Fungsi Gambar dalam Memproses Perancangan Interior pada Masa Pandemi Covid-19

Suastiwi Triatmodjo

Abstract


Gambar adalah salah satu alat komunikasi yang efektif dalam lingkungan kerja desain interior. Aneka jenis gambar menjadi alat penting dan diperlukan dalam kegiatan perancangan dengan design thinking . Tahun 1990-an berkembang riset tentang desain serta gambar-menggambar yang dikaitkan dengan teori Embodied Cognition , yang berpengaruh terhadap fungsi gambar dalam proses berpikir. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui bagaimana peran gambar dalam sebuah kegiatan berpikir dan bekerja dalam pembelajaran perancangan interior. Caracara seperti apa sajakah yang dilakukan oleh mahasiswa untuk mengaplikasikan gambar dalam menyelesaikan tugas perancangannya. Penelitian ini menerapkan metode kualitatif dan pendekatan deskriptif analitis. Data dikumpulkan lewat studi pustaka, pemeriksaan dokumen perancangan, dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambar tidak hanya penting untuk berkomunikasi dengan orang lain tetapi lebih penting lagi adalah untuk dipakai berkomunikasