Rhythm and Tempo Learning Through The Use of Recorder with Behavioristic Approach (A Case Study In Class V-C At YWKA Bandung Elementary School)
DOI:
https://doi.org/10.26742/panggung.v27i3.281Abstract
Abstrak
Ritme dan tempo merupakan unsur musik yang sangat penting untuk dipahami peserta didik. Pendekatanbehavioristik melalui pembelajaran rekorder yang dibarengi dengan pemahaman terhadap unsur musik (ritme dan tempo) merupakan tindakan untuk membantu mencapai hasil belajar yang lebih baik. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif yang bertujuan untuk merancang, menyempurnakan, dan menguji pelaksanaan pembelajaran. Program pembelajaran yang dirancang merupakan strategi untuk membantu keterampilan peserta didik dalam bermain rekorder serta memahami unsur ritme dan tempo.Seluruh data yang dikumpulkan dianalisis secara deskriptif. Konsep ritme dan tempo diberikan malalui latihan tepuk tangan dan tepuk paha serta mengaplikasikan konsep ritme kedalam bentuk notasi balok. Selanjutnya teknik tiup biasa, legato dan stacato serta pencapaian terhadap nada tinggi (C”-G”) dalam memainkan rekorder juga menjadi tujuan dalam pembelajaran ini. Pemberian penguatan (reinforcement) secara searah dan terkontrol melalui pengulangan dan latihan terhadap bentuk perilaku ternyata dapat mencapai tujuan pembelajaran.Peserta didik dapat mempraktikkan konsep ritme yang diaplikasikan kedalam simbol notasi dan selanjutnya secara keseluruhan peserta didik dapat memainkan variasi melodi yang dibentuk oleh peneliti ke dalam media rekorder dengan tempo yang tepat.
Kata kunci: ritme dan tempo, rekorder, behavioristik.
Abstract
Rhythm and tempo are the most important musical elements that students should understand. Behaviouristic approach through recorder learning accompanied by the understanding of the musical elements (i.e. rhythm and tempo) refers to an action performed to increase a better result of learning. This study, classified as evaluative study, aims at designing, perfecting, and testing the running of learning program.The design program is defined as a strategy functions to help students play recorder as well as understand the elements of rhythm and tempo. The collected data are analysed descriptively. The concepts of rhythm and tempo are given through the practices of hands and thighs claps; the rhythm concept is also implemented in the form of notation. Furthermore, the common inflatable techniques- namelylegato andstacato-and the achievement of high pitch (C”-G”) in playing recorder are considered as the other aims of this study. Directed and controlled reinforcement through repetitions and practices towards behavioural form, in fact, can achieve the learning goals. The students can practice the rhythm concept by implementing it into notation symbols and after that, the students can completely play variety of melodies which have been formed by the researcher into recorder in a high tempo.
Keywords: rhythm and tempo, recorder, behaviouristic
References
Nur Aedi
Bahan Belajar Mandiri Metode Penelitian Pendidikan: Instrument Penelitian Dan Pengumpulan Data. Bandung: Direktori FIP-UPI
Pono Banoe
Kamus Musik. Yogyakarta: Kanisius
Siti Umi Hanik
Strategi dan Metode Pembelajaran Di Madrasah Aliyah.Semarang: TesisIAIN Walisongo
Joyce, B, Weil, M, Calhoun, E
Models Of Teaching: Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
ArdiMahadjani dkk
Kemampuan Melukis Siswa Kelas V SDN 14 Bongomeme Kabupaten Gorontalo. Jurnal KIM: Fakultas Ilmu Pendidikan, 3(2)
Moh. Muttaqin
Seni Musik Klasik. Jakarta: Direktorat Pembina Sekolah Menengah Kejuruan, Departemen Pendidikan Nasional
Naniek Rustyani
Pelaksanaan Pembelajaran Recorder Pada Siswa Kelas VIII SMP N 1 Brangsong Kendal Tahun Pelajaran 2008/2009. Semarang: Universitas Negeri Semarang
Ari Setiawan
Teori Belajar Behavioristik. Salatiga: IAIN Salatiga
Setyowati
Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 13 Semarang. Semarang: Skripsi, Universitas Negeri Semarang
Nana Syaodih Sukmadinata
Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Widya Wati
Teori Belajar dan Pembelajaran. Padang: Makalah Konsentrasi PendidikanFisika, Program Pascasarjana UNP
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (mis., Dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.