Estetika Tari Minang dalam Kesenian Randai Analisis Tekstual-Kontekstual

Sri Rustiyanti, Fatimah Djajasudarma, Endang Caturwati, Lina Meilinawati

Abstract


ABSTRACT

 

This paper reveals textual and contextual Randai, among other things, an analysis of Gerak Ga­ lombang Randai, an analysis of the character of Anak Randai, and at the end of the study series, to reveal the values contained in Randai as a cultural reality, which in principle is an inseparable part of the existence of Minangkabau community as the cultural support. The variety of motion used in Gerak Galombang Randai is not only a decoration of the motion beauty (tangible), but it also can be translated, as well as a symbol or emblem that has educational meanings (intangible), and can be an example of the daily life of the indigenous Minangkabau society.

 

Keywords: Minang Dance aesthetic, Randai, textual­contextual analysis

 

 

ABSTRAK

 

Tulisan ini mengungkap teksual dan kontekstual Randai, di antaranya, analisis terhadap gerak galombang Randai, analisis karakter tokoh anak Randai, dan sebagai akhir dari rang- kaian penelitian ini, mengungkapkan nilai-nilai yang terdapat pada Randai sebagai realitas budaya, yang pada prinsipnya merupakan bagian yang tak dapat dipisahkan dari eksistensi masyarakat Minangkabau sebagai penyangga kebudayaan. Ragam gerak yang digunakan dalam gerak galombang Randai itu kiranya tidak hanya sekedar hiasan keindahan gerak be- laka (tangibel), namun ia dapat diterjemahkan, sekaligus merupakan simbol atau lambang yang bermakna  mendidik (intangibel), dan dapat   menjadi teladan dalam kehidupan se- hari-hari dalam masyarakat adat di Minangkabau.

 

Kata Kunci: estetika Tari Minang, Randai, analisis tekstual-kontekstual

 

 


Full Text:

PDF

References


Beardsley, Monroe C. 1958.Aesthetics Problems in the Philosophy of Criticism. Swarthmore College. Harcourt, Brace and Company New York.

Chernyshevsky, N.G. 2002.Hubungan Estetik Seni dengan Realitas. Terjemahan Samanjaya.Jakarta: Fitroh Art’s Printing.

Dibia, I Wayan. 2003. Bergerak Menurut Kata Hati. (Terjmhn). Jakarta: Ford Foundation dan MSPI.

Dickie, George.1973.Aesthetics.Dalam The encyclopedia Americana.

Depdiknas. 2005.Standar Kompetensi Nasional Bidang Keahlian Tari Minang. Jakarta: Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

Djelantik, A.AM. 1999. Estetika: Sebuah Pengantar. Jakarta: MSPI.

Esten , Mursal. 1983. Randai dan Beberapa Permasalahannya. Dalam Seni dalam Masyarakat Indonesia. Jakarta: Sinar Harapan.

_________ 1999. Desentralisasi Kebudayaan. Bandung: Angkasa.

Gadamer. 2004.Kebenaran dan Metode. Terjemahan. Ahmad Sahidah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gazalba, Sidi.1988.Islam dan Kesenian, Relevansi Islam dengan Seni Budaya Karya Manusia. Jakarta: Pustaka Al Husna.

Gie, The Liang. 1976. Filsafat Keindahan. Edisi I. Cet. I. Yogyakarta: PUBIB.

Hawkins, Alma M.1988.Creating Through Dance. New Jersey: Princeton Book Company.

Hospers, John. 1967.Aesthetics Problem of. Dalam The Encyclopedia of Phylosophy, Vol I.

Jamal, MID. 1985.Filsafat dan Silsilah Aliran-Aliran Silat Minangkabau. Padang Panjang: Akademi Seni Karawitan Indonesia.

Janesick, J Valerie. 1997.Tarian Desain Penelitiam Kualitatif: Metafora, Metodolatri, dan Makna. Terjemahan Dariyatno dkk. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

KM, Saini. 2001. Taksonomi Seni. Bandung: STSI Press.

Kraus, Richard. 1969.History of The Dance in Art and Education. New Jersey: Prentice-Hall, Inc., Englewood Cliffs.

