Kreativitas Siswa Kelas X SMAK ST. Thomas Rasul Pangururan-Samosir pada Opera Batak “Anak Naburju IIâ€
Abstract
ABSTRACT
Â
Opera Batak  is a traditional  operetta from the Regional  Batak  Toba in Indonesia. This opera was created by Tilhang Gultom  around 1920. Opera Batak  function  rather  than as a forum for cultural expression  of traditional  opera of Regions  Batak  Toba.  At present very rare Opera  Batak  performances due to several factors  are: change  elements  of culture, lack  of work and  opera composers  who create  works of opera in Indonesia particularly  in the Batak  Toba. This study  based on script opera “Anak Naburju  II†performed by students SMAK St. Thomas Rasul in Pangururan  Samosir. The study was conducted  based on qualitative  research. Method in the opera based on the method Alma Hawkins  and ‘methods play a role’ of Hamalik.  Results of this research: to make students  able to act, know and understand  the local culture,  especially Opera Batak so it can be preserved  and continued by the next generation.
Â
Keywords: Opera Batak,  Naskah ‘Anak  Naburju  II’, Acting
Â
Â
Â
Â
Â
ABSTRAK
Â
Opera Batak merupakan opera tradisional yang bersifat teater keliling yang berasal dari Daerah Batak Toba di Indonesia. Opera ini diciptakan oleh Tilhang Gultom sekitar tahun 1920-an. Fungsi Opera Batak adalah sebagai wadah ekspresi budaya opera tradisional dari Daerah Batak Toba. Pada masa kini sangat jarang ditemui pertunjukan Opera Batak disebabkan beberapa factor di antaranya: perubahan dalam unsur-unsur budaya, kurangnya karya opera dan juga kurangnya komposer yang mencipta karya opera di Indonesia khususnya di Daerah Batak Toba. Penelitian ini berdasarkan naskah opera berjudul “Anak Naburju II†dilaksanakan oleh siswa SMAK St. Thomas Rasul di Pangururan Samosir. Penelitian dilakukan berdasarkan penelitian kualitatif. Metode pembelajaran terhadap peran dalam naskah opera tersebut berdasarkan metode Alma Hawkins dan ‘metode bermain peran’ dari Hamalik. Hasil penelitian ini adalah membuat siswa dapat berakting dan lebih mengenal dan memahami budaya lokal khususnya op- era Batak sehingga opera Batak dapat dilestarikan dan dilanjutkan oleh generasi berikutnya.
Â
Kata kunci: Opera Batak, Naskah ‘Anak Naburju II’, Akting/peran
Full Text:
PDFReferences
I Made Bandem
01 Metode Penciptaan Seni (Kumpulan
Mata Kuliah). Yogyakarta: Program
Pascasarjana Institu Seni Indonesia
Irwansyah Harahap
05 Gondang Batak. Bandung: P4ST UPI
Krismus Purba
02 Opera Batak Tilhang Serindo.Kalika,
Jogjakarta
Leavy, P.
Method meets art: Arts-based re-
search practice. New York: Press
Guilford Oemar Hamalik
05 Perencanaan Pengajaran Berdasar- kan Pe nde katan Siste m. Jakarta: Bumi Aksara
Rithaony Hutajulu
03 Ope r a B a t a k S e b a g a i Wa d a h
Ekspresi Perempuan. Journal Seni
Pertunjukan tahun XII-2003/2004.
K e r j a s a m a M a s y a r a k a t Se n i
Pertunjukan Indonesia dengan Ford
Foundation
Suharsimi Arikunto
Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka
Cipta
Saldana, J.
03 Dramatizing data: A Primer. Quali-
tative Inquiry. Yale University Press
DOI: http://dx.doi.org/10.26742/panggung.v26i2.174
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Statistik Pengunjung Jurnal Panggung
Jurnal ini terlisensi oleh Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Editor Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M)
Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung Gedung Rektorat Lantai 4
Jl. Buah Batu No. 212 Bandung 40116
Email: penerbitan@isbi.ac.id or redaksi.panggung@gmail.com
Phone: 022 7314982 Fax: +022 7303021