Konsep dan Metode Garap dalam Penciptaan Tepak Kendang Jaipongan

Asep Saepudin

Abstract


ABSTRACT

 

This article aims to explore the process of creation of Tepak Kendang Jaipongan by Suwanda. The idea of Tepak Kendang was obtained through four processes: 1) the direct participation of the creator (Suwanda) into the popular arts; 2) the appreciation results of various kinds of art; 3) the stimulation of various kinds of dance movement; and 4) the inspiration of the songs which are sung by the singers (Sinden). Tepak Kendang Jaipongan was sourced from various kinds of genre, namely Ketuk Tilu, Topéng Banjét, Wayang Golék, Kiliningan, Bajidoran, Pencak Silat and Tarling. The many kinds of Sundanese Tepak Kendang were arranged with the concept of ‘freedom’ and ‘novelty’. The method which is used to create Tepang Kendang Jaipongan is ‘ngolah nu aya maké cara: salambar langsung saayana tinu heubeul, ‘janten ku nyalira’, ngarobah nu aya (‘ditambah’, ‘dikurangan’, ‘dipotong’,

‘dikerepan’, ‘dicarangan’).

 

Keywords: Method of creation, Tepak Kendang Jaipongan

 

 

ABSTRAK

 

Tulisan ini bertujuan untuk menggali proses penciptaan tepak kendang jaipongan dari kreatornya yakni Suwanda. Ide tepak kendang diperoleh melalui empat proses yaitu Suwan- da terjun langsung ke dalam jenis kesenian yang sedang populer, hasil apresiasi terhadap berbagai jenis kesenian, terangsang oleh ragam gerak tari, serta karena terinspirasi lagu yang dibawakan oleh pesindén. Tepak kendang jaipongan bersumber dari berbagai jenis ke- tsenian seperti Ketuk Tilu, Topéng Banjét, Wayang Golék, Kiliningan, Bajidoran, Penca Silat dan Tarling. Kekayaan ragam tepak kendang Sunda digarap dengan konsep “kebebasan dan ‘ke- baruan’. Metode yang digunakan untuk menciptakan tepak kendang jaipongan adalah “ngo­ lah nu aya maké cara: salambar langsung saayana tinu heubeul, ‘janten ku nyalira’, ngarobah nu aya (‘ditambah’, ‘dikurangan’, ‘dipotong’, ‘dikerepan’, ‘dicarangan’)â€.

 

Kata kunci: Metode garap, Tepak Kendang Jaipongan

 

Konsep dan Metode Garap dalam

Penciptaan Tepak Kendang Jaipongan


Full Text:

PDF

References


I Wayan Sadra

“Lorong Kecil Menuju Susunan Musik.†Makalah pada Lokakarya Metode Penciptaan, Pembelajaran dan Penilaian Hasil Karya Seni di ISI Yogyakarta, 13-17 Nopember.

Jakob Sumardjo

Filsafat Seni. Bandung: Institut Teknologi Bandung.

Muji Sutrisno.

“Basis†dalam Johanes Mardimin, ed., Jangan Tangisi Tradisi: Transformasi Budaya Menuju Masyarakat Indonesia Modern (Yogyakarta: Kanisius, 1994), 13.

Rahayu Supanggah

Bothekan Karawitan II: Garap. Surakarta: ISI Press Surakarta.

Save M. Dagun.

Kamus Besar Ilmu Pengetahuan. Cetakan kesatu. Jakarta: Lembaga Pengkajian Kebudayaan Nusantara.

Sri Hastanto.

“Pendidikan Karawitan: Situasi, Problema, dan Angan-Angan.†WILED, Jurnal Seni Sekolah Tinggi Seni Indonesia, Surakarta, (Maret 1977), 43.

_________.

“Karawitan Vokal: Kajian Konsep dan Teoritik,†dalam Waridi, ed., Hasil Simposium Karawitanologi. Surakarta: ISI Surakarta.

__________.

Konsep Pathet dalam Karawitan Jawa. Surakarta: ISI Press Surakarta.

Tati Narawati

Wajah Tari Sunda Dari Masa Ke Masa. Bandung: P4ST UPI.

Tubagus Mulyadi

“Gugum Gumbira Maestro Tari Jaipongan: Sebuah Biografi.†Tesis S-2 Program Studi Pengkajian Seni Pertunjukan dan Seni Rupa, Fakultas Pascasarjana, Universitas Gadjah Mada.

Nara Sumber

Gugum Gumbira. 65 tahun.

Seniman pencipta tari jaipongan, dari Bandung.

Ismet Ruchimat, S.Sen., M.Hum. 42 tahun.

Peñata karawitan di Jugala Group, dosen Karawitan STSI Bandung.

Suwanda. 58 tahun.

Seniman pencipta tepak kendang jaipongan, pangrawit Jugala Group tahun 1980-an, pimpinan “Suwanda Group†dari Karawang.




DOI: http://dx.doi.org/10.26742/panggung.v23i1.84

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.26742/panggung.v23i1.84.g84

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexs Journal

 


Print ISSN: 0854-3429 (Media Cetak) 
Online ISSN: 2502-3640 (Media Online) 


Statistik Pengunjung Jurnal Panggung


 Jurnal ini terlisensi oleh Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Editor Office:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M)
Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung Gedung Rektorat Lantai 4
Jl. Buah Batu No. 212 Bandung 40116 
Email: penerbitan@isbi.ac.id or redaksi.panggung@gmail.com
Phone: 022 7314982 Fax: +022 7303021