Bentuk dan Konsep Estetik Musik Tradisional Bali

I Gede Arya Sugiartha

Abstract


Penelitian ini mengkaji dua elemen penting dalam musik tradisional Bali, yaitu bentuk dan konsep-konsep estetiknya. Bentuk dan konsep estetik akan memberikan identitas sebuah aktu- alitas musik sehingga dapat dibedakan dari yang lainnya. Selain itu melalui bentuk dan kon- sep-konsep estetik musik tertentu, kita dapat mengenal atau membaca unsur-unsur penting dari kebudayaan masyarakat pemiliknya. Musik tradisional Bali memiliki dua bentuk, yaitu ar- sitektonik yang sifatnya intelektualistik atau absolut dan simbolik yang sifatnya instingtif atau relatif. Kedua bentuk ini dapat dicermati dari lima hal, yaitu sumber bunyi (instrumentasi), musikalitas, ekspresi musikal, dan tata penyajiannya. Konsep keindahan musik tradisional Bali dapat diamati secara ilmiawi (science) yaitu menilai keindahan dengan perhitungan logis me- lalui standar-standar estetik yang telah ada dan melalui unsur filsafat tentang keindahan me- nyangkut berbagai wawasan keindahan yang dipersepsi oleh manusia. Memahami bentuk dan konsep-konsep estetik adalah awal yang sangat baik dan akan menuntun seseorang yang ingin belajar tentang musik tradisional Bali.

Untuk mengkaji bentuk dan konsep-konsep tersebut menggunakan teori bentuk estetis dengan metode kualitatif yang dibantu oleh data kualitatif. Hasil kajian ini menunjukkan bah- wa konsep estetik musik tradisional Bali dapat diamati yaitu adanya dua kekuatan oposisi yang mesti dipadukan untuk memenuhi unsur keindahan, seperti misalnya konsep lanang-wadon, polos-sangsih, pengumbang-pengisep, pesu-mulih, dan mebasang-metundun (asimetric balance) yaitu keseimbangan yang tidak simetris, namun hasil perpaduan keduanya adalah sebuah keindah- an. Begitu juga ada tiga unsur utama yang menentukan mutu karya seni, yaitu keutuhan, keru- mitan, dan kekuatan.

 

Kata kunci: Musik tradisional Bali, bentuk dan konsep estetik


Full Text:

PDF

References


A.A. Made Djelantik

Pengantar Ilmu Estetika Jilid II. Den- pasar: Sekolah Tinggi Seni Indonesia.

Anh, To Thi

Nilai Budaya Timur dan Barat: Konflik atau Harmoni. Jakarta: PT Gramedia.

Covarrubias, Miguel

Island Of Bali. Kuala Lumpur: Oxford

University Press.

Dickie, George

Aesthetics An Introduction. Pegasus, Bobbs-Merriil Educational Publish- ing Indianapolis.

Djohan

Psikologi Musik. Yogyakarta: Buku

Baik.

Harnish, David

“The World of Music Composition in Bali†dalam Journal Musicological

Research Vol. 20, pp. 1-40. Malaysia:

Overseas Publisher Assocoation.

Holt, Claire

Art in Indonesia Continuities and Change.

Ithaca New York: Cornell University

Press.

Hood, Mantle

The Ethnomusicologist. The Kent State

University Press.

I.B. Mantra

Bali: Masalah Sosial Budaya dan Mo- dernisasi. Denpasar: PT Upada Sastra.

I Gede Arya Sugiartha

Gamelan Pegambuhan â€Tambang Emas†Karawitan Bali. Denpasar: Sari Kahy- angan.

---------------,

â€Pergulatan Ideologi Dalam Pencip- taan Musik Baliâ€, Makalah Seminar Nasional Fakultas Seni Pertunjukan ISI Denpasar, 7 Nopember 2014.

I Ketut Donder

Esensi Bunyi Gamelan dalam Prosesi

Ritual Hindu. Surabaya: Paramita.

I Made Bandem

Prakempa Sebuah Lontar Gambelan Bali.

Denpasar: Akademi Seni Tari Indonesia.

---------------,

Gamelan Bali di Atas Panggung Sejarah.

Denpasar: BP STIKOM Bali.

James Danandjaja

Folklor Indonesia. Jakarta: Grafiti.

Langer, Suzanne K

Problematika Seni, Terj. Fx. Widaryan- to, Bandung: Akademi Seni Tari In- donesia.

Lindsay, Jennifer

Klasik, Kitsch, Kontemporer. Yogyakar- ta: Gadjah Mada University Press.

Mack, Dieter

Ilmu Melodi. Yogyakarta: Pusat Musik

Liturgi.

McPhee, Colin

Music In Bali A Study in Form and In- strumental Organization in Orchestral Music. New Haven and London: Yale University Press.

Merriam, Alan P

The Anthropology Of Music. North western: University Press.

Muhammad Syafiq

Ensiklopedi Musik Klasik. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.

Pande Made Sukerta

Gong kebyar Buleleng: Perubahan dan Keberlanjutan Tradisi Gong kebyar. Su- rakarta: Program Pascasarjana beker- ja sama dengan ISI Surakarta Press.

Read, Herbert

Pengertian Seni. Yogyakarta: Saku

Dayar Sana.

Soedarsono

â€Hand Out Pengantar Sejarah Seni†(diktat mata kuliah). Yogyakarta: Pro- gram Pascasarjana Universitas Ga- djah Mada.

Sp. Soedarso

Tinjauan Seni: Sebuah Pengantar untuk Apresiasi Seni. Yogyakarta: Saku Da- yar Sana.

Tenzer, Michael

Balinese Music. Berkeley: Periplus

Edition.

Toth, Andrew

“Selera yang Selaras: Pepatutan Gong Ditinjau dari Segi Akustika dan Estetikaâ€, dalam Jurnal Mudra. Denpasar: Sekolah Tinggi Seni Indo- nesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.26742/panggung.v25i1.14

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung Jurnal Panggung


 Jurnal ini terlisensi oleh Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Editor Office:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M)
Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung Gedung Rektorat Lantai 4
Jl. Buah Batu No. 212 Bandung 40116 
Email: penerbitan@isbi.ac.id or redaksi.panggung@gmail.com
Phone: 022 7314982 Fax: +022 7303021