The Relevance of Budug Basu Play with Fisherman's Life In Panjunan Village Cirebon

Rusman Nurdin

Abstract


Abstract
Intellectual property locality in inheritance between generations continues to this day, one of which is a play BudugBasu. Performing this play still appear in every activity of the indigenous fishing tradition in the village PanjunanLemahwungkukSubdistrict Municipality of Cirebon, his presence in the ceremony Nadran. Nadran events, is interrupting daily activities of fishermen in the source of life (matapencaharian)
Based on the concept ritual of Victor Turner in a liminal - Liminoid. Liminoid concept in industrial societies (urban), with a busy industrial society continue to perform the ceremony in the groove work, play and leisure. This condition is a meeting point in the aspect of social life Fishermen today.
Ethnographic methods with technical approaches literature study, observation and interviews as the process of collecting data in the field. The results obtained that, Nadran ceremony is an expression of thanksgiving to dikontruksi expression as the events of happiness, joy and catharsis, once created space, time and place in sakralitas embodiment phenomena.

Keyword: Intellectual property locality, Lokon Budug Basu and symbol

Abstrak
Kekayaan intelektual lokalitas dalam pewarisan antar generasi terus berlangsung sampai saat ini, salah satunya adalah lakon Budug Basu. Pertunjukan lakon ini tetap tampil dalam setiap kegiatan adat tradisi nelayan di Desa Panjunan Kecamatan Lemahwungkuk Kota Madya Cirebon, kehadirannya dalam pelaksanaan upacara Nadran. Peristiwa Nadran, merupakan interupsi aktivitas keseharian nelayan dalam sumber kehidupannya (mata pencaharian)
Bertitik tolak dari konsep ritual Victor Turner dalam Liminal – Liminoid. Konsep Liminoid dalam masyarakat industri (urban), masyarakat industri dengan kesibukannya tetap melaksanakan upacara dalam alur bekerja, bermain dan waktu luang. Kondisi ini menjadi titik temu dalam aspek kehidupan sosial Nelayan saat ini.
Penelitian ini menggunakan metode Etnografi dengan pendekatan teknis studi kepustakaan, observasi dan wawancara sebagai proses untuk pengumpulan data-data di lapangan. Hasil penelitian menjelaskan bahwa upacara Nadran merupakan ungkapan ekspresi syukur dengan dikontruksi sebagai peristiwa kebahagian, kegembiraan dan katarsis, sekaligus menciptakan ruang, waktu dan tempat dalam fenomena perwujudan sakralitas.

Kata kunci: kekayaan intelektual lokalitas, Lakon Budug Basu dan Simbol Sakralitas

 


Full Text:

PDF

References


AG, Muhaimin

Islam dalam Bingkai Budaya Lokal Potret dari Cirobon, Jakarta:

Logos Wacana Ilmu.

Agustina, Heriyani

Nilai-Nilai Filosofi Tradisi Nadran Masyarakat Nelayan Cirobon, Yogyakarta: Kepel Press.

Dhavamony, Mariasusai

Fenomenologi Agama, terj. Diryarkara, Yogyakarta Kanisius.

Durkheim Emile

The Elementary Forms of the Religious Life,Sejarah Agama, (terj Muzir Ridwan Inyiak, cetakan ke II, IRCiSoD,Yogyakarta.

Eliade, Mircea.

Sakral dan Profan, terj. Nuwanto, Yogyakarta: Fajar Pustaka Baru.

Groenendael Clara van Victoria M, 1987, Dalang Di Balik Wayang, Jakarta,PT. Temprint.

Hadi, Y.Sumandiyo.

Seni dalam Ritual Agama, Yoyakarta: Pustaka.

Eliade Mircea

Mitos,Menurut Pemikiran Mircea Eliade,terj. Susanto Hary P.S,Yogyakarta, Kanisius.

_____________

Mitos Gerak Kembali Yang Abadi,Kosmos dan Sejarah, terj Ananta Cuk, Yogyakarta, Ikon Teralitera.

Lewandowski A. Glen,

Ritus Adat Inisiasi, Tahap Liminal pada Rites de Passages, Victor Nurner, Seri Pastoral 234 no 5, Pusat Pastoral Yogyakarta.

Peursen van c.a

(terj) Hartoko Dick, Strategi Kebudayaan, Kanisius,BPK Gunung Mulia, Jakarta.

Spradley P. Jemes

terj Amri Marzali, Metode Etnografi, PT Tiara Wacana, Yogyakarta.

Soetarno

Wayang Kulit Perubahan Makna Ritual dan Hibuan, STSI Press, Jebres Surakarta 57126

Turner, Victor

The Forest Of Symbols, Aspect of Ndembu Ritual, Cornell Paperbacks, Cornell University Press, Ithaca and London.

____________

Dramas,Fields and Metaphors, Symbolic Action in Human society, Cornell University Press.

____________

Ritus Adat Inisiasi, Tahap Liminal pada “Rites de Passages”. Seri Pastoral 234, Pusat Pastoral Yogyakarta No.

_____________

From Ritual to Theatre, The Human Scriousness of Play, Performing Arts Journal Publications,New York City.

Walujo, Kanti.

Dunia Wayang Nilai Estetis Sakralitas dan Ajaran Hidup,

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sumber Internet:

Wacananusantara.org, 24 Dec 2014, Pemuliaan Terhadap Padi dalam Wawacan Sulanjana, Kalsum Penulisan Cerita Budug Basu di Kalangan keraton Cirebon, 5 July 2013 LK




DOI: http://dx.doi.org/10.26742/panggung.v27i3.279

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung Jurnal Panggung


 Jurnal ini terlisensi oleh Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Editor Office:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M)
Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung Gedung Rektorat Lantai 4
Jl. Buah Batu No. 212 Bandung 40116 
Email: penerbitan@isbi.ac.id or redaksi.panggung@gmail.com
Phone: 022 7314982 Fax: +022 7303021