PEMBELAJARAN SENI MUSIK BERBASIS ETNIS SIMALUNGUN DALAM APLIKASI WEBSITE
DOI:
https://doi.org/10.26742/panggung.v32i1.1741Abstract
Penelitian ini berjudul Pembelajaran Seni Musik Berbasis Etnis Simalungun Dalam Aplikasi Website. Permasalahan pada penelitin ini adalah belum tersedianya materi pembelajaran Seni Budaya di SMK khususnya musik tradisional Sumatera Utara, oleh sebab itu maka tuujuan penelitian ini adalah untuk: (1) menyusun materi seni musik berbasis etnis Simalungun dalam bentuk dokumen; (2) mengunggah materi seni musik berbasis etnis Simalungun dalam bentuk audio visual ke dalam aplikasi website. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, teknik pengumpul data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian merumuskan bahwa materi yang disusun untuk pembelajaran seni musik adalah pembelajaran sulim simalungun dalam bentuk audio visual. Video Pembelajaran Sulim Simalungun yang dihasilkan pada penelitian ini menguraikan tentang teknik dalam memainkan sulim Simalungun secara bertahap, baik teknik memainkan sulim secara umum maupun teknik yang khas dalam memainkan sulim Simalungun. Selanjutnya dengan VCD pembelajaran sulim Simalungun diunggah pada website dengan blog https://pembelajaransulimsimalungun.blogspot.com/, sehingga digunakan pembelajaran Seni Musik.
References
Azhariadi, Ina Desmaniar, Zuliana Linggo Geni, (2019), Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Di Daerah Terpencil. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang 03 Mei 2019.
Ali Sadikin, Afreni Hamidah, (2020), Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19, BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi ISSN 2580-0922 (online), ISSN 2460-2612 (print) Volume 6, Nomor 02, Hal. 214-224.
Astuti, Lia; Wihardi, Yaya; Rochintaniawati, Diana, (2020), The Development of Web-Based Learning Using Interactive Media for Science Learning on Levers in Human Body Topic, Journal of Science Learning, v3 n2 p89-98.
Budiman, Agus, (2017) Model Pelatihan Tari: Penguatan Kompetensi Pedagogik Profesionalisme Guru, Jurnal. Pangung Volume 30/N4/12/2020
Çetin, Ali; Toytok, Esef Hakan; Korkmaz, Mehmet, 2015. Design and Evaluation of Web Based Science Learning Environments, Turkish Online Journal of Educational Technology spec iss p98-105.
Gagne, Robert M. dan Briggs, Leslie J. (1979). Principles of Instructional Design, (Seconded). New York : Holt, Pinehart and Winstone.
Jansen, Arlin Dietrich, (2013), Gonrang Simalungun: Struktur dan Fungsinya dalam Masyarakat Simalungun, Penerbit Bin Media, Medan.
Komalasari, Kokom, (2014). Pembelajaran Kontekstual, PT Refika Aditama Bandung.
Latifah, Diah, (2015), Kombinasi Pendekatan Pembelajaran Musik Berkonsep Barat dan Kearifan Lokal Bagi Peserta PPL, Latifah Diah, Jurnal Panggung Vol. 25 No. 2, Juni 2015
Miltartini, Latifah, (2017), Development of Vocal Teaching Materials Based on Keroncong Singing Ornaments to Strengthen Western Vocal Techniques, Jurnal Panggung Vol. 27 No. 4, Desember 2017
Owenfeld, V dan Brittain, W. L. (2012), Creative and Mental Growth.New York: United State of Amerika Macular Degeneration Foundation, Low Vision Aids & Technology. Sydney: Macular Degeneration Foundation Mashadi.
Purba, Setia, Dermawan, (2004), Pluralisasi Musik Etnis, Medan: HKBP Nommensen.
Purnomo, Try Wahyu (2017), Rhythm and Tempo Learning Through The Use of Recorder with Behavioristic Approach, Jurnal Panggung Vol. 27 No. 3, September 2017
Rusman, dkk, (2011), Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan komunikasi, Jakarta: PT. Rajawali Grafindo Persada.
Syafrina, Rien, (2002), Pendidikan Seni Musik, CV. Maulana, Bandung.
Suwandi dan Basrowi, (2008), Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Saragih, Triadil , 2020, Milenial Berbudaya, Medan: CV Sinarta.
Wu, Wen; Chen, Li; Yang, Qingchang; Li, You, (2019), Inferring Students' Personality from Their Communication Behavior in Web-Based Learning Systems, International Journal of Artificial Intelligence in Education, v29 n2 p189-216.
Widiastuti, Uyuni, etc, 2020, The Development of Textbook Learning Media Based on Local Wisdom of North Sumatera. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal Volume 3, No 4, November 2020, Page: 1805-1813 e-ISSN: 2655-1470 (Online), p-ISSN: 2655-2647 (Print).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (mis., Dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.