Makna Simbolik Kesenian Obros sebagai Visualisasi Karya Seni Islami

Darmasti Darmasti

Abstract


Abstract

Obros isanartdevelopedin Petugan, JebengsariVillage, District Salaman, Magelang, Central Java. Obrosisaform offolk artusingmovement patternsoftraditionthatrelies onfootwork.Obros was developed from rodhat which was revitalised by a local figure, Badran.Themes ofsoldiering, heroism, andcommunalitybecomevalues thatarerepresentedinObros.This studyuses a descriptive approachwith theanalysis ofsymbols in theartsystemtodismantle layersmaking upthis artincludingthe background of the story, movements, actors, fashion, accompaniment, property,andcontextualization. Meanwhile, ethenography method is used to collect data in the field. The results show thatObrosis not justanartisticobjectandexpression, butalsoalivelihoodandcommunalpowerbinding.Obrosbecomesa means of educationfor the people, both as a reviewof history, as wellas a visionaryreflectionof the future.

Keywords:Obros, symbol, Islamic art

Abstrak

Kesenian Obros adalah kesenian yang berkembang di Dusun Petugan, Desa Jebengsari, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Kesenian Obros adalah sebuah bentuk pertunjukan kesenian rakyat yang menggunakan pola-pola gerak tradisi yang bertumpu pada gerak kaki. Obros merupakan perkembangan dari kesenian rodhat yang direvitalisasi oleh seorang tokoh setempat, yaitu Badran. Tema keprajuritan, kepahlawanan, dan komunalitas menjadi nilai-nilai hidup yang direpresentasikan dalam Obros. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan analisis simbolik untuk membedah lapisan-lapisan yang menyusun kesenian ini di antaranya latar belakang cerita, gerak, pelaku, busana, iringan, properti, dan kontekstualisasi. Adapun metode etnografi digunakan dalam pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesenian Obros bukan sekadar sebuah ekspresi seni, tapi juga sebuah penghidupan dan daya pengikat komunal. Kesenian Obros menjadi sarana pendidikan bagi masyarakat setempat, baik sebagai tinjauan sejarah, refleksi, maupun sebagai pandangan visioner terhadap masa depan.

Kata kunci: Obros, simbol, seni Islami


Full Text:

PDF

References


Daeng, H. J. (1991). Manusia, Mitos dan Simbol. Majalah Basis 40.

-------------. (2002). Manusia, Kebudayaan dan Lingkungan: Tinjauan Antropologis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dibyasuharda. (1990). Dimensi Metafisik dalam Simbol, Ontologi Mengenai Akar Simbol. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Geertz, C. (1991). Kebudayaan dan Agama. Yogyakarta: Kanisius

Giyartini, R. (2014). Makna Simbolik Kaulinan Barudak Oray-Orayan. Panggung, 24 (4), 376-386.

Humprey, D. (1983). Seni Menata Tari. Terjemahan Sal Murgiyanto. Jakarta: Dewan Kesenian Jakarta.

Koentjaraningrat. (1977). Beberapa Pokok Antropologi Sosial. Jakarta: Dian Rakyat.

Kussudiardja, B. (1983). Dari Klasik Hingga Kontemporer. Yogyakarta: Padepokan Press.

La Meri. (1986). Elemen-elemen Dasar Komposisi Tari. Terjemahan Soedarsono. Yogyakarta: Lagaligo.

Mamun, T. N. (2012). Pengaruh Syair Arab terhadap Pola Syiiran di Jawa Barat. Panggung, 24 (3) , 211-223.

Soemaryatmi. (2012). Dampak Akulturasi Budaya pada Kesenian Rakyat Kecamatan Selo Boyolali. Panggung, 22 (1), 25-36.

Widyawati, S. (2001). Buku Ajar Filsafat Seni. Solo: STSI Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.26742/panggung.v28i3.538

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung Jurnal Panggung


 Jurnal ini terlisensi oleh Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Editor Office:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M)
Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung Gedung Rektorat Lantai 4
Jl. Buah Batu No. 212 Bandung 40116 
Email: penerbitan@isbi.ac.id or redaksi.panggung@gmail.com
Phone: 022 7314982 Fax: +022 7303021