Interaktivitas Ilustrasi pada Ruang Belajar Siswa SD Kelas 1 – 3 di Bali

I Nyoman Larry Julianto, I Wayan Agus Eka Cahyadi

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi fenomena interaktivitas ilustrasi sebagai rangsang visual
pada ruang belajar dalam upaya menumbuhkan motivasi belajar siswa Sekolah Dasar
kelas 1 – 3. Penelitian ini bertujuan memahami ‘value’ sebuah ilustrasi yang berperan dalam
upaya meningkatkan motivasi belajar siswa. Analisis kualitatif dengan metode prosedural
ini diawali dengan mengumpulkan data melalui observasi terhadap siswa yang diberikan
perlakuan menggambar bebas sesuai dengan keinginannya masing–masing. Hasil penelitian
menyatakan bahwa Siswa kelas 1 – 3 memiliki kecenderungan menggambar tema alam dan
lingkungan rumah tempat tinggal. Sedikit siswa yang tertarik untuk memisualisasikan sebuah
ilustrasi yang bersifat tematik sesuai dengan konten pelajaran saat penelitian dilakukan.
Proses mengekspresikan ilustrasinya yang terkesan dipolakan sesuai ‘memorable experience’,
jika diinstruksikan menggambar maka secara ‘otomatis’ mereka cenderung menggambar
seperti contoh atau pengalaman sebelumnya yang diberikan oleh guru atau sumber lainnya.
Menumbuhkan kreativitas diri untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, dibutuhkan ruang
belajar yang ekspresif dalam keterlibatan ilustrasi.
Kata Kunci: Interaksi Visual, Ilustrasi, Siswa SD, Bali


Full Text:

PDF

References


Alin Novandini dan Ayi Budi Santosa

Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, &

Purwanto, N. A. (2017). Pengembangan

Nilai - Nilai Karakter Anak Usia Dini

Melalui Pembiasaan Dan Keteladanan.

Pendidikan Anak, 6 (2), 203 - 213.

Fibrianie, E., & Cahyadi, D. (2017). Identification

of Design and Development Needs for

Preschool-aged Children’s Educational

Bags. Panggung, 27 (4), 344 - 352.

Fisher, A. V., Godwin, K. E., & Seltman, H.

(21 May 2014). Visual Environment,

Attention Allocation and Learning in

Young Children : When Too Much of a

Good Thing May Be Bad. Psychological

Science, 1362.

Gilang, L., Sihombing, R. M., & Sari, N. (2017,

Oktober). Kesesuaian Konteks Dan

Ilustrasi Pada Buku Bergambar Untuk

Mendidik Karakter Anak Usia Dini.

Pendidikan Karakter, 7 (2), 158 - 169.

Gilang, L., Sihombing, R. M., & Sari, N. (2018,

Januari). Kesesuaian Konteks Dan

Ilustrasi Pada Buku Bergambar Untuk

Mendidik Karakter Anak Usia Dini.

Scholaria : Jurnal Pendidikan dan

Kebudayaan, 8 (1), 41 - 50.

Hidayat, A. A. (2005). Pengantar Ilmu

Keperawatan Anak. Jakarta: Salemba

Medika.

Hoffman, J. (2014, June 9). The New York Times.

Retrieved Agustus 8, 2019, from https://

well.blogs.nytimes.com/2014/06/09/

rethinking-the-colorful-kindergartenclassroom/

Julianto, I. N. (2016). Keterlibatan Simbol

Tradisi Sebagai Stimulus Bagi Anak

- anak Dalam Proses Mempelajari

Budaya Bali. SOSIOHUMANIKA, 9 (2),

- 268.

Julianto, I. N. (2016). Nilai Interaksi Simbol

Tradisi Dalam Wujud Pelinggih Pada

Ruang Publik. Panggung, 26 (1), 25 - 34.

Latipun. (2004). Psikologi Eksperimen.

Malang: UMM Press.

Lickona, T. (2007). Principles of Effective

Character Education. Washington:

Character Education Partnership

Publishing.

Lucien Hanssen, N. W. (1996). “Interactivity

from Perspective of Communication

Studies”, in Contours of Multimedia.

(N. W. Lucien Hanssen, Ed.) John

Libbey Media.

Massey, J. (2017). How to Illustrate a Children’s

Book. Retrieved Agustus 28, 2019, from

Artist and Illustrator: https://www.

artistsandillustrators.co.uk

Moleong, L. J. (2005). Metodologi Penelitian

Kualitatif. Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Piaget, J. (2010). Psikologi Anak. Yogyakarta:

Pustaka Pelajar.

Pile, J. F. (1998). Color in Interior Design.

New York, United States: McGraw-Hill

Education.

Pile, J. F. (2003). Interior Design (Third Edition).

New Jersey: Pearson Education Upper

Saddle River.

Ruggiero, Thomas E. (2000). Uses and

Gratifications Theory in the 21st

Century. Mass Communication &

Society, 3 (1), 3 - 37.

Santrock, W. J. (2008). Educational Psychology.

USA : McGraw-Hill

Severin, W. J., & Tankard, J. W. (2009). Teori

Komunikasi Sejarah, Metode dan

Terapan. Jakarta: Kencana Prenada

Media Group.

Supandi. (1992). Strategi Belajar Mengajar

Pendidikan Jasmani dan Kesehatan.

Jakarta: Departemen Pendidikan dan

Kebudayaan.

Supandi. (1992). Teori Belajar Motorik.

Bandung: FPOK.

Suparno, P. (2010). Filsafat Konstruktivisme

Dalam Pendidikan. Yogyakarta:

Kanisius.

Walker, S. (2012). Describing The Design

of Children Books: An Analytical

Approach. Arts and Humanities

Journal, 46 (3), 180 - 199.

Winataputra, U. S. (2003). Strategi Belajar

Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka.




DOI: http://dx.doi.org/10.26742/panggung.v30i4.1373

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung Jurnal Panggung


 Jurnal ini terlisensi oleh Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Editor Office:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M)
Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung Gedung Rektorat Lantai 4
Jl. Buah Batu No. 212 Bandung 40116 
Email: penerbitan@isbi.ac.id or redaksi.panggung@gmail.com
Phone: 022 7314982 Fax: +022 7303021