Budaya Tradisi Sebagai Identitas dan Basis Pengembangan Keramik Sitiwangun di Kabupaten Cirebon

Deni Yana, Reiza D Dienaputra, Agus S Suryadimulya, Yan Yan Sunarya

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi sentra kerajinan keramik Sitiwinangun di Kecamatan Jamblang Kabupaten Cirebon yang produknya saat ini semakin menurun baik secara kualitas maupun  kuantitas. Keadaan ini  merupakan hal yang ironis mengingat sentra tersebut memiliki potensi sumber daya alam, manusia dan budaya yang cukup kuat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan produk kerajinan keramik    Sitiwinangun melalui pemanfaatan  budaya tradisi lokal sebagai penguatan identitas dan basis pengembangan produknya. Penelitian ini menggunakan pendekatan budaya dan estetika melalui teori morfologi estetik dan metode ATUMICS dengan tahapan identifikasi, analisis, pengembangan desain, aplikasi desain dan evaluasi. Hasil dari penelitian ini berupa produk keramik yang lebih modern dalam bentuk karya seni, hias dan fungsi dengan identitas budaya tradisi lokal Cirebon. Budaya tradisi dalam konteks  konservasi dan revitalisasi kerajinan keramik secara umum dapat menjadi alternatif sebagai basis pengembangan dan penguatan identitas lokal produknya.

Kata kunci : budaya, cirebon,keramik, sitiwinangun, tradisi.

 


Full Text:

PDF DOWNLOAD

References


Daftar Pustaka

Basyari, Iin W. (2013). Menanamkan Identitas

Kebangsaan Melalui Pendidikan

Berbasis Nilai-Nilai Budaya Lokal.

Edunomic., 1 (2), 112-118.

Bratamenggala, Ratija. 2016. Rencana

Pembangunan Jangka Menengah

(RPJM) Desa Sitiwinangun Kecamatan

Jamblang Kabupaten Cirebon Tahun

-2021. Cirebon: Desa Sitiwinangun.

Chamidah, Nurul. (2019). Peranan Pentahelix

Pemangku Kepentingan Pariwisata

dalam Pengembangan Desa Wisata di

Kabupaten Cirebon. Disertasi Doktor

Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.

Dinartisti, Paulina. (2013). Mati Surinya

Gerabah Sitiwinangun. Dalam I.P.

Sidhi,

I.W. Burhan, R. Kustiasih, Saptono, Hariadi

(Ed.), Warisan Budaya Wangsa Derbon-

Dermayu. Jakarta: Bentara Budaya.

Direktorat Jenderal Industri Kecil dan

Menengah. 2014. Profil Investasi IKM

Gerabah dan Keramik Hias Industri

Kecil yang Mampu Bertahan dalam

Krisis Ekonomi Global. Jakarta:

Kementerian Perindusrtian.

Faizkasmy. 2016. Batik Keraton Cirebon #1-

Wadasan. Retrivied Desember 1, 2019,

from https ://kepulauanbatik.com

Frank dan Hamer, Janet. 1986. The Potter’s

Dictionary of Materials and Techniques.

New York: A & C Black.

Haryati. (2013). Televisi Lokal dalam

Representasi Identitas Budaya.

Observasi, 11 (1), 1-22.

Irfan, Darsono, SP. Gustami, Guntur. (2019).

Keramik Takalar 1981-2010: Ragam

Bentuk dan Perubahan. Panggung, 29

(1), 72-87.

Laili, Khomisatul. (2007). Pengaruh Terapan

Islam terhadap Gerabah Tradisional Desa Sitiwinangun Cirebon. Skripsi,

ITB: Bandung.

Maran, Rafael Raga. (2000). Manusia &

Kebudayaan Dalam Persfektif Ilmu

Budaya Dasar.

Jakarta: Rineka Cipta.

Munro, Thomas. (1970). Form and Style In

The Arts: An Introduction To Aesthetic

Morphology,

Ohio: Press of Case Western Reserve

University.

Nugraha, Adhi. (2012). Transforming

Tradition A Methode for Maintaining

Tradition in a Craft

and Design Contex. Finlandia: Alto

University.

Rhodes, Daniel. (2000). Clay and Glazes for

The Potter. Iola : Krause Publications.

Riyanto, Hendrawan. (2000). Seni Terakota

Indonesia Kini. Dalam Sugondo, S.,

S.C.

Wibisono, Heriyanti O. Untoro, Wiwin Djuwita

Ramelan, Wiyoso Yudoseputo, E.S.

Hardiati (Ed.), 3000 Tahun Terakota

Indonesia, Jejak Tanah dan Api. Jakarta:

Museum Nasional Indonesia.

Sriwardani, Nani, dkk. (2014). Standardisasi

Desain Bentuk dan Ukuran Keramik

Hias Plered untuk Elemen Interior.

Prosiding Seminar Nasional Nilai dan

Makna Seni : Tradisional, Industri

Kreatif dan Budaya Urban di Era

Globalisasi, Bandung : 19 – 20 Maret

Hal. 69 – 74.

Sudiati, N. (2012). Keramik Singkawang

Kalimantan Barat, Kajian aspek

Estetika.

Disertasi Doktor Universitas Gajah Mada,

Yogyakarta.

Sukria Fimahatmadja. (2005). Proses

Perwujudan Karya Seni Rupa dalam

Membangun Relasi

Antar Individu dengan Kasus Karya Gerabah

Tradisi di Beberapa Daerah di Pulau

Jawa. Disertasi Doktor ITB, Bandung.

Sumardjo, Jakob. 2000. Filsafat Seni. Bandung:

ITB.

Wagiono. (2009). Tinjauan Kritis Peran

Pendidikan Tinggi Seni Dalam

Pengembangan Industri Kreatif di

Indonesia. Panggung, 20 (3), 295-304.

Yana, Deni. (2014). Potensi Kerajinan Keramik

dalam Seni Tradisi Pertunjukan

Indonesia. Panggung, 24 (4), 351-363.

---------------. (2014). Analisis Selera Estetik

Konsumen Lokal pada Produk

Kerajinan Keramik Hias

Plered Kabupaten Purwakarta. Prosiding

Seminar Nasional Nilai dan Makna

Seni : Tradisional, Industri Kreatif

dan Budaya Urban di Era Globalisasi,

Bandung : 19 – 20 Maret 2015. Hal. 186

– 190.

---------------. (2017). Budaya Gerabah sebagai

Media Penyebaran Islam di Jawa

Barat. Prosiding 1st Asia International

Confrence of Art & Design, Bandung :

Oktober 2017. Hal. 234- 238.

---------------. (2019). Transformasi Estetik

Patung Keramik Tradisional sebagai

Penguatan Desa Wisata Gerabah

Sitiwinangun di Kabupaten Cirebon.

Laporan Penelitian DIPA Institut Seni

Budaya Indonesia (ISBI) Bandung:

Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.26742/panggung.v30i2.1045

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung Jurnal Panggung


 Jurnal ini terlisensi oleh Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Editor Office:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M)
Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung Gedung Rektorat Lantai 4
Jl. Buah Batu No. 212 Bandung 40116 
Email: penerbitan@isbi.ac.id or redaksi.panggung@gmail.com
Phone: 022 7314982 Fax: +022 7303021