Penciptaan Teater Tubuh
DOI:
https://doi.org/10.26742/panggung.v26i2.177Abstract
ABSTRACT
Â
The  process  of creative  of theatrical  body is an offer of renewal  theatre  by exploring and processing  the body, which become the main  key in theatre production.  This paper proposed the design to offer new thinking,  and alternative  thinking.Creative  of theatrical  bodyis a process  of body practice  with the body consciousness  either  as an idea or the body itself  as the idea, the learning  process of the body until get the consciousness  movements which resulted by the body. For  the process of practice  the researcher  called it as “Actor Body Interrogation† that is the process of breaking  and re-asking  the problem of actors’  body.
Creative  of theatrical  body offers new point  of view about  the body, which not only as the expression media, but the body itself stands  alone as its identity. The body is considered  as the phenomena  which stand  alone and also making relationship to the environment,  spaces, build- ings, vehicles, peoples, even to the society  and their  ideology which dominant.  Therefore, cre- a t i v e  o f  t h e a tr i ca l b o d y i s a p ro ce s s o f  com p l e t e  t h e a t re  b e t we e n a ct o r,  a n d  t h e  b o d y laugaugeinclude its relationship to the society.
Â
Keyword:  theatre,  body, body interogation,  public  space
Â
Â
Â
Â
Â
ABSTRAK
Â
Proses penciptaan teater tubuh merupakan penawaran pembaharuan teater dengan menggarap dan mengolah tubuh, yang menjadi kunci utama produksi teater. Paper ini mengajukan rancangan untuk menawarkan pikiran-pikiran baru, pikiran-pikiran alternatif. Penciptaan teater tubuh adalah proses latihan tubuh dengan kesadaran tubuh sebagai gagasan atau tubuh itu sendiri sebagai ide, proses belajar pada tubuh sehingga mendapat kesadaran gerak-gerak yang dilahirkan oleh tubuh. Proses latihannya penulis memberi nama “interogasi tubuh aktor â€, yaitu proses membongkar dan mempertanyakan kembali persoalan tubuh aktor.
Penciptaan teater tubuh menawarkan pandangan baru tentang tubuh yang bukan sekedar media ungkap tetapi tubuh itu sendiri mandiri sebagai sebuah identitas. Tubuh dipandang sebagai fenomena yang berdiri sendiri tetapi sekaligus melakukan relasi dengan lingkungan: jalan, bangunan, kendaraan, orang-orang dan bahkan seluruh masyarakat dan ideologinya yang sedang dominan. Dengan demikian penciptaan teater tubuh adalah proses teater yang utuh antara aktor  dan bahasatubuh sekaligus relasinya dengan masyarakat.
Â
Kata kunci : teater, tubuh, interogasi tubuh, ruang publik.
References
Afrizal Malna
08 “Konflik Tubuh-Kolonial dan Tubuh
Post-Kolonial, Erotika dan Ragaâ€.
Majalah GONG Edisi 102/IX.
Budi Hardiman, F. (editor).
10 Ruang Publik, Melacak “Partisipasi
D e m o k r a t i s †d a r i P o l i s s a m p a i
Cyberspace. Yogyakarta: Penerbit
Kanisius
Cohen, Jan & Cruz, (editor).
98 Radical Sreet Performance, an Inter-
n a t i on a l An t h o lo g y. L o n d o n a n d
New York: Routledge.
Dedi Supriadi
94 Kr e a t i v i t a s , K e b u d a y a a n d a n
P e r k e m b a n g a n I p t e k . B a n d un g :
Alvabeta
Denzin, K. Norman & Yvonna S. Lincoln, (editor).
11 The Sage Hand book o f Qua litat ive Res ea rch 1 . Yog yak a rt a : P us t ak a Pelajar.
Jaeni
12 “Komunikasi Este tik dalam Se ni
Pe r t un j uk a n Te a t e r Ra k ya t
Sa n d i w a r a C i r e b o n †, J ur n a l
Panggung: Signifikasi Makna Seni
dalam Berbagai Dimensi, Vol 22, no.
, p 160-168), STSI Bandung.
Herry Dim
11 Badingkut: Di antara Tiga Jalan Teater.
Depok: Penerbit Komodo Books.
Irma Damajanti
06 Psikologi Seni. Bandung: Kiblat Buku
Utama.
Jakob Sumardjo, dkk.
01 Seni Pertunjukan Indonesia, Suatu
Pendekatan Sejarah. Bandung: STSI
Press.
Luhan, Marshal Mc.
94 Understanding Media. London, Mas-
sachusetts: MIT Press Cambridge.
Mason, Bim.
92 Street Theatre and Other Outdoor Per-
formance. London and New York:
Routledge.
Jerzy Grotowski
02 M e n u j u Te a t e r M i s k i n ,
(Diterjemahkan oleh Max Arifin).
Yogyakarta: MSPI & Arti.
Putu Wijaya
08 Te a t e r Tu b u h , E ro t i k a d a n Ra g a .
Majalah GONG Edisi 102/IX.
Schechner, Richard
04 Perfo rmance Th eory. L ondon and
New York: Routledge.
Yudiaryani
02 P a n g g u n g Te a t e r D u n i a :
Perkembangan Konvensi dan Bentuk
Teater. Yogyakarta: Pustaka Gondho
Suli.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (mis., Dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.