Kitsch dalam Iklan TV Komersial dan Selera Konsumer Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.26742/panggung.v26i3.195Abstract
ABSTRAK
Iklan TV komersial memiliki hubungan timbal balik dengan selera konsumer. Penelitian mengenai iklan TV bermuatan kitsch, yang sering dikaitkan dengan selera rendah ini, mencoba menjawab bagaimana gambaran selera masyarakat konsumer Indonesia pada tahun 2015. Metode yang digunakan adalah metode lintas disiplin dengan pendekatan Cultural studies. Penelitian ini menguraikan gambaran selera massa konsumer Indonesia sebagai dampak dari tayangan iklan TV komersial. Dengan mengambil sampel “Iklan Biji Selasih Serbuk Panas Dalam Bintang Toedjoe”, didapati bahwa iklan tersebut mengandung unsur budaya global yang bercampur (hibrid) dengan budaya lokal dan mitos populer khas Indonesia. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa selera masyarakat Indonesia, terutama kelas menengah bawah, sangat terkait dengan karakter manusia Indonesia yang memiliki naluri berkesenian yang tinggi, suka pamer, percaya tahayul, mudah dipengaruhi oleh budaya dari luar, dan bersifat hipokrit.
Kata Kunci : Kitsch, Selera Konsumer, Iklan TV
ABSTRACT
Commercial TV advertising has a considerable influence on the tastes of consumers. Research on the kitsch-laden TV ads, which are often associated with bad taste, try to answer how is the consumer tastes of the people of Indonesia in 2015. The method used is the method of cross-disciplinary approach to Cultural studies. This study provides a picture of the mass consumer tastes Indonesia as a result of commercial TV ad impressions. By taking samples of “Biji Selasih Serbuk Panas Dalam Bintang Toedjoe” " TV ad, found that the advertisement contained elements of global culture mixed (hybrid) with the local culture and popular myths typical of Indonesia. The results of this study also showed that the tastes of Indonesian people, especially the lower middle class, strongly associated with the character of Indonesian people who have a high artistic instinct, happy to show off, but easily influenced by the culture from the outside, believe in superstitious, and is hypocritical.
Keywords: Kitsch, Consumer Tastes, TV ad
References
Alex Sobur
Semiotika Komunikasi, Bandung, PT Remaja Rosda Karya
Barthes, Roland
Mythologies, New York: The Noonday Press – New York Farrar, Straus & Giroux
Baudrillard, Jean
For a Critique of the Political Economy of The Sign, Telos Press
Revenge of The Crystal, Pluto Press
Berger, Arthur Asa
Tanda-tanda dalam Kebudayaan Kontemporer, Penerjemah M. Dwi Marianto dan Sunarto, Yogyakarta, Tiara Wacana
Cilliers, John
The Unveiling of Life: Liturgy and the Lure of Kitsch, HTS Teologiese Studies/Theological Studies66(2), Art. #815
Dorfles, Gillo
The Antology of Bad Taste, London, Studio Vista-Universe Book
Eco, Umberto
The Structure of Bad Taste, dalam The Open Work, Hutchinson Radius
Muchtar Lubis
Budaya, Masyarakat, Dan Manusia Indonesia, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia
Macrury, Iain
Advertising, Routledge
Nietszche, Friedrich
The Birth of Tragedy, New York: A Double Day Anchor Book
Rather, Dan., Isaacson, Walter
People of The Century, 100 man and women who shapes the last 100 years,
Time/ CBS News
Scott, Walter Dill
The psychology of advertising in theory and practice: a simple exposition of the principles of psychology in their relation to successful advertising. Maynard: Small
Syaiful Halim
Postkomodifikasi Media, Analisis Media Televisi dengan Teori Kritis dan Cultural Studies, Yogyakarta: Jalasutra
Tjetjep Rohendi Rohidi
Metode Penelitian Seni, Semarang: Penerbit Citra Nuansa
Wildan Hanif, Yasraf A.Piliang, Agung Eko Budi Waspada
Indonesian Kitsch in Year 2015, from Philosophical Concept to Product and Consumer Behaviour”, Tanjong Malim, Malaysia: Publikasi Seminar Internasional “Nusantara Herritage 3, Universitas Pendidikan Sultan Idris,
“Sensualitas Kitsch pada Iklan TV Komersial ‘Biji Selasih Bintang Toedjoe’, Univ. Maranatha Bandung: publikasi seminar nasional, DISC Maranatha
Yasraf Amir Piliang
Bayang- bayang Tuhan: Agama dan Imajinasi, Bandung: Mizan Publika
Semiotika dan Hipersemiotika, kode, gaya, dan matinya makna, Bandung: Penerbit Matahari
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (mis., Dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.