Interaktivitas Ilustrasi pada Ruang Belajar Siswa SD Kelas 1 – 3 di Bali
DOI:
https://doi.org/10.26742/panggung.v30i4.1373Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi fenomena interaktivitas ilustrasi sebagai rangsang visual
pada ruang belajar dalam upaya menumbuhkan motivasi belajar siswa Sekolah Dasar
kelas 1 – 3. Penelitian ini bertujuan memahami ‘value’ sebuah ilustrasi yang berperan dalam
upaya meningkatkan motivasi belajar siswa. Analisis kualitatif dengan metode prosedural
ini diawali dengan mengumpulkan data melalui observasi terhadap siswa yang diberikan
perlakuan menggambar bebas sesuai dengan keinginannya masing–masing. Hasil penelitian
menyatakan bahwa Siswa kelas 1 – 3 memiliki kecenderungan menggambar tema alam dan
lingkungan rumah tempat tinggal. Sedikit siswa yang tertarik untuk memisualisasikan sebuah
ilustrasi yang bersifat tematik sesuai dengan konten pelajaran saat penelitian dilakukan.
Proses mengekspresikan ilustrasinya yang terkesan dipolakan sesuai ‘memorable experience’,
jika diinstruksikan menggambar maka secara ‘otomatis’ mereka cenderung menggambar
seperti contoh atau pengalaman sebelumnya yang diberikan oleh guru atau sumber lainnya.
Menumbuhkan kreativitas diri untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, dibutuhkan ruang
belajar yang ekspresif dalam keterlibatan ilustrasi.
Kata Kunci: Interaksi Visual, Ilustrasi, Siswa SD, Bali
References
Alin Novandini dan Ayi Budi Santosa
Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, &
Purwanto, N. A. (2017). Pengembangan
Nilai - Nilai Karakter Anak Usia Dini
Melalui Pembiasaan Dan Keteladanan.
Pendidikan Anak, 6 (2), 203 - 213.
Fibrianie, E., & Cahyadi, D. (2017). Identification
of Design and Development Needs for
Preschool-aged Children’s Educational
Bags. Panggung, 27 (4), 344 - 352.
Fisher, A. V., Godwin, K. E., & Seltman, H.
(21 May 2014). Visual Environment,
Attention Allocation and Learning in
Young Children : When Too Much of a
Good Thing May Be Bad. Psychological
Science, 1362.
Gilang, L., Sihombing, R. M., & Sari, N. (2017,
Oktober). Kesesuaian Konteks Dan
Ilustrasi Pada Buku Bergambar Untuk
Mendidik Karakter Anak Usia Dini.
Pendidikan Karakter, 7 (2), 158 - 169.
Gilang, L., Sihombing, R. M., & Sari, N. (2018,
Januari). Kesesuaian Konteks Dan
Ilustrasi Pada Buku Bergambar Untuk
Mendidik Karakter Anak Usia Dini.
Scholaria : Jurnal Pendidikan dan
Kebudayaan, 8 (1), 41 - 50.
Hidayat, A. A. (2005). Pengantar Ilmu
Keperawatan Anak. Jakarta: Salemba
Medika.
Hoffman, J. (2014, June 9). The New York Times.
Retrieved Agustus 8, 2019, from https://
well.blogs.nytimes.com/2014/06/09/
rethinking-the-colorful-kindergartenclassroom/
Julianto, I. N. (2016). Keterlibatan Simbol
Tradisi Sebagai Stimulus Bagi Anak
- anak Dalam Proses Mempelajari
Budaya Bali. SOSIOHUMANIKA, 9 (2),
- 268.
Julianto, I. N. (2016). Nilai Interaksi Simbol
Tradisi Dalam Wujud Pelinggih Pada
Ruang Publik. Panggung, 26 (1), 25 - 34.
Latipun. (2004). Psikologi Eksperimen.
Malang: UMM Press.
Lickona, T. (2007). Principles of Effective
Character Education. Washington:
Character Education Partnership
Publishing.
Lucien Hanssen, N. W. (1996). “Interactivity
from Perspective of Communication
Studies”, in Contours of Multimedia.
(N. W. Lucien Hanssen, Ed.) John
Libbey Media.
Massey, J. (2017). How to Illustrate a Children’s
Book. Retrieved Agustus 28, 2019, from
Artist and Illustrator: https://www.
artistsandillustrators.co.uk
Moleong, L. J. (2005). Metodologi Penelitian
Kualitatif. Bandung: Remaja
Rosdakarya.
Piaget, J. (2010). Psikologi Anak. Yogyakarta:
Pustaka Pelajar.
Pile, J. F. (1998). Color in Interior Design.
New York, United States: McGraw-Hill
Education.
Pile, J. F. (2003). Interior Design (Third Edition).
New Jersey: Pearson Education Upper
Saddle River.
Ruggiero, Thomas E. (2000). Uses and
Gratifications Theory in the 21st
Century. Mass Communication &
Society, 3 (1), 3 - 37.
Santrock, W. J. (2008). Educational Psychology.
USA : McGraw-Hill
Severin, W. J., & Tankard, J. W. (2009). Teori
Komunikasi Sejarah, Metode dan
Terapan. Jakarta: Kencana Prenada
Media Group.
Supandi. (1992). Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan Jasmani dan Kesehatan.
Jakarta: Departemen Pendidikan dan
Kebudayaan.
Supandi. (1992). Teori Belajar Motorik.
Bandung: FPOK.
Suparno, P. (2010). Filsafat Konstruktivisme
Dalam Pendidikan. Yogyakarta:
Kanisius.
Walker, S. (2012). Describing The Design
of Children Books: An Analytical
Approach. Arts and Humanities
Journal, 46 (3), 180 - 199.
Winataputra, U. S. (2003). Strategi Belajar
Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (mis., Dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.