Wajah Indo dalam Iklan Tahun 1950an

Didit Widiatmoko Suwardikun

Abstract


ABSTRACT

 

1950s society in Indonesia  was marked by the changing  social  class, at the  time  of the Dutch East Indies, indigenous groups or “inlander† as the lowest grade. After the independence war a large  number  of indigenous  people shifted  into  top class. That changes  was used  to advertise  the consumer  goods of international   campanies.  How was the  figure  of ideal  model advertised at that time? Through visual analysis  on consumer  goods advertisement  in newspa- pers published in the 1950s as well as an interview to the resource person, it was found that the visualization  of women as a model, were wearing  Indonesian  dress, but the structure  of the face and physical proportions were western  type. Admiration  for the beauty  of western  values   is used as a tool to persuade the target audience, indigenous on new high social class, the women of Indonesia,  especially  in West Java which is famous for the light-skinned girl and a beautiful face.

 

Keywords : eurasian  face, visual persuasion, advertisement.

 

 

 

 

 

ABSTRAK

 

Dekade 1950an tatanan masyarakat di Indonesia ditandai dengan berubahnya kelas sosial, pada zaman Hindia Belanda, kelompok pribumi atau “inlander †sebagai kelas yang paling rendah, setelah perang kemerdekaan sejumlah besar orang pribumi bergeser menjadi kelas paling atas. Perubahan itu dimanfaatkan produsen untuk mengiklankan barang-barang konsumen produksi perusahaan internasional. Bagaimana figur ideal model iklan pada jaman itu? Melalui analisis visual pada iklan barang-barang konsumen di koran dan majalah yang diterbitkan pada tahun 1950an serta wawancara kepada narasumber, ditemukan bahwa visualisasi perempuan sebagai model iklan dengan cara berpakaian Indonesia, tapi struktur wajah dan proporsi tubuh bertipe Barat. Kekaguman terhadap nilai-nilai keindahan Barat digunakan sebagai alat untuk membujuk audiens target iklan, kelas sosial atas yang baru, para wanita Indonesia, khususnya di Jawa Barat yang terkenal dengan para gadis yang berkulit terang dan berwajah cantik.

 

Kata kunci: wajah indo, persuasi visual, iklan koran.


Full Text:

PDF

References


Bedjo Riyanto

00 I k l a n Ko r a n d a n P e r u b a h a n

Masyarakat Di Jawa Masa Kolonial

(1870-1915), Yogyakarta : Penerbit

Tarawang.

Budi Setiyono

04 Reka Reklame : Sejarah Periklanan

I n d o n e s i a 1 7 7 4 - 1 9 8 4 , J a k a r t a :

Persatuan Perusahaan Periklanan In-

donesia dan Galangpress.

Didit Widiatmoko Suwardikun

, The Indonesian Characters Visualization

on Advertisements, Bandung : Pro-

ceeding International Conference on

Art & Design, ITB.

Didit Widiatmoko Suwardikun

12 , Ka ra kt er Vis ua l I kl an Cet ak Tah un

an Di Indonesia , Disertasi Pro-

gram Doktor. Bandung : Institut

Teknologi Bandung.

Dullah

56 Lukisan-lukisan koleksi Ir.Dr. Sukarno,

Peking, Republik Rakjat Tiongkok,

Pustaka Kesenian Rakjat Peking,

Hall & Lindzey

93 Teori-Teori Psikodinamik, Yogyakarta,

Penerbit Kanisius

Haryoto Kunto

86 Semerbak Bunga di Bandung Raya,

Bandung, Penerbit PT Granesia.

Lemaire, A.

77 Jacques Lacan, London, Routledge

& Kegan Paul, Ltd.

Merril, F.E., Eldredge, H.W.

56 Cu l t u re a n d S o ci e t y , E n g l e wo o d

Cliffs-New Jersey : Prentice Hall, Inc.

Riclef, H.C.,

91 S e j a r a h I n d o n e s i a M o d e r e n ,

Yogyakarta : Gajah Mada University

Press

Rose, Gillian,

01 Visual Methodologies, An Introduction

to the Interpretation of visual Materi-

als, London : Sage Publication.

Sudarsono Katam & Lulus Abadi

06 Al b u m B a n d o e n g Te m p o D o e l o e ,

Bandung, Nav Press Indonesia.

Wertheim, W.F.

56 Indonesian Society In Transition A

Study Of Social Change, Bandung :

Penerbit Sumurbandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.26742/panggung.v26i2.171

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung Jurnal Panggung


 Jurnal ini terlisensi oleh Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Editor Office:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M)
Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung Gedung Rektorat Lantai 4
Jl. Buah Batu No. 212 Bandung 40116 
Email: penerbitan@isbi.ac.id or redaksi.panggung@gmail.com
Phone: 022 7314982 Fax: +022 7303021