Nirmana Nada Bertautan: Alih Wahana Rupa menjadi Bunyi
DOI:
https://doi.org/10.26742/panggung.v23i2.96Abstract
ABSTRACT
Â
This musical composition is a medium change of nirmana fine art into sound. Nirmana is a basic composition of fine art which organizing visual language in a form of level, color, line, dot, and tex- ture. Nirmana means something not meaningful or meaningless. This composition work, therefore, does not mean to convey a message or story, but simply to compose the musical elements including rhythm, melody, and harmony. As the expression media, the composition uses Javanese gamelan combined with saxophone, violin, and cello. The gamelan here just acts as a vehicle or medium of expression. The conventional patterns of gamelan music play covering form, scales, and pathet are not used in this composition.
Â
Key words: nirmana, medium change
Â
Â
ABSTRAK
Â
Komposisi musik ini merupakan alih wahana dari seni rupa nirmana menjadi bunyi. Nir- mana merupakan komposisi dasar seni rupa yang mengorganisasikan bahasa rupa berupa bidang, warna, garis, titik dan tekstur. Nirmana artinya tidak berarti atau tidak bermakna. Dengan demikian karya komposisi ini tidak bermaksud menyampaikan pesan atau cerita, tetapi semata-mata menyusun unsur musik yang meliputi ritme, melodi dan harmoni. Se- bagai media ungkap, komposisi ini menggunakan gamelan Jawa yang digabung saxophone, biola dan cello. Gamelan di sini hanya perperan sebagai wahana atau media ekspresi. Atur- an bermain gamelan secara konvensional yang meliputi bentuk, tangga nada, dan pathet tidak digunakan dalam komposisi ini.
Â
Kata kunci: nirmana, alih wahana
Â
Â
References
A. M. Djelantik,
Pengantar Dasar llmu Estetika, Estetika Instrumental. Denpasar: STSI Press,.
Fajar Sidik dan Aming Prayitna.
(tt) Disain Elementer 1. Yogyakarta: Institut Seni Indonesia.
Hanggar Budi Prasetya
“Pathet: Ruang Bunyi dalam Karawitan Gaya Yogyakarta†dalam Panggung Jurnal Ilmiah
Suharto). Yogyakarta: Ikalasti.
Sri Djoharnurani
“Seni dan Intertekstualitas Se- buah Perspektif’, Pidato Ilmiah pada Dies Natalis XV Institut Seni Indonesia Yogyakarta, 23 Juli.
Sri Hastanto
“Karawitan: Serba-serbi Karya Ciptaannya†dalam SENI Jurnal Pengetahuan dan Penciptaan Seni, Vol 1/01, Mei.
Sumarsam
Martopangrawit.
Pengetahuan Karawitan II. Sura- karta: Akademi Seni Karawitan Indonesia.
Prier, Karl Edmund
llmu Bentuk Musik, Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi.
Sapardi Djoko Damono
Alih Wahana. Jakarta: Editum.
Suminto A. Sayuti
“Membangun dan Mencari Ru- ang Gaung dalam teks Artistikâ€, pemikiran ulang atas pointers yang disampaikan pada acara diskusi tari yang diselenggara- kan oleh Saraswati Dance Com- pany pada tanggai 13 Mei 2000 di Gedung Societet Yogyakarta.
Smith, Jacqueline
Komposisi Tari: Sebuah Petunjuk
Praktis Bagi Guru (terjemahan Ben
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (mis., Dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.