Metode Transformasi Kaidah Estetis Tari Tradisi Gaya Surakarta

Bekti Budi Hastuti, Supriyanti Supriyanti Supriyanti

Abstract


ABSTRACT

This paper focuses on the analysis of the transformation method of the Surakarta style dance tradition of the aesthetic rules. The transformation of this traditional dance aesthetic rules cannot be separated from the characteristic of dance i.e. endhel or lurah and oyi or lanyap for female dance, and of fine male dances i.e. luruh and lanyap, madyatayo or katongan, and of strong male dances, i.e. kambeng, kalang kinantang, bapang kasatriyan and bapang jeglong. The characteristic of each dance has its own dance pose patterns i.e. ten dance pose patterns, namely merak ngigi, sata ngetap, swiwi, kukila tumiling, branjangan ngumbara, mundhing mangundah, wreksa sol anggiri gora, pucang kanginan, sikatan met boga, and ngangrang bineda. These dance pose patterns should fol- low the body pose disciplines, i.e adeg doran katangi, ulat tajem, jangguh, jangga, jangga nglung gading, jaja mungul, pupu merendah, cingklok angglong and dlamkan malang. The basic elements of dance i.e. wiraga, wirama, and wirasa described by the aesthetic norms of Hasta Sawanda, i.e. pacak, pancat, ulat, lulut, wilet, luwes, wirama and gendhing has the deep philosophical value of sengguh, lungguh and mungguh.

Keywords: hastha sawanda, aesthetic, choreography, dance traditions

 

ABSTRAK

Tulisan ini difokuskan pada analisis metode transformasi kaidah estetis tari tradisi gaya Surakarta. Transformasi kaidah estetis tari tradisi ini tidak dapat dipisahkan dengan perwatakan tari seperti endhel atau branyak dan oyi atau luruh untuk tari putri, tari putra alus adalah luruh dan lanyap, madyataya atau katongan, dan tari putra gagah yaitu kambeng, kalang kinantang, bapang kasatrian, dan bapang jeglong. Setiap perwatakan tari itu memiliki sikap laku tari, yaitu sepuluh patrap beksa: merak ngigel, sata ngetap swiwi, kukila tumiling, branjangan ngumbara, mundhing mangundah, wreksa sol, anggiri gora, pucang kanginan, sikatan met boga, dan ngangrang bineda. Sikap laku tari ini harus mengikuti disiplin sikap tubuh yaitu: adeg doran katangi, ulat tajem, janggut, jangga, jangga nglung gadung, jaja mungal, pupu merendah, cingklok angglong, dan dlamakan malang. Elemen dasar tari, yakni wiraga, wirama, dan wirasa yang dijabarkan oleh norma estetis Hastha Sawanda, yaitu: pacak, pancat, ulat, lulut, wilet, luwes, wirama, dan gendhing, yang memiliki kedalaman nilai filosofis sengguh, lungguh, dan mungguh.Kata kunci: hastha sawanda, estetis, koreografi, tari tradisi

Kata kunci: hastha sawanda, estetis, koreografi, tari tradisi


Full Text:

PDF

References


A.A. M. Djelantik

Pengantar Ilmu Estetika Jilid I: Estetika

Instrumental. Denpasar:

Se k o l a h Ti n g g i Se n i I n d o n e s i a

Denpasar

B.P.H., Soerjodiningrat,

Babad lan Mekaring Djogèd Djawi.

Jogjakarta: Kolf Boenning.

Bambang Tri Atmadja

“Metode Pembelajaran Tari Dasar

Gaya Surakarta”. Laporan

Hibah Teaching Grant, Yogyakarta.

Bekti Budi Hastuti

“Wayang Wong Anak dan Remaja

Anoman Mahawira”. Tesis untuk

memperoleh derajat Sarjana Strata-

pada ISI Yogyakarta.

Hawkins, Alma M.

“ Se n i M e n a t a L e wa t Ta r i ” ,

terjemahan dari Creating through

Dance oleh Y. Sumandiyo Hadi.

Yogyakarta: Manthili.

Hersapandi

Wayang Wong Sriwedari Dari Seni

Istana Menjadi Seni

Komersial. Yogyakarta: Yayasan Untuk In-

donesia,.

I Made Bandem

E t n o l o g i Ta r i B a l i . Yo g ya k a r t a :

Kanisius.

I Wayan Dibia

Pragina: Penari, Aktor dan Pelaku Seni

Pertunjukan Bali. Malang: Sava Me-

dia.

Kuntowijoyo

Budaya dan Masyarakat. Yogyakarta:

Tiara Wacana Yogya.

Nanik Sri Prihatini,, et all

“Joged Tradisi Gaya Kasunanan

Surakarta”. Laporan Pengembangan

Ilmu Budaya bekerjasama dengan

ISI Press Surakarta

Wahyu Santosa Prabawa

“Bedhaya Anglirmendhung Monu-

men Perjuangan Mangkunegara I

-1988". Tesis untuk memenuhi

persyaratan Sarjana S2 pada Pro-

gram Studi Sejarah Jurusan Ilmu-

Ilmu Humaniora Program Pasca

Sarjana Universitas Gadjah Mada.

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.

Ka m u s B e s a r B a h a s a I n d o n e s i a ,

Jakarta: Balai Pustaka.

Y. Sumandiyo Hadi.

Ka j i a n Ta r i Te k s d a n Ko n t e k s .

Yogyakarta: Pustaka Book Pub-

lisher




DOI: http://dx.doi.org/10.26742/panggung.v25i4.43

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung Jurnal Panggung


 Jurnal ini terlisensi oleh Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Editor Office:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M)
Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung Gedung Rektorat Lantai 4
Jl. Buah Batu No. 212 Bandung 40116 
Email: penerbitan@isbi.ac.id or redaksi.panggung@gmail.com
Phone: 022 7314982 Fax: +022 7303021