Patra Punggel dalam Telaah Konsep Penciptaan Seni Visual

Nyoman Suardina, I Wayan Suardana, I Nyoman Laba

Abstract


Patra Punggel adalah ragam hias Bali yang menyimpan pengetahuan penting untuk digali proses kemunculannya. Asumsi ini menjadi dasar ketertarikan untuk meneliti Patra Punggel, dengan Permasalahan, “Apa dasar konsep kriyawan masa lalu dalam menciptakan Patra Punggel yang unik bagi masyarakat Bali?” Tujuan penelitian ini untuk mencari gejala intertekstualitas sebagai sebuah simulasi konsep penciptaan seni, yang dapat dirujuk sebagai konsep penciptaan seni visual masa kini. Deskripsi setiap objek yang teridentifikasi merupakan metode yang digunakan untuk mengungkap proses terbentuknya Patra Punggel. Intertekstualitas digunakan sebagai pendekatan, sehingga setiap teks yang terbaca dari materi pembentuk hingga menjadi bentuk baru dan memiliki makna baru, menjadi temuan konsep dalam penelitian ini. Sampel objek penelitian ditentukan secara purposive, dengan menetapkan ciri yang diketahui sebelumnya terkait dengan bentuk Patra Punggel. Fokus kajian ini adalah proses stilirisasi dari bentuk materi awal, sampai menjadi motif Patra Punggel yang utuh. Penelitian ini akan sangat bermanfaat bagi mahasiswa untuk dijadikan rujukan dalam membuat konsep penciptaan seni selanjutnya.

Kata Kunci: Patra Punggel, Intertekstualitas, Konsep Penciptaan Seni Visual


References


Gelebet, I Nyoman, dkk, (1981/1982), Arsitektur Tradisional Daerah Bali, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Proyek Inventarisasi dan Dokumentasi Kebudayaan Daerah, Denpasar.

Hendriyana, H., I Nyoman Darma Putra, Yan yan Sunarya & Tyas Rinestu (2021). “Respon Kreatif Perajin Pandan dengan Prinsip Desain Berkelanjutan dan Pelestarian Sumber Daya Alam di Pangandaran Jawa Barat”. Panggung, 31(3).

Karuni, Ni Kadek, (2013), “Pengaruh Motif Hias Asing Pada Ukir Bangunan Di Gianyar Bali”, MUDRA Jurnal Seni dan Budaya, 28(2), ISI Denpasar.

Kudiya, K., Hendriyana, H., & Budi, E. M. (2021). “Akselerasi Produksi Kain Batik di Musim Penghujan dengan Menggunakan Mesin Fotonik”. Panggung, 31(2).

Kuntowijoyo. (2005), Pendekatan Ilmu Sejarah Dalam Ilmu Sejarah, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Mudarahayu, M. T., Sedana, I. N., Remawa, A. A. G. R., & Sariada, I. K. (2021). Estetika Bentuk Busana Pada Lukisan Wayang Kamasan. Panggung, 31(2).

Moleong, (2007), Metodologi Penelitian Kwalitatif, PT Remaja Rosda Karya, Bandung.

Mujiyono, M. (2016). Logika Intertekstual, Dekonstruksi, dan Simulasi dalam Karya Seni Rupa Posmodern: Studi Kasus pada Karya Redesain Kaos Cenderamata Obyek Wisata Religi Demak. Imajinasi: Jurnal Seni, 10(1), 21-30.

Piliang, (2003), Hipersemiotika Tapsir Cultural Studies Atas Matinya Makna, Jalasutra, Yogyakarta

Ratna, Nyoman Kutha, (2010), Metode Penelitian Kajian Budaya dan Ilmu Sosial Humaniora Pada Umumnya, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Ratna, Nyoman Kutha, (2018), Ensiklopedia 2000 Entri Istilah, Biografi, Karya, Metode dan Teori Sastra, Pustaka Pelajar, Yogyakarta

Rohidi, Tjetjep Rohendi, (2011), Metode Penelitian Seni, Cipta Prima Nusantara, Semarang.

Setem, I Wayan, (2021), Kosarupa Bali Kumpulan Istilah, Artefak, Gerakan, dan Tokoh, Prasasti, Denpasar.

Sika, I Wayan, (1983), Ragam Hias Bali, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan, Jakarta.

Siwalatri, N. K. A., Prijotomo, J., & Setijanti, P. (2012). Meaning of ornament in Balinese traditional architecture. Journal of Basic and Applied Scientific Research, 2, 7121-7127.

Suardana, I Wayan, (2012), Laporan Penelitian “Penerapan Ornamen Baru pada Seni Ukir Bangunan Di Gianyar Bali” ISI Denpasar.

Susanto, Mikke, (2011), Diksi Rupa: Kumpulan Istilah Seni Rupa, Kanisius, Yogyakarta

Utama, I Gede Satria Budi, (2012), “Nilai Seni Ornamen Tradisional Bali”, Jurnal Pendidikan Agama dan Seni, Volume 2(1), UNHI Denpasar




DOI: http://dx.doi.org/10.26742/panggung.v31i4.1907

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung Jurnal Panggung


 Jurnal ini terlisensi oleh Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Editor Office:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M)
Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung Gedung Rektorat Lantai 4
Jl. Buah Batu No. 212 Bandung 40116 
Email: penerbitan@isbi.ac.id or redaksi.panggung@gmail.com
Phone: 022 7314982 Fax: +022 7303021