Wayang dalam Tari Sunda Gaya Priangan
Abstract
ABSTRACT
This paper is a study on the potential of puppet (wayang) in the scope of Sundanese culture of Priangan subculture, especially dance. Formerly the term of wayang means to call dolls made of wood which are played by a puppeteer (dalang) in a performance of puppetry art or to tell the story of its performance, and it is also directly to call the art of Wayang Golek puppetry. Later, the potential of wayang affects strongly to the various aspects of life which are related to belief and art, including to Sundanese dance of Priangan style. Since wayang con- sists of religious sense which is implied in the story, thus wayang in Sundanese dance of Priangan style is not separated from the mission or moral value to the guidance of life. The emerge of Wayang Wong Priangan revealed as a dance drama with dialogue carrying the story of wayang in complete or partly, and there are always, conflicts between the evil wayang characters and the ones who extinguish the evils.
Keywords: Priangan subculture, Wayang Dance, Priangan style
ABSTRAK
Tulisan ini merupakan kajian terhadap potensi wayang dalam lingkup budaya Sunda subkultur Priangan, khususnya seni tari. Awalnya kata wayang diartikan untuk menyebut boneka dari kayu yang dimainkan dalang dalam pertunjukan seni pedalangan atau untuk menunjukkan ceritanya dalam pertunjukan seni padalangan, dan juga bisa secara langsung untuk menyebut seni padalangan Wayang Golek. Selanjutnya potensi wayang ini berpengaruh kuat ke dalam beberapa aspek kehidupan yang berbau kepercayaan dan juga kesenian, termasuk ke tari Sunda gaya Priangan. Karena wayang mengandung makna religius yang tersirat dalam isi ceritanya, maka wayang dalam tari Sunda gaya Priangan tidaklah lepas dari misi atau pesan moral ke arah tuntunan hidup. Lahirnya Wayang Wong Priangan, terungkap sebagai bentuk dramatari berdialog dengan membawakan cerita wayang secara utuh atau sebagian, dan senantiasa adanya pertentangan antara tokoh wayang yang jahat dengan yang menumpas kejahatan.
Kata kunci: subkultur Priangan, Tari Wayang, gaya Priangan
Full Text:
PDFReferences
Atja dan Saleh Danasasmita
81 “ C a r i t a P a r a h i y a n g a n ” , P r o y e k
Pengembangan Permuseuman Jawa
Barat, Bandung.
Ben Suharto
86 B a g a i m a n a M e m pe r s i a pk a n
P e m e n t a s a n Sua t u D r a m a t a r i ,
dalam buku Pengantar Elementer
Ta r i d a n B e b e r a p a M a s a l a h Ta r i ,
Jakarta: Depdikbud.
Burhan Nurgiyantoro
98 Tr a n s f o r m a s i U n s u r P e wa y a n g a n
dalam Fiksi Indonesia, Yogyakarta:
Gadjah Mada University Press.
Bouman P.J.
68 Sosiologi, Pengertian dan Masalah,
J a k a r t a : Ya ya s a n Pe n d i d i k a n
Masyarakat.
Edi Sedyawati
86 Perkembangan Dramatari di Indo-
nesia, dalam Pengantar Elementer
Ta r i d a n B e b e r a p a M a s a l a h Ta r i ,
Jakarta: Depdikbud.
Enoch Atmadibrata
86 Dramatari Sebagai Suatu Bentuk
K a r y a Se n i , d a l a m P e n g a n t a r
E l e m e n t e r Ta r i d a n B e b e r a p a
Masalah Tari, Jakarta: Depdikbud.
Harrymawan RMA
76 D r a m a t u rg i , Yo g ya k a r t a :
Konservatori Tari Indonesia.
Hazim Amir
94 N i l a i - N i l a i E t i s d a l a m W a y a n g ,
Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Iyus Rusliana
89 Mengenal Sekelumit Tari Wayang
Jawa Barat, Bandung: ASTI.
————————
02 Wayang Wong Priangan, Bandung:
Kiblat Buku Utama.
Kusnaka Adimiharja
98 M a s ya r a k a t E g a l i t e r, KO M PAS
Minggu, 23 Februari 1998, hal. 3.
Mulyono
78 Simbolisme dan Mistikisme dalam
Wayang, Jakarta: Haji Masagung.
Momon Wirahadikusumah
76 Ka m u s U m u m B AS A S U N D A,
Bandung: Tarate.
Salmun MA
42 Padalangan, Jakarta: Balai Pustaka.
Soedarsono
97 W a y a n g W o n g D r a m a t a r i Ri t u a l
Kenegaraan di Keraton Yogyakarta,
Yogyakarta: Gadjah Mada Univer-
sity Press.
Tjetje Somantri
51 “Tari-Tarian di Pasundan”, dalam
M a j a l a h B u l a n a n J a wa t a n
Kebudayaan Jawa Barat, No. 20.
Wojowasito
77 Kamus Kawi-Indonesia, Bandung: Pangarang.
DOI: http://dx.doi.org/10.26742/panggung.v26i2.173
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Statistik Pengunjung Jurnal Panggung
Jurnal ini terlisensi olehCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Editor Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M)
Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung Gedung Rektorat Lantai 4
Jl. Buah Batu No. 212 Bandung 40116
Email: penerbitan@isbi.ac.id or redaksi.panggung@gmail.com
Phone: 022 7314982 Fax: +022 7303021