Konsepsi Filosofis di Balik Musik Sholawat Campur ngaji
DOI:
https://doi.org/10.26742/panggung.v23i2.92Abstract
ABSTRACT
Â
The problems discussed in this study is philosophical conceptions behind the phenomenon of Cam purngaji Sholawat music. This research has been intended to reveal the ideas which is underlying the existence of the music and the spirit of the periferal Muslim community which is utilizing music as a symbol of its existence. Descriptive and analytical methods as well as interpretive methods are used to reveal and unravel the hidden conceptual thoughts. Philosophical conception in the form of practical assumption and working principle is useful as a performance benchmark of musical cre ativity. The understanding of the philosophical conception is useful to help any stakeholder to better understand the human intensity of a Muslim community through its musical culture expression.
Â
Keywords: philosophical conceptions, Campurngaji Sholawat music
Â
Â
ABSTRAK
Â
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah konsepsi filosofis di balik fenom- ena musik Sholawat Campurngaji. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengungkap ide-ide yang mendasari eksistensi musik dan semangat komunitas muslim pinggiran yang me- manfaatkan musik sebagai simbol eksistensi. Metode deskriptif analitik disertai metode interpretif digunakan untuk mengungkap dan mengurai pemikiran-pemikiran konseptual yang tersembunyi. Â Konsepsi filosofis yang berupa asumsi praktis dan prinsip berkarya bermanfaat sebagai acuan kinerja kreativitas bermusik. Pemahaman terhadap konsepsi filosofis itu berguna untuk membantu berbagai pihak untuk lebih memahami intensitas kemanusiaan suatu komunitas muslim melalui ekspresi budaya musiknya.
Â
Kata kunci: konsepsi filosofis, musik sholawat Campurngaji
Â
References
B. Setyono.
“Campursari: Nyanyian Hibrida dari Jawa Postkolonialâ€, dalam Identitas dan Postkolonialitas di In donesia. Yogyakarta: Kanisius.
B.A. Abdurahman.
Seni dalam Pandangan Islam. Jakar- ta: Gema Insani Press.
Becker, J.M.O.
“Traditional Music in Modern Javaâ€. Disertasi Ph. D., Michigan: University of Michigan.
Brinner, B.
Knowing Musik Making Music: Ja vanese Gamelan and the Theory of Musical Competence and Interac tion. Chicago & London: The Uni- versity of Chicago Press.
E.A. Nadjib.
“Persoalan-persoalan Rutin An- tara Kesenian dan Masyarakatâ€. Makalah Diskusi Antar Bidang,
Maret. Di STSI Surakarta.
Encarta Encyclopedia
“Arab Music,†Microsoft® EncarÂ
ta® 99 Encyclopedia. © 1993-1998
Microsoft Corporation. All rights reserved.
Gazalba, S.
Sistematika Filsafat: Pengantar Ke pada Dunia Filsafat, Teori Pengeta huan, Metafisika, Teori Nilai. Ce- takan Kedua. (Cetakan Pertama Tahun 1973). Jakarta: Bulan Bin- tang.
Gupta, K.C.
Aesthetics and Motivations in Arts and Science. New Delhi: Indira Gandhi National Centre for The Arts.
K. Hidayat.
Memahami Bahasa Agama Sebuah Kajian Hermeneutik. Jakarta: Para- madina.
Leech, G.
Semantik. Terjemahan dari Se mantics. Terbitan Penguin, 1974. Diterjemahkan oleh Paina Parta- na. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
M. Harris.
Cultural Materialism: The Struggle for a Science of Culture. New York: Random House.
Mulyana
Kajian Wacana: Teori, Metode dan Aplikasi PrinsipÂprinsip Analisis Wa cana. Yogyakarta: Tiara Wacana.
N. Mulder.
Pribadi dan Masyarakat di Jawa.
Sinar Harapan. Jakarta.
Ras, J.J.
Bunga Rampai Sastra Jawa Mutakhir. Judul Asli: “Javanese Literature since Independenceâ€.
Seri Terjemahan Javanologi. Ha-
sil Kerjasama Proyek Penelitian dan Pengkajian Kebudayaan Nusantara dengan Perwakilan Koninklijk Instituut voor Tal-, Land- en Volkenkunde. Jakarta: Grafitipers.
S. Hidayat.
“Kebudayaan dan Kesenian da- lam Perspektif Islamâ€. Shabran. Jurnal Media Pengkajian dan Dakwah Islam. IX/03. 5-7.
S. Poedjosoedarmo.
“Keadaan Bahasa-bahasa Dae- rahâ€. Yogyakarta: Seminar Baha- sa Daerah.
S.R. Panuntun.
Sekar Sumawut. Edisi V. Sukohar- jo-Surakarta: CV. Cendrawasih.
S.S. Negoro.
Upacara Tradisional dan Ritual
Jawa. Surakarta: CV. Buana Raya.
S. Sadi-Hutomo.
“Dialek Bahasa Jawa Sebagai Pe- ngungkap Kesusasteraan Jawa†dalam Konggres Bahasa Jawa (1991: Semarang). Proseding. Edisi Per- tama. Surakarta: Harapan Massa.
Sudjoko.
“Kebudayaan Massa†dalam PrisÂ
ma. No. 6. Jakarta: LP3ES.
T.H.M. Yahya Omar.
Hukum Seni Musik, Seni Suara dan Seni Tari dalam Islam. Cetakan ke-2 (Cetakan Pertama Th. 1964). Jakarta: Fa. Widjaya.
T.W. Bratawidjaja.
Upacara Tradisional Masyarakat Jawa. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
T.Y. Omar.
Hukum Seni Musik Seni Suara dan Seni Tari dalam Islam. Jakarta: Pe- nerbit Widjaya.
W.J.S. Poerwadarminta.
Baoesastra Djawa. Groningen, Batavia: J.B. Wolters’ Uit- gevers-Maatschappij.
Woolf, H. Ed.
Science as a Cultural Force. Balti- more: John Hopkins Press.
Y. Al-Qardlawy.
Fiqh Musik dan Lagu: Perspektif Al Qur’an dan AsÂSunnah. Judul Asli “Fiqh Al-Ghina wa al Musiqy fi Dhau-I Al-Qur’an wa As-Sun- nahâ€. Diterjemahkan oleh H. Achmad Fulex Bisyri, H. Awan Sumarna, H. Anwar Mushafa. Bandung: Mujahid Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (mis., Dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.