Wajah Indo dalam Iklan Tahun 1950an
Abstract
ABSTRACT
1950s society in Indonesia was marked by the changing social class, at the time of the Dutch East Indies, indigenous groups or “inlander” as the lowest grade. After the independence war a large number of indigenous people shifted into top class. That changes was used to advertise the consumer goods of international campanies. How was the figure of ideal model advertised at that time? Through visual analysis on consumer goods advertisement in newspa- pers published in the 1950s as well as an interview to the resource person, it was found that the visualization of women as a model, were wearing Indonesian dress, but the structure of the face and physical proportions were western type. Admiration for the beauty of western values is used as a tool to persuade the target audience, indigenous on new high social class, the women of Indonesia, especially in West Java which is famous for the light-skinned girl and a beautiful face.
Keywords : eurasian face, visual persuasion, advertisement.
ABSTRAK
Dekade 1950an tatanan masyarakat di Indonesia ditandai dengan berubahnya kelas sosial, pada zaman Hindia Belanda, kelompok pribumi atau “inlander ” sebagai kelas yang paling rendah, setelah perang kemerdekaan sejumlah besar orang pribumi bergeser menjadi kelas paling atas. Perubahan itu dimanfaatkan produsen untuk mengiklankan barang-barang konsumen produksi perusahaan internasional. Bagaimana figur ideal model iklan pada jaman itu? Melalui analisis visual pada iklan barang-barang konsumen di koran dan majalah yang diterbitkan pada tahun 1950an serta wawancara kepada narasumber, ditemukan bahwa visualisasi perempuan sebagai model iklan dengan cara berpakaian Indonesia, tapi struktur wajah dan proporsi tubuh bertipe Barat. Kekaguman terhadap nilai-nilai keindahan Barat digunakan sebagai alat untuk membujuk audiens target iklan, kelas sosial atas yang baru, para wanita Indonesia, khususnya di Jawa Barat yang terkenal dengan para gadis yang berkulit terang dan berwajah cantik.
Kata kunci: wajah indo, persuasi visual, iklan koran.
Full Text:
PDFReferences
Bedjo Riyanto
00 I k l a n Ko r a n d a n P e r u b a h a n
Masyarakat Di Jawa Masa Kolonial
(1870-1915), Yogyakarta : Penerbit
Tarawang.
Budi Setiyono
04 Reka Reklame : Sejarah Periklanan
I n d o n e s i a 1 7 7 4 - 1 9 8 4 , J a k a r t a :
Persatuan Perusahaan Periklanan In-
donesia dan Galangpress.
Didit Widiatmoko Suwardikun
, The Indonesian Characters Visualization
on Advertisements, Bandung : Pro-
ceeding International Conference on
Art & Design, ITB.
Didit Widiatmoko Suwardikun
12 , Ka ra kt er Vis ua l I kl an Cet ak Tah un
an Di Indonesia , Disertasi Pro-
gram Doktor. Bandung : Institut
Teknologi Bandung.
Dullah
56 Lukisan-lukisan koleksi Ir.Dr. Sukarno,
Peking, Republik Rakjat Tiongkok,
Pustaka Kesenian Rakjat Peking,
Hall & Lindzey
93 Teori-Teori Psikodinamik, Yogyakarta,
Penerbit Kanisius
Haryoto Kunto
86 Semerbak Bunga di Bandung Raya,
Bandung, Penerbit PT Granesia.
Lemaire, A.
77 Jacques Lacan, London, Routledge
& Kegan Paul, Ltd.
Merril, F.E., Eldredge, H.W.
56 Cu l t u re a n d S o ci e t y , E n g l e wo o d
Cliffs-New Jersey : Prentice Hall, Inc.
Riclef, H.C.,
91 S e j a r a h I n d o n e s i a M o d e r e n ,
Yogyakarta : Gajah Mada University
Press
Rose, Gillian,
01 Visual Methodologies, An Introduction
to the Interpretation of visual Materi-
als, London : Sage Publication.
Sudarsono Katam & Lulus Abadi
06 Al b u m B a n d o e n g Te m p o D o e l o e ,
Bandung, Nav Press Indonesia.
Wertheim, W.F.
56 Indonesian Society In Transition A
Study Of Social Change, Bandung :
Penerbit Sumurbandung.
DOI: http://dx.doi.org/10.26742/panggung.v26i2.171
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Statistik Pengunjung Jurnal Panggung
Jurnal ini terlisensi olehCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Editor Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M)
Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung Gedung Rektorat Lantai 4
Jl. Buah Batu No. 212 Bandung 40116
Email: penerbitan@isbi.ac.id or redaksi.panggung@gmail.com
Phone: 022 7314982 Fax: +022 7303021