Karakter Musik Etnik Dan Representasi Identitas Musik Etnik

Sri Hermawati Dwi Arini, Didin Supriadi, Saryanto -

Abstract


Representasi dapat didefinisikan sebagai penggunaan tanda untuk menggambarkan sesuatu, yakni karakter musik yang memiliki elemen, di antaranya teknik permainan dan garapan/pengolahan. Sedangkan tanda adalah segala sesuatu yang merepresentasikan sesuatu, yakni penampilan tanda-tanda seperti cengkok, imbal. Cengkok, imbal diperlakukan sebagai identitas yang merepresentasikan identitas musik etnik Jawa, begitu pula penampilan tanda-tanda yakni ugal, cecandetan, kotekan diperlakukan sebagai identitas yang merepresentasikan identitas musik etnik Bali.

Kata kunci :    Identitas, Representasi, Karakter, Gamelan Jawa dan Gamelan Bali

Full Text:

PDF

References


I Gusti Bagus Arsaja

Metode Pendidikan Seni Karawitan Bali untuk Sekolah Menengah Pertama. Departemen Pen-didikan dan Kebudayaan Proyek Pendi-dikan dan Pembinaan Tenaga Teknik Kebudayaan.

I Made Bandem

Ensiklopedi Gamelan Bali. Denpasar: Proyek Penggalian Seni Tradi-sional dan Kesenian Baru Pemerintah Daerah Tingkat I Bali.




DOI: http://dx.doi.org/10.26742/panggung.v25i2.7

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung Jurnal Panggung


 Jurnal ini terlisensi oleh Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Editor Office:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M)
Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung Gedung Rektorat Lantai 4
Jl. Buah Batu No. 212 Bandung 40116 
Email: penerbitan@isbi.ac.id or redaksi.panggung@gmail.com
Phone: 022 7314982 Fax: +022 7303021