Interaktivitas Ilustrasi pada Ruang Belajar Siswa SD Kelas 1 3 di Bali
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi fenomena interaktivitas ilustrasi sebagai rangsang visual
pada ruang belajar dalam upaya menumbuhkan motivasi belajar siswa Sekolah Dasar
kelas 1 3. Penelitian ini bertujuan memahami value sebuah ilustrasi yang berperan dalam
upaya meningkatkan motivasi belajar siswa. Analisis kualitatif dengan metode prosedural
ini diawali dengan mengumpulkan data melalui observasi terhadap siswa yang diberikan
perlakuan menggambar bebas sesuai dengan keinginannya masingmasing. Hasil penelitian
menyatakan bahwa Siswa kelas 1 3 memiliki kecenderungan menggambar tema alam dan
lingkungan rumah tempat tinggal. Sedikit siswa yang tertarik untuk memisualisasikan sebuah
ilustrasi yang bersifat tematik sesuai dengan konten pelajaran saat penelitian dilakukan.
Proses mengekspresikan ilustrasinya yang terkesan dipolakan sesuai memorable experience,
jika diinstruksikan menggambar maka secara otomatis mereka cenderung menggambar
seperti contoh atau pengalaman sebelumnya yang diberikan oleh guru atau sumber lainnya.
Menumbuhkan kreativitas diri untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, dibutuhkan ruang
belajar yang ekspresif dalam keterlibatan ilustrasi.
Kata Kunci: Interaksi Visual, Ilustrasi, Siswa SD, Bali
Full Text:
PDFReferences
Alin Novandini dan Ayi Budi Santosa
Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, &
Purwanto, N. A. (2017). Pengembangan
Nilai - Nilai Karakter Anak Usia Dini
Melalui Pembiasaan Dan Keteladanan.
Pendidikan Anak, 6 (2), 203 - 213.
Fibrianie, E., & Cahyadi, D. (2017). Identification
of Design and Development Needs for
Preschool-aged Childrens Educational
Bags. Panggung, 27 (4), 344 - 352.
Fisher, A. V., Godwin, K. E., & Seltman, H.
(21 May 2014). Visual Environment,
Attention Allocation and Learning in
Young Children : When Too Much of a
Good Thing May Be Bad. Psychological
Science, 1362.
Gilang, L., Sihombing, R. M., & Sari, N. (2017,
Oktober). Kesesuaian Konteks Dan
Ilustrasi Pada Buku Bergambar Untuk
Mendidik Karakter Anak Usia Dini.
Pendidikan Karakter, 7 (2), 158 - 169.
Gilang, L., Sihombing, R. M., & Sari, N. (2018,
Januari). Kesesuaian Konteks Dan
Ilustrasi Pada Buku Bergambar Untuk
Mendidik Karakter Anak Usia Dini.
Scholaria : Jurnal Pendidikan dan
Kebudayaan, 8 (1), 41 - 50.
Hidayat, A. A. (2005). Pengantar Ilmu
Keperawatan Anak. Jakarta: Salemba
Medika.
Hoffman, J. (2014, June 9). The New York Times.
Retrieved Agustus 8, 2019, from https://
well.blogs.nytimes.com/2014/06/09/
rethinking-the-colorful-kindergartenclassroom/
Julianto, I. N. (2016). Keterlibatan Simbol
Tradisi Sebagai Stimulus Bagi Anak
- anak Dalam Proses Mempelajari
Budaya Bali. SOSIOHUMANIKA, 9 (2),
- 268.
Julianto, I. N. (2016). Nilai Interaksi Simbol
Tradisi Dalam Wujud Pelinggih Pada
Ruang Publik. Panggung, 26 (1), 25 - 34.
Latipun. (2004). Psikologi Eksperimen.
Malang: UMM Press.
Lickona, T. (2007). Principles of Effective
Character Education. Washington:
Character Education Partnership
Publishing.
Lucien Hanssen, N. W. (1996). Interactivity
from Perspective of Communication
Studies, in Contours of Multimedia.
(N. W. Lucien Hanssen, Ed.) John
Libbey Media.
Massey, J. (2017). How to Illustrate a Childrens
Book. Retrieved Agustus 28, 2019, from
Artist and Illustrator: https://www.
artistsandillustrators.co.uk
Moleong, L. J. (2005). Metodologi Penelitian
Kualitatif. Bandung: Remaja
Rosdakarya.
Piaget, J. (2010). Psikologi Anak. Yogyakarta:
Pustaka Pelajar.
Pile, J. F. (1998). Color in Interior Design.
New York, United States: McGraw-Hill
Education.
Pile, J. F. (2003). Interior Design (Third Edition).
New Jersey: Pearson Education Upper
Saddle River.
Ruggiero, Thomas E. (2000). Uses and
Gratifications Theory in the 21st
Century. Mass Communication &
Society, 3 (1), 3 - 37.
Santrock, W. J. (2008). Educational Psychology.
USA : McGraw-Hill
Severin, W. J., & Tankard, J. W. (2009). Teori
Komunikasi Sejarah, Metode dan
Terapan. Jakarta: Kencana Prenada
Media Group.
Supandi. (1992). Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan Jasmani dan Kesehatan.
Jakarta: Departemen Pendidikan dan
Kebudayaan.
Supandi. (1992). Teori Belajar Motorik.
Bandung: FPOK.
Suparno, P. (2010). Filsafat Konstruktivisme
Dalam Pendidikan. Yogyakarta:
Kanisius.
Walker, S. (2012). Describing The Design
of Children Books: An Analytical
Approach. Arts and Humanities
Journal, 46 (3), 180 - 199.
Winataputra, U. S. (2003). Strategi Belajar
Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka.
DOI: http://dx.doi.org/10.26742/panggung.v30i4.1373
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Statistik Pengunjung Jurnal Panggung
Jurnal ini terlisensi oleh Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Editor Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M)
Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung Gedung Rektorat Lantai 4
Jl. Buah Batu No. 212 Bandung 40116
Email: penerbitan@isbi.ac.id or redaksi.panggung@gmail.com
Phone: 022 7314982 Fax: +022 7303021