Kombinasi Pendekatan Pembelajaran Musik Berkonsep Barat dan Kearifan Lokal Bagi Peserta PPL

Diah Latifah

Abstract


Kajian ini menganalisis model  pendekatan pembelajaran dengan konsep Barat dan Kearifan Lokal pada pembelajaran musik yang dilaksanakan oleh peserta Program Pengalaman Lapangan. Tujuan kajian adalah untuk mengetahui kekuatan pendekatan pembelajaran berkonsep Barat dan kearifan lokal untuk mempersiapkan calon guru musik berkompeten. Metode penelitian yang digunakan adalah Narratif Inquiry untuk menjelaskan berbagai kejadian yang diobservasi pada saat penelitian berlangsung. Hasil penelitian mengungkap, bahwa kombinasi pendekatan pembelajaran berbasis kearifan lokal  dan berkonsep Barat memiliki kekuatan untuk mengantarkan peserta Program Pengalaman Lapangan sebagai calon guru musik professional yang memiliki kompetensi mengajar musik dengan baik, serta soft skill saat melaksanakan implementasi pembelajaran. Hasil belajar musik yang dicapai siswa memberikan informasi yang signifikan. Siswa memiliki kompetensi musik yang baik disertai dengan kompetensi soft skill hasil dari proses belajar musik.

Kata kunci: Kombinasi Pendekatan Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal dan berkonsep Barat – Calon guru musik berkompeten

Full Text:

PDF

References


Diah Latifah

Implementasi Kurikuler Mata Pelajaran Seni Musik Berbasis Budaya Sunda. Al Mizan. Bandung: Media Universitas Pasundan. ISSN 0852-839X. Edisi No 149/Juni 2014.

M. Jazuli

Paradigma Kontekstual Pendidikan Seni. Surabaya: Unesa University Press

Ni Wyn Widiastuti, I G. A. Suhandana, N Dantes.

Studi Evaluasi Efektivitas Pelak-sanaan Praktik Pengalaman La-pangan (PPL) Mahasiswa Fakultas Pendidikan Olahraga Dan Kese-hatan (FPOK) IKIP PGRI Bali Tahun 2012. e-Journal Program Pasca-sarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Adminis-trasi Pendidikan (Volume 4 Tahun 2013)

Nuh, M,

Buku Guru Seni Budaya. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Sharan, Shlomo.

The Handbook Of Cooperative Learning. Yogyakarta: Familia

Slavin, Robert E.

Cooperatif Learning. Bandung: Nusa Media

Wina Sanjaya

Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Sumber lain:

Kährika, Pille, Äli Leijena,b,*, Tuulike Kivestua.

Developing music listening skills using active learning methods in secondary education. Procedia Social and Behavioral Sciences 45 (2012) 206 – 215. Doi 10.1016/j.sbspro. 2012.06.557. Available online at www.sciencedirect.com

Scott, Sheila.

Contemplating a Constructivist Stance for Active Learning within Music Education. Arts Education Policy Review, 112: 191–198, 2011. Copyright C _ Taylor & Francis Group, LLC ISSN: 1063-2913 print / 1940-4395 online DOI: 10.1080/10632913.2011.592469




DOI: http://dx.doi.org/10.26742/panggung.v25i2.9

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung Jurnal Panggung


 Jurnal ini terlisensi oleh Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Editor Office:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M)
Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung Gedung Rektorat Lantai 4
Jl. Buah Batu No. 212 Bandung 40116 
Email: penerbitan@isbi.ac.id or redaksi.panggung@gmail.com
Phone: 022 7314982 Fax: +022 7303021