Fungsi Gambar dalam Memproses Perancangan Interior pada Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.26742/panggung.v32i1.2116Abstract
Gambar adalah salah satu alat komunikasi yang efektif dalam lingkungan kerja desain interior. Aneka jenis gambar menjadi alat penting dan diperlukan dalam kegiatan perancangan dengan design thinking . Tahun 1990-an berkembang riset tentang desain serta gambar-menggambar yang dikaitkan dengan teori Embodied Cognition , yang berpengaruh terhadap fungsi gambar dalam proses berpikir. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui bagaimana peran gambar dalam sebuah kegiatan berpikir dan bekerja dalam pembelajaran perancangan interior. Caracara seperti apa sajakah yang dilakukan oleh mahasiswa untuk mengaplikasikan gambar dalam menyelesaikan tugas perancangannya. Penelitian ini menerapkan metode kualitatif dan pendekatan deskriptif analitis. Data dikumpulkan lewat studi pustaka, pemeriksaan dokumen perancangan, dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambar tidak hanya penting untuk berkomunikasi dengan orang lain tetapi lebih penting lagi adalah untuk dipakai berkomunikasi dengan diri sendiri atau untuk berpikir, yaitu dalam rangka melancarkan proses pengembangan gagasan. Dan pada masa pandemi covid-19 pembelajaran menggambar dalam desain masih menghadapi beberapa kendala.
Kata kunci: embodied cognition, proses desain, gambar, pengembangan gagasan, pandemi covid-19.
References
Arnheim, R. 1969. Visual Thinking. Berkeley: University of California Press.
Belawati, T., Daryono, dan MG Sembiring, 2020, Potret Awal Perkuliahan di Era Covid-19, dalam Belawati, T dan Nizam, eds, 2020, Potret Pendidikan Tinggi di Masa Covid-19, Direktorat Pendidikan Tinggi, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.
Bilda, Z and Demirkan, H. n.d., 2003, “An Insight on Designers’ Sketching Activities in Traditional versus Digital Media.” Design Studies 24:27–50.
Brew, A., Fava, M., Kantrowitz, A. 2012. “Drawing Connections: New Directions in Drawing and Cognition Research.” Pp. 77–99 in 2012 Drawing Research Network Conference. Tracey.
Brown, Tim. 2008. “Design Thinking.” Harvard Business Review 86(6):84–92. doi: 10.1002/med.
Ching, F. DK. 1987. Interior Design Illustrated. New York: Van Nostrand Reinhold Co.Inc.
Dorta, T. 2008. “The Ideation Gap: Hybrid Tools, Design Flow, and Practice.” Design Studies 29:121–41. doi: 10.1016/J. destud.2007.12.004.
Eckert, C., Blackwell, AF., Stacey, M., Earl, C., Church, L. 2012. “Sketching across Design Domains: Roles and Formalities.” Artificial Intelligence in Enggineering
Design Analysis & Manufacturing 26(3):254–66.
Ferguson, E. 1992. Engineering and the Mind’s Eye. Cambridge, MA: MIT Press.
Fish, J., and SAR Scrivener. 1990. “Amplifying the Mind’s Eye: Sketching and Visual Cognition.” Leonardo 23:117–26.
Goel, Vinod. 1995. Sketches of Thought. Bradford B. Cambride, MA: MIT Press.
Goldschmidt, Gabriela. 1991. “The Dialectic of Sketching.” Creativity Research Journal I(2):123–43.
Guerin, Denise A., and Caren S. Martin. 2010. “The Interior Design Profession’s Body of Knowledge and Its Relationship To People’s Health, Safety, and Welfare, American Society of Interior Designers (ASID) Council for Interior Design Accreditation (CIDA) Interior Designers of Canada (IDC) Interior Desig.” (Idc).
Hendriyana, H., Putra, I.N.D., Yan Sunarya, Y., Rinestu, T., 2021, Respon Kreatif Perajin Pandan dengan Prinsip Desain Berkelanjutan dan Pelestarian Sumber Daya Alam di Pangandaran Jawa Barat, Jurnal Panggung V31/N3/09/2021, DOI: http://dx.doi.org/10.26742/panggung.v31i3
Kilmer, Rosemary, and W. Otie Kilmer. 2014. Designing Interior. 2nd ed. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.
Kimbell, Lucy. 2011. “Rethinking Design Thinking: Part I.” Design and Culture 3(3):285–306. doi: 10.2752/175470811x1 3071166525216.
Lindgaard, K., Wesselius, H. 2017. “Once More with Feeling: Desing and Embodied Cognition.” She Ji The Journal of Design Economics and Innovation. doi:10.1016/j.sheji.2017.05.004.
Orthel, Bryan D., and Julia K. Day. 2016. “Processing Beyond Drawing: A Case Study Exploring Ideation for Teaching Design.” SAGE Open 6(3). doi: 10.1177/2158244016663285.
Pei, E., Campbell, I., Evans, M. 2011. “A Taxonomic Classification of Visual Design Representasions Used by Industria Designers and Engineering Designers”, Design Journal 14(1):64–91.
Plattner, Hasso, Christoph Meinel, and Larry Leifer. 2012. “Design Thinking Research: Measuring Performance in Context.” Design Thinking Research: Measuring Performance in Context (February 2016):1–302. doi: 10.1007/978-3-642-31991-4.
Purcell, T., Gero, JS. 1998. “Drawing and the Design Process: A Review Protocol Studies in Design and Other Research in Cognitive Psychology.” Design Studies 19(4):398–430.
Schon, Donald A., and Glenn Wiggins. 1992. “Kinds of Seeing and Their Functions in Designing.” Design Studies 13(2):135–56. doi: 10.1016/0142-694X(92)90268-F.
Sniukas, Marc, Parker Lee, and Matt Morasky. 2016. The Art of Opportunity. Hoboken, New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.
Solso, R.L., Maclin, OH., Maclin, MK. 2007. Cognitive Psychology. eight edit. Pearson Education, Inc.
Sumartono. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif: Seni Rupa Dan Desain. Jakarta: Universitas Trisakti.
Sumiati, L., Jatnika, A., 2022, Revitalisasi Tari Tradisi di Situasi Pandemi, Jurnal Panggung V31/N4/12/2021, DOI: http://dx.doi.org/10.26742/panggung.v31i4
Thurlow, L., Ford, P., 2018, An analysis of sketch inhabitation within contemporary design Education, Universal Journal of Educational Research 6 (9): 2036-2046.
DOI: 10.13189/ujer.2018.060923
Tversky, Barbara, Suwa, M., Agrawala, M., Heiser, J., Stolte, C., Hanrahan, P., Phan, D., Klinger, J., Daniel, M., Lee, P., Haymaker, J. 2002. Sketches for Design and Design for Sketches. Standford.
Tversky, Barbara. 2002. What Do Sketches Say about Thinking? Standford.
Wimbarti, S., 2020, Interaksi Dosen – Mahasiswa dalam Pembelajaran Daring, dalam Belawati, T dan Nizam, eds, 2020, Potret Pendidikan Tinggi di Masa Covid-19, Direktorat Pendidikan Tinggi, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (mis., Dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.