Model Pembelajaran Post-Method Pedagogy Mahasiswa Perguruan Tinggi Seni Pada Mata Kuliah Bahasa Inggris
DOI:
https://doi.org/10.26742/panggung.v25i2.2Abstract
Kata kunci: Post-method pedagogy, Mata kuliah Bahasa Inggris, Model pembelajaran, Mahasiswa seni.
References
Alemi, M dan P. Daftarifard
“Pedagogical Innovations in Language Teaching Methodologiesâ€. Journal of Language Teaching and Research, Vol. 1, No. 6, pp. 765-770, November. Finland: Academy Publisher.
Baharuddin
Psikologi Kependidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Brown, H.D.
An Interactive Approach to Language Pedagogy: 3rd edition. Pearson Education ESL.
Crider, J.
On Teaching Writing: A Handbook, 3rd printing. USA: Christian Light Publications, Inc.
DePorter, B & M. Hernacki
Quantum Learning: Unleashing the Genius In You. New York: Dell Publishing.
DePorter, B & M. Hernacki
Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman & Menyenangkan. Bandung: Kaifa.
Didi Suherdi
Efektivitas Model Pembelajaran Berorientasi Kompetensi Berbasis Interaksi Afeksionat (MAKBIA) Dalam Meningkatkan Mutu Hasil Belajar Bahasa Indonesia: Sebuah Studi Eksperimental Kuasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SLTP KORPRI Unit Universitas Pendidikan Indonesia. Disertasi. Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Indonesia.
Johnson, J.
A philosophy of second language acquisition. New Haven: Yale University Press.
Kumaravadivelu, B.
Understanding language teaching: From method to postmethod. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Publishers.
Rusman
Model-model Pembelajaran: Mengem-bangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Siusana Kweldju
Pengajaran Bahasa Inggris Berbasis Leksikon: Sebuah Alternatif yang Tepat untuk Pengajaran Bahasa Inggris di Indonesia. Pidato Pengukuhan Guru Besar dalam Bidang Kosa Kata. Disampaikan pada Sidang terbuka Senat Universitas Negeri
terbuka Senat Universitas Negeri Malang, 3 Oktober 2002.
Snow, A. M & L. Kamhi-Stein
Developing a New Course for Adult Learners. Maryland USA: TESOL, Inc.
Sri Utari N. Subyakto
Metodologi Pengajaran Bahasa. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Dirjen Dikti P2LPTK.
Totok Pdy
Buku Saku NLP. Yogyakarta: Pohon Cahaya.
Sumber lain:
B. N. Ningrum
Pengaruh Lingkungan Belajar & Moti-vasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI di MAN Keboan Tahun Pelajaran 2012-2-13.
Kumaravadivelu, B.
The postmethod condition: Emerging stra-tegies for second/foreign language teaching. TESOL Quarterly, 28(1), 27–48.
Kumaravadivelu, B.
Toward a postmethod pedagogy. TESOL Quarterly, 35(4), 537-560.
Kumaravadivelu, B.
A postmethod perspective on English language teaching, World Englishes, 22(4), 539-550.
M.A. Ridho
Pengaruh Lingkungan terhadap Motivasi Belajar dan Dampaknya terhadap Prestasi Belajar Siswa Kompetensi Keahlian Audio Video SMK Muh. Kutowinangun Kebumen. http://eprints.uny.ac.id/9632/1/JurnalMuhAkbarRidho_ 05502241022_Dr_Putu_Sudira.pdf
N. S. Prabhu
There is no best method—why? TESOL Quarterly, 24(2), 161-176.
Partono & Tri Minarni
Pengaruh Disiplin & Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/DP/article/download/474/434 (accessed 5/5/2014)
Rogers, T.
Methodology in The New Milennium. English teaching Forum Online, 28(2). http://exchanges.state.gov/englishteaching/forum/archives.html (accessed 21/11/2012).
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (mis., Dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.