Pertunjukan Pajoge Makkunrai pada Masyarakat Bugis di Sulawesi Selatan
Abstract
ABSTRACT
Â
This paper discusses the Performances Pajoge Makkunrai using textual approach multilapis Marco de Marinis. They were collected by observation and interview  with the Pajoge Makkunrai players and the prominent  figures  of the lokal society.  The research  result  of Pajoge  Makkunrai are consists of dancers (Pajoge), nurse (Indo pajoge), guardian (Pengibing),  musician (Paganrang), dance, consists of Tettong mabborong  (assembled),  Mappakaraja  (reverence),  Mappasompe (gift giving), Ballung (lay down),  Mappaccanda  (rejoice),  Mattekka (cross), Massesere  (sur- round), Majj u lek ka  le bba (tre ad width) ,  Mattap po (s owi ng), Mag gali o  (con tor t  bod y), Mappaleppa  (clapping)  and motion  Massimang  (goodbye). Playing (Paganrang) consists of two tambour,  and one gong  beater.  The musical  accompaniment  consists  of a drum beat and the lyrics sung. Pattern floor consists  of a range themselves one (mabbulo sipeppa), circle (mallebu), and quadrangular  (sulapa eppa).  Beautiful makeup dadasa,  and costumes  is baju bodo  and pakambang. Jungge accessories,  fans and shawls  property.  The show of Pajoge  Makkunrai  on the stage (Baruga).
Â
Keywords: Pajoge, Â Indo Pajoge, Â and Pengibing
Â
Â
ABSTRAK
Â
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertunjukan Pajoge Makkunrai dengan menggunakan pendekatan tekstual multilapis Marco de Marinis. Pengumpulan data dengan cara observasi dan wawancara dengan para pemain Pajoge Makkunrai dan tokoh- tokoh masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertunjukan Pajoge Makkunrai terdiri atas penari (Pajoge), inang pengasuh (Indo Pajoge), pengawal (Pengibing), pemusik (Paganrang), ge r ak  tari,  te rdir i  atas  Tetto ng  m ab boro ng ( be rkumpul ),  Mappak araja (pe n gh or ma ta n) ,  M ap pa so mp e  (member i  h ad ia h) ,  B al l u ng (m e r e b a hk an  ba da n) , Mappaccanda (bergembira), Mattekka (menyeberang), Massesere (mengelilingi), Majjulekka lebba  (melangkah lebar), Mattappo  (menabur), Maggalio (meliukkan badan), Mappaleppa (bertepuk tangan) dan gerak Massimang (pamit). Musik iringan terdiri atas tabuhan gendang dan syair atau elong kelong.  Pola lantai bersaf satu (mabbulo sipeppa), lingkaran (mallebu),  dan segi empat (Sulapa Eppa). Tata rias cantik disertai dadasa,  kostum baju bodo  dipakai di istana,  baju pakambang  dipakai di luar istana. Asesoris jungge, properti kipas dan selendang. Pertunjukan Pajoge Makkunrai  bertempat pada sebuah panggung (Baruga).
Â
Kata kunci: Pajoge, Â Indo Pajoge, Â dan Pengibing
Full Text:
PDFReferences
A. M. Hermien Kusmayati
Kebudayaan.
Haviland, William A.
93 An t ro p ol o g y . t e r j e m ah an R. G .
Soekadijo, edisi kee mpat, jilid 1,
Jakarta: Erlangga.
Holt, Claire
39 Dance Quest in Celebes. Paris: Les Ar-
chives International de la Dansa.
__________,
67 Art in In don esia: Con t i n ui tas an d
C h an g e atau M el a c a k Je j a k
P er k em b a n g a n S en i d i I n d o n e s i a,
terjemahan R.M Soedarsono, 2000.
Bandung: MSPI.
Jamilah
13 ‘ S tr uk t ur d an F un g s i P aj o g e
Makkunrai di Kabupaten Bone’.
0 0 0 S en i P e r t u n j u k an d a l a m U p ac ara Penelitian Hibah Disertasi Doktor,
Tradisional di Madura. Yogyakarta: Biaya DIPA Uni ve r sitas Ne ge r i
Yayasan Untuk Indonesia. Makassar
Andi Lina
0 0 7 Ri wa y at To Bo n e. Wa t a m po n e :
P e me r i n ta h D ae r ah K a b upa te n
Bone.
Andi Palloge
Masgabah
96 Bosara, Balai Kajian Sejarah dan Nilai
Tr ad i s i on a l . U j un g Pa n d an g
D e par te me n Pe n d i di k a n d an
Kebudayaan Dire ktorat Jende ral
Kebudayaan.
Sejarah Kerajaan Tanah Bone, (Masa
Ra j a P er t am a s a m p ai Ter a k h i r. Munasiah Najamuddin
S ul a we si Se l a t an : Ya ya s an A l 19 83 Tari Tradi s ional S ul aw es i S el ata n.
Muallim. Ujung Pandang: Bhakti Baru.
Denzin, Norman K & Lincoln Yvonna S.
97 H an d Bo ok of Q u al i t at if R e s e arch ,
( 2 0 0 9) , te r j e m a h an D a r i y a tn o ,
Badrus Syamsul, Abi & John Rinaldi,
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Pelras, Christian
06 Manusia Bugis. terjemahan Abdul
Rahman Abu, Hasriadi, Jakarta.
Soedarsono, R.M.
99 M et o d ol o g i P e n el i t i an S en i
Pertunjukan dan Seni Rupa, Bandung: Masyarakat Seni Pertunjukan Indo- nesia.
Schechner, Richard
98 P erfo r m a n c e Th eor y . Ne w Yo r k:
Routledge.
__________,
02 Performance Studies An Introduction.
New York and London: Routledge.
Yusuf, Wiwiek P.
U pac a ra Tra d i s i o n al D a e r ah
S u l aw e s i S e l at a n . D e par te me n
Pendidikan dan Kebudayaan.
Y. Sumandiyo Hadi
12 Seni P ert u n j u kan d an M as y ar ak at
P en on t o n . Yo g ya k ar ta : B P I S I
Yogyakarta.
__________,
03 As p e k - a s p e k D a s ar K or e o g r a fi
Kelompok. Yogyakarta: eLKAPHI.
DOI: http://dx.doi.org/10.26742/panggung.v26i1.160
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Statistik Pengunjung Jurnal Panggung
Jurnal ini terlisensi oleh Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Editor Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M)
Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung Gedung Rektorat Lantai 4
Jl. Buah Batu No. 212 Bandung 40116
Email: penerbitan@isbi.ac.id or redaksi.panggung@gmail.com
Phone: 022 7314982 Fax: +022 7303021