Langer, Susanne K. 1964.Philosophical Sketches: A Study of The Human Mind in Relation to Feeling, Explored Through Art, Language, and Symbol. New York: New American Library of World Literature.

Liliweri, Alo. 2011.Gatra-Gatra Komunikasi Antarbudaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

_________ 2002.Makna Budaya Dalam Komunikasi Antarbudaya. Yogyakarta: Lkis.

LIPI.1984.Kapita Selekta Manifestasi Budaya Indonesia.Bandung: Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Luar Negeri bekerja sama dengan Penerbit Alumni.

Marbawy, Al. 1955.Kamus Bahasa Arab-Melayu. Mesir: Mustafa’l Baabillahi wa Auladuhu.

Marinis, de Marco.1993.The Semiotics of Performance. terj. Aine O’ Healy. Bloomington dan Indiana: Indiana University Press.

Maryono,Oong.1998.Pencak Silat Merentang Waktu. Yogyakarta: Galang press.

Morris, Desmond. 1977.Manwatching: A Field Guide to Human Behavior. New York: Harry N. Abrams, Inc, Publisher.

Murgiyanto, Sal. 2004.Mencermati Seni Pertunjukan: Perspektif Kebudayaan, Ritual, Hukum. Surakarta: Kerjasama Ford Foundation& Program Pascasarjana ISI Surakarta.

_________2002.Kritik Tari: Bekal dan kemampuan Dasar. Jakarta: Ford Foundation dan MSPI.

Navis, AA. 1984.Alam Terkembang Jadi Guru. Jakarta: Pustaka Grafiti Press.

Nor, Mohd Anis MD. 1986.â€Randai Dance of Minangkabau Sumatera with Labanotation Scoresâ€. Jurnal Tirai Panggung. Kuala Lumpur: Universiti Malaya.

Piliang, Amir Yasraf. 2002. “Kebudayaan Indonesia Kontemporer dan Kaitannya Dengan Karya Cipta Seniâ€, dalam Panggung Jurnal Seni STSI Bandung No. XXV. Bandung: STSI Press.

Royce, Anya Peterson. 1980.The Anthropology of Dance. Bloomington dan London: Indiana University Press.

Schechner, Richard.1988.Performance the Theory. New York: Routledge.

Sedyawati, Edi. 2003. “Gusmiati Suid dan Tari Kontemporerâ€,dalam Indonesia Abad XXI: Di Tengah Kepungan Perubahan Global. Jakarta: Kompas

__________ 1999.Seni Pertunjukan Indonesia dan Pariwisata. Bandung:Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia.

__________ 1986. Pertumbuhan Seni Pertunjukan. Jakarta: Sinar Harapan.

Smith, Jacqueline, 1985.Komposisi Tari: Sebuah Petunjuk Praktis Bagi Guru. Terjemahan Ben Suharto. Yogyakarta: Ikalasti.

Soedarsono,R.M. 2003.Seni Pertunjukan Dari Persektif Politik, Sosial, dan Ekonomi. Yogyakarta: UGM University Press.

Sp, Soedarso. 2000.Sejarah Perkembangan Seni Rupa Modern. Jakarta: Studio Delapan Puluh Enterprise.

Storey, John.2003.Teori Budaya dan Budaya Pop. Yogyakarta: Qalam.

Strinati, Dominic. 2003.Popular Culture: Pengantar Menuju Teori Budaya Populer. Yogyakarta: Bentang Budaya.

Subiantoro, Ign, Heri. 2008. “Komposisi Tari Laku Kreatif Terhadap Penciptaan Tari Anakâ€, dalam Tari Anak-Anak dan Permasalahannya. Bandung: Sunan Ambu STSI Press.

Sumandiyo, Hadi Y. 2007.Kajian Tari: Teks dan Konteks. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.

_________ 1996.Aspek-aspek Dasar Koreografi Kelompok. Yogyakarta: Manthili.




DOI: http://dx.doi.org/10.26742/panggung.v23i1.86

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung Jurnal Panggung


 Jurnal ini terlisensi oleh Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Editor Office:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M)
Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung Gedung Rektorat Lantai 4
Jl. Buah Batu No. 212 Bandung 40116 
Email: penerbitan@isbi.ac.id or redaksi.panggung@gmail.com
Phone: 022 7314982 Fax: +022 7303021