Kajian Psikologi Individual Dalam Penggambaran Tokoh Drama Mainan Gelas Karya Tennessee Williams
DOI:
https://doi.org/10.26742/panggung.v24i1.109Abstract
ABSTRACT
Â
Manuscript ’Mainan Gelas’ by ThomasLanier ‘Tennessee’ Williams, tells about the life of a fa- mily conflict experienced by each character. Analysis method for the depiction of the character using the concepts of individual psychology of Alfred Adler. Concepts that will be used include feelings inferiorita, superiorita, final destination, lifestyle, and safeguarding. Adler has always emphasized family discussion, developed the theory of birth order, heredity, environment and individual creativ- ity will determine an individual’s personality. Through this analysis, it can be clearly perceived the correlation between theater arts and psychology.
Â
Keywords: Manuscript of ‘Mainan Gelas’, Individual Psychology
Â
Â
ABSTRAK
Â
Naskah mainan gelas karya Thomas Lanier ‘Tennessee’ Williams, menceritakan tentang kehidupan sebuah keluarga dengan konflik yang dialami oleh masing-masing tokohnya. Metode analisa untuk penggambaran tokoh tersebut menggunakan konsep psikologi indi- vidual dari Alfred Adler. Konsep yang digunakan di antaranya perasaan inferiorita, superi- orita, tujuan final, dan gaya hidup. Adler selalu menekankan bahasan keluarga, mengem- bangkan teori urutan lahir, keturunan, lingkungan, dan kreativitas individual sangat menentukan kepribadian individu. Melalui analisa ini sangat terlihat titik temu antara seni teater dan psikologi.
Â
Kata kunci: Naskah Mainan Gelas, Psikologi Individual
References
Alwisol
Psikologi Kepribadian. Malang: UMM
press.
Boeree, C.G.
Personality Theories. Yogyakarta: Pris- masophie.
Chaplin, J.P.
Kamus Lengkap Psikologi. [s.l]: [s.n]
Feist, J.
Theories of Personality. Edisi keenam.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Hurlock, E.B.
Psikologi Perkembangan: Suatu Pende- katan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga
L. Rosidah
Konsep Garap pemeranan Peran A-
rini dalam Lakon Mainan gelas kar-
ya Tennessee Williams Terjemahan
Jim Adilimas dan Suyatna Anirun.
Tugas. Bandung: ASTI.
N.K. Ratna
Metodologi Penelitian. Kajian Budaya dan Ilmu Sosial Humaniora Pada Umum nya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
RMA. Harymawan
Dramaturgi. Bandung: Remaja Ros- dakarya.
S. Santoso
Teori-Teori Psikologi Sosial. Bandung: Refika Aditama
Yudiaryani
Panggung Teater Dunia. Yogyakarta:
Pustaka Gondho Suli.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (mis., Dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.