Wayang dalam Tari Sunda Gaya Priangan

Iyus Rusliana

Abstract


ABSTRACT

 

This paper is a study on the potential  of puppet (wayang)  in the scope of Sundanese  culture of  Priangan subculture,  especially  dance.  Formerly  the term  of wayang  means  to call dolls made of wood which  are  played  by a puppeteer (dalang)  in a performance  of puppetry  art or to tell  the story  of its performance,  and  it is also directly  to call the art of Wayang   Golek puppetry. Later, the potential  of wayang affects strongly  to the various  aspects of life which are related  to belief and art, including  to Sundanese  dance of Priangan style. Since  wayang con- sists of religious sense which is implied in the story, thus wayang in Sundanese  dance of Priangan style is not  separated from the mission  or moral  value to the guidance  of life. The emerge of Wayang Wong Priangan  revealed as a dance drama with dialogue carrying  the story of wayang in complete or partly,  and there are always,  conflicts  between the evil wayang  characters  and the ones who extinguish  the evils.

 

Keywords: Priangan subculture, Wayang Dance, Priangan style

 

 

 

ABSTRAK

 

Tulisan ini merupakan kajian terhadap potensi wayang dalam lingkup budaya Sunda subkultur Priangan, khususnya seni tari. Awalnya kata wayang diartikan untuk menyebut boneka dari kayu yang dimainkan dalang dalam pertunjukan seni pedalangan atau untuk menunjukkan ceritanya dalam pertunjukan seni padalangan, dan juga bisa secara langsung untuk menyebut seni padalangan Wayang Golek. Selanjutnya potensi wayang ini berpengaruh kuat ke dalam beberapa aspek kehidupan yang berbau kepercayaan dan juga kesenian, termasuk ke tari Sunda gaya Priangan. Karena wayang mengandung makna religius yang tersirat dalam isi ceritanya, maka wayang dalam tari Sunda gaya Priangan tidaklah lepas dari misi atau pesan moral ke arah tuntunan hidup. Lahirnya Wayang Wong Priangan, terungkap sebagai bentuk dramatari berdialog dengan membawakan cerita wayang secara utuh atau sebagian, dan senantiasa adanya pertentangan antara tokoh wayang yang jahat dengan yang menumpas kejahatan.

 

Kata kunci: subkultur Priangan, Tari Wayang, gaya Priangan


Full Text:

PDF

References


Atja dan Saleh Danasasmita

81 “ C a r i t a P a r a h i y a n g a n †, P r o y e k

Pengembangan Permuseuman Jawa

Barat, Bandung.

Ben Suharto

86 B a g a i m a n a M e m pe r s i a pk a n

P e m e n t a s a n Sua t u D r a m a t a r i ,

dalam buku Pengantar Elementer

Ta r i d a n B e b e r a p a M a s a l a h Ta r i ,

Jakarta: Depdikbud.

Burhan Nurgiyantoro

98 Tr a n s f o r m a s i U n s u r P e wa y a n g a n

dalam Fiksi Indonesia, Yogyakarta:

Gadjah Mada University Press.

Bouman P.J.

68 Sosiologi, Pengertian dan Masalah,

J a k a r t a : Ya ya s a n Pe n d i d i k a n

Masyarakat.

Edi Sedyawati

86 Perkembangan Dramatari di Indo-

nesia, dalam Pengantar Elementer

Ta r i d a n B e b e r a p a M a s a l a h Ta r i ,

Jakarta: Depdikbud.

Enoch Atmadibrata

86 Dramatari Sebagai Suatu Bentuk

K a r y a Se n i , d a l a m P e n g a n t a r

E l e m e n t e r Ta r i d a n B e b e r a p a

Masalah Tari, Jakarta: Depdikbud.

Harrymawan RMA

76 D r a m a t u rg i , Yo g ya k a r t a :

Konservatori Tari Indonesia.

Hazim Amir

94 N i l a i - N i l a i E t i s d a l a m W a y a n g ,

Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Iyus Rusliana

89 Mengenal Sekelumit Tari Wayang

Jawa Barat, Bandung: ASTI.

————————

02 Wayang Wong Priangan, Bandung:

Kiblat Buku Utama.

Kusnaka Adimiharja

98 M a s ya r a k a t E g a l i t e r, KO M PAS

Minggu, 23 Februari 1998, hal. 3.

Mulyono

78 Simbolisme dan Mistikisme dalam

Wayang, Jakarta: Haji Masagung.

Momon Wirahadikusumah

76 Ka m u s U m u m B AS A S U N D A,

Bandung: Tarate.

Salmun MA

42 Padalangan, Jakarta: Balai Pustaka.

Soedarsono

97 W a y a n g W o n g D r a m a t a r i Ri t u a l

Kenegaraan di Keraton Yogyakarta,

Yogyakarta: Gadjah Mada Univer-

sity Press.

Tjetje Somantri

51 “Tari-Tarian di Pasundanâ€, dalam

M a j a l a h B u l a n a n J a wa t a n

Kebudayaan Jawa Barat, No. 20.

Wojowasito

77 Kamus Kawi-Indonesia, Bandung: Pangarang.




DOI: http://dx.doi.org/10.26742/panggung.v26i2.173

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung Jurnal Panggung


 Jurnal ini terlisensi oleh Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Editor Office:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M)
Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung Gedung Rektorat Lantai 4
Jl. Buah Batu No. 212 Bandung 40116 
Email: penerbitan@isbi.ac.id or redaksi.panggung@gmail.com
Phone: 022 7314982 Fax: +022 7303021