Perbandingan Kode Visual Pertunjukan Golek Sunda Tradisional dan Pertunjukan Golek Sunda dalam Media TV

Irfansyah -, Yasraf A. Piliang

Abstract


ABSTRACT

 

Wayang Golek is a Sundanese typical performing art that has grown on generations by the grip. The grip becomes a kind of rule or code in Wayang Golek show which govern all the constituent elements. Since the presence of Television, Wayang Golek is then performed through this media. However, since Wayang Golek is performed through Television, it represents significant differences with Wayang Golek traditional show. The differences are shown by the creation of stage design com- bined with digital technology and its various effects, such as zoom in/out, opening title, and even the broadcast interactive model. To understand the differences between Wayang Golek traditional show and on Television, the method which is used is the study of cause and effect or comparison (caus- al-comparative studies). The purpose of the study is to determine the changes of the visual elements in Wayang Golek show on Television. The result of the research shows that there are significant differences between Wayang Golek traditional show and on Television.

 

Keywords: Visual Code, Sundanese Golek Show

 

 

ABSTRAK

 

Kesenian Wayang Golek merupakan pertunjukan khas masyarakat Sunda yang telah ter­ bangun secara turun temurun berdasarkan pakem. Pakem menjadi semacam aturan main (kode) yang mengatur pertunjukan dan pembuatan Golek. Sejak munculnya media televisi, pertunjukan Wayang Golek pun kemudian dipentaskan melalui media ini. Akan tetapi, semenjak pertunjukan Wayang Golek dipentaskan dalam media televisi nyatanya mere­ presentasikan perbedaan yang signifikan dengan pertunjukan Wayang Golek tradisional. Perbedaan itu ditunjukkan dengan kreasi tata panggung yang dipadu dengan teknologi digital dan berbagai efeknya, seperti efek zoom in/out, munculnya opening title, hingga model interaktif siaran. Untuk memahami perbedaan antara pertunjukan Wayang Golek tradisional dengan pertunjukan Wayang Golek dalam media televisi, maka metode yang digunakan adalah metode studi perbandingan (comparative studies). Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh pemahaman terkait adanya perubahan unsur yang muncul pada pertunjukan Wayang Golek dalam media televisi. Hasil penelitian menun­ jukkan adanya perbedaan yang signifikan antara pertunjukan Wayang Golek tradisional dengan pertunjukan Wayang Golek dalam media Televisi.

 

Kata Kunci: Kode Visual, Pertunjukan Golek Sunda


Full Text:

PDF

References


Amaliya.

Wayang Golek Tergolek. Pikiran

Rakyat.

Atik Soepandi.

Pagelaran Wayang Golek Purwa Gaya Priangan. Bandung. Pustaka Buana.

Fiske, John.

Cultural Studies and Communi- cation Studies, Sebuah Pengantar Paling Komprehensif. Jalasutra.

Jajang Suryana.

Wayang Golek Sunda, Kaji­ an Estetika Rupa Tokoh Golek. Bandung. PT Kiblat Buku Utama.

Strinati, Dominic.

Popular Culture: Pengantar Menuju Teori Budaya Popular. Penerbit Jejak.

Http­wayangprabu.com­2011­02­02­kass­

rahwana­pejah­diunduh 22 sept 2011,

05

Http://www.youtube.com/watch?v=nU­ ClJLQh5qw, 10 maret 2012, 22.13




DOI: http://dx.doi.org/10.26742/panggung.v23i2.97

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung Jurnal Panggung


 Jurnal ini terlisensi oleh Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Editor Office:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M)
Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung Gedung Rektorat Lantai 4
Jl. Buah Batu No. 212 Bandung 40116 
Email: penerbitan@isbi.ac.id or redaksi.panggung@gmail.com
Phone: 022 7314982 Fax: +022 7303021