Samsoedi dalam Pengembangan Karya Sastra Anak Melalui Novel Babalik Pikir

Nela Nur Faridah, Agung Gumelar

Abstract


Pemahaman bahwa setiap karya tidak ada yang benar-benar mandiri. Kemudian pengetahuan untuk mengkaji bahwa setiap karya selalu mempunyai karya sastra lain sebagai landasan dalam penciptaan. Pembahasan ini mengungkap adanya bentuk-bentuk hipogram yang terdapat dalam novel BP melalui analisis struktur teks cerita berupa unsur alur, latar, tokoh, dan tema dengan karya sastra yang melatarbelakanginya yaitu novel CBT, CBM dan CSD. Dalam penciptaannya novel BP memiliki keterkaitan dengan realitas sosial, budaya dan unsur kesejarahannya. Keterkaitan tersebut menjadikan BP memiliki fungsi dan makna mengenai inovasinya terhadap unsur-unsur yang ada. Penegasian terhadaprealitas sosial mengenai pendidikan pada awal abad ke-20 di Bandung serta penegasian terhadap segala perbuatan buruk, sikap menerima setiap konsekuensi dari setiap perbuatan. Bentuk penegasan terhadap sastra anak sebagai media yang ideal untuk pendidikan, pembentukan, dan pengembangan karakter anak serta untuk menyampaikan pesan moral mengenai setiap tindakan akan mendapatkan konsekuensi.

Kata Kunci: Samsoedi, Novel Anak, Intertekstual


References


Esten, Musral. (1978). Kesusastraan Pengantar Teori dan Sejarah. Bandung: Angkasa.

Hudaya, Deri. (2015). Aktualisasi Mitos Sangkuriang dan Lutung Kasarung dalam Novel Dng Karya Godi Suwarna. Jurnal Panggung, 25(4), 368-378

Imran, Ali. (2005). Intertekstualitas Puisi Padamu Jua Amir Hamzah dan Puisi Doa Chairil Anwar: Menelusuri Cahaya Alquran dalam Puisi Sufistik Indonesia. Kajian Linguistik dan Sastra Vol. 17(1), 7587. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, niversitas

Muhammadiyah Surakarta. Kasmana, Kankan. (2016). Perwujudan Keyakinan akan Keberadaan Mahluk Halus dalam Komik Kawin ka Kunti. Jurnal Panggung, 26(3), 280-293

Makaryk, Irena R. (1993). Encyclopedia of Contemporary Literary Theory. TorontoBuffalo-London: University of Toronto Press113.

Nazir, Moh. (2011). Metode Peneitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Nurgiyantoro, Burhan. (2004). Sastra Anak: Persoalan Genre. Humaniora Vol. 16(2), 107-122

Patimah dan The Toyota Foundation. (2000). Ensiklopedia Sunda (Alam, Manusia, dan Budaya Termasuk Budaya Cirebon dan Betawi). Pemimpin Redaksi: Ajip Rosidi. Jakarta: Pustaka Jaya.

Ratna, Nyoman Kutha. (2004). Penelitian Sastra: Teori, Metode, dan Teknik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Samsoedi. (2014). Cetakan Ke-4. Babalik Pikir. Bandung: Kiblat Buku Utama

_______. (2016). Cetakan Ke-4. Budak Teuneung. Bandung: Kiblat Buku Utama

_______. (2013). Cetakan Ke-1. Carita Budak Minggat. Bandung: Kiblat Buku Utama

Sarumpaet, Riris K Toha. (2010). Pedoman Penelitian Sastra Anak: Edisi Revisi. Jakarta: Pusat Bahasa Kementerian Pendidikan Nasional

Teeuw, A. (1984). Sastra dan Ilmu Sastra: Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Pustaka Jaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.26742/panggung.v32i4.2300

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung Jurnal Panggung


 Jurnal ini terlisensi oleh Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Editor Office:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M)
Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung Gedung Rektorat Lantai 4
Jl. Buah Batu No. 212 Bandung 40116 
Email: penerbitan@isbi.ac.id or redaksi.panggung@gmail.com
Phone: 022 7314982 Fax: +022 7303021