijo, edisi kee mpat, jilid 1,
Jakarta: Erlangga.
Holt, Claire
39 Dance Quest in Celebes. Paris: Les Ar-
chives International de la Dansa.
__________,
67 Art in In don esia: Con t i n ui tas an d
C h an g e atau M el a c a k Je j a k
P er k em b a n g a n S en i d i I n d o n e s i a,
terjemahan R.M Soedarsono, 2000.
Bandung: MSPI.
Jamilah
13 ‘ S tr uk t ur d an F un g s i P aj o g e
Makkunrai di Kabupaten Bone’.
0 0 0 S en i P e r t u n j u k an d a l a m U p ac ara Penelitian Hibah Disertasi Doktor,
Tradisional di Madura. Yogyakarta: Biaya DIPA Uni ve r sitas Ne ge r i
Yayasan Untuk Indonesia. Makassar
Andi Lina
0 0 7 Ri wa y at To Bo n e. Wa t a m po n e :
P e me r i n ta h D ae r ah K a b upa te n
Bone.
Andi Palloge
Masgabah
96 Bosara, Balai Kajian Sejarah dan Nilai
Tr ad i s i on a l . U j un g Pa n d an g
D e par te me n Pe n d i di k a n d an
Kebudayaan Dire ktorat Jende ral
Kebudayaan.
Sejarah Kerajaan Tanah Bone, (Masa
Ra j a P er t am a s a m p ai Ter a k h i r. Munasiah Najamuddin
S ul a we si Se l a t an : Ya ya s an A l 19 83 Tari Tradi s ional S ul aw es i S el ata n.
Muallim. Ujung Pandang: Bhakti Baru.
Denzin, Norman K & Lincoln Yvonna S.
97 H an d Bo ok of Q u al i t at if R e s e arch ,
( 2 0 0 9) , te r j e m a h an D a r i y a tn o ,
Badrus Syamsul, Abi & John Rinaldi,
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Pelras, Christian
06 Manusia Bugis. terjemahan Abdul
Rahman Abu, Hasriadi, Jakarta.
Soedarsono, R.M.
99 M et o d ol o g i P e n el i t i an S en i
Pertunjukan dan Seni Rupa, Bandung: Masyarakat Seni Pertunjukan Indo- nesia.
Schechner, Richard
98 P erfo r m a n c e Th eor y . Ne w Yo r k:
Routledge.
__________,
02 Performance Studies An Introduction.
New York and London: Routledge.
Yusuf, Wiwiek P.
U pac a ra Tra d i s i o n al D a e r ah
S u l aw e s i S e l at a n . D e par te me n
Pendidikan dan Kebudayaan.
Y. Sumandiyo Hadi
12 Seni P ert u n j u kan d an M as y ar ak at
P en on t o n . Yo g ya k ar ta : B P I S I
Yogyakarta.
__________,
03 As p e k - a s p e k D a s ar K or e o g r a fi
Kelompok. Yogyakarta: eLKAPHI.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (mis., Dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.