Model Pembelajaran Post-Method Pedagogy Mahasiswa Perguruan Tinggi Seni Pada Mata Kuliah Bahasa Inggris

Yupi Sundari, Irma Rachmaningsih

Abstract


Penelitian  ini  bertujuan  meningkatkan  motivasi   dan   pencapaian  studi  mahasiswa terhadap mata kuliah bahasa Inggris di STSI Bandung  yang selama  ini sering dipandang sebagai  pelajaran  yang  sulit  dan  kurang  menyenangkan.  Penelitian  dilakukan  di  STSI Bandung pada perkuliahan bahasa Inggris di Jurusan Karawitan dan Seni Rupa dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development Method. Penerapan  post-method  pedagogy memperhatikan  tiga  komponen  utama,  yaitu  lingkungan belajar, siswa dan pengajar. Keberhasilan pengajaran bahasa Inggris dipengaruhi komponen siswa, pengajar,  materi ajar dan  hubungan  antara siswa  dan  pengajar.  Dari  penelitian ini didapatkan model pembelajaran post-method pedagogy yang menempatkan pengajar sebagai penyusun materi ajar dan pengelola kelas yang mempertimbangkan karakteristik dan latar belakang pembelajar. Pada akhir kegiatan pembelajaran, pengajar melakukan evaluasi hasil belajar dan  merefleksikan  apa yang telah  dilakukan untuk merencanakan dan melakukan proses belajar mengajar selanjutnya.

Kata kunci: Post-method pedagogy, Mata kuliah Bahasa Inggris, Model pembelajaran, Mahasiswa seni.

Full Text:

PDF PDF PDF

References


Alemi, M dan P. Daftarifard

“Pedagogical Innovations in Language Teaching Methodologiesâ€. Journal of Language Teaching and Research, Vol. 1, No. 6, pp. 765-770, November. Finland: Academy Publisher.

Baharuddin

Psikologi Kependidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Brown, H.D.

An Interactive Approach to Language Pedagogy: 3rd edition. Pearson Education ESL.

Crider, J.

On Teaching Writing: A Handbook, 3rd printing. USA: Christian Light Publications, Inc.

DePorter, B & M. Hernacki

Quantum Learning: Unleashing the Genius In You. New York: Dell Publishing.

DePorter, B & M. Hernacki

Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman & Menyenangkan. Bandung: Kaifa.

Didi Suherdi

Efektivitas Model Pembelajaran Berorientasi Kompetensi Berbasis Interaksi Afeksionat (MAKBIA) Dalam Meningkatkan Mutu Hasil Belajar Bahasa Indonesia: Sebuah Studi Eksperimental Kuasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SLTP KORPRI Unit Universitas Pendidikan Indonesia. Disertasi. Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Indonesia.

Johnson, J.

A philosophy of second language acquisition. New Haven: Yale University Press.

Kumaravadivelu, B.

Understanding language teaching: From method to postmethod. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Publishers.

Rusman

Model-model Pembelajaran: Mengem-bangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Siusana Kweldju

Pengajaran Bahasa Inggris Berbasis Leksikon: Sebuah Alternatif yang Tepat untuk Pengajaran Bahasa Inggris di Indonesia. Pidato Pengukuhan Guru Besar dalam Bidang Kosa Kata. Disampaikan pada Sidang terbuka Senat Universitas Negeri

terbuka Senat Universitas Negeri Malang, 3 Oktober 2002.

Snow, A. M & L. Kamhi-Stein

Developing a New Course for Adult Learners. Maryland USA: TESOL, Inc.

Sri Utari N. Subyakto

Metodologi Pengajaran Bahasa. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Dirjen Dikti P2LPTK.

Totok Pdy

Buku Saku NLP. Yogyakarta: Pohon Cahaya.

Sumber lain:

B. N. Ningrum

Pengaruh Lingkungan Belajar & Moti-vasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI di MAN Keboan Tahun Pelajaran 2012-2-13.

Kumaravadivelu, B.

The postmethod condition: Emerging stra-tegies for second/foreign language teaching. TESOL Quarterly, 28(1), 27–48.

Kumaravadivelu, B.

Toward a postmethod pedagogy. TESOL Quarterly, 35(4), 537-560.

Kumaravadivelu, B.

A postmethod perspective on English language teaching, World Englishes, 22(4), 539-550.

M.A. Ridho

Pengaruh Lingkungan terhadap Motivasi Belajar dan Dampaknya terhadap Prestasi Belajar Siswa Kompetensi Keahlian Audio Video SMK Muh. Kutowinangun Kebumen. http://eprints.uny.ac.id/9632/1/JurnalMuhAkbarRidho_ 05502241022_Dr_Putu_Sudira.pdf

N. S. Prabhu

There is no best method—why? TESOL Quarterly, 24(2), 161-176.

Partono & Tri Minarni

Pengaruh Disiplin & Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/DP/article/download/474/434 (accessed 5/5/2014)

Rogers, T.

Methodology in The New Milennium. English teaching Forum Online, 28(2). http://exchanges.state.gov/englishteaching/forum/archives.html (accessed 21/11/2012).




DOI: http://dx.doi.org/10.26742/panggung.v25i2.2

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung Jurnal Panggung


 Jurnal ini terlisensi oleh Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Editor Office:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M)
Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung Gedung Rektorat Lantai 4
Jl. Buah Batu No. 212 Bandung 40116 
Email: penerbitan@isbi.ac.id or redaksi.panggung@gmail.com
Phone: 022 7314982 Fax: +022 7303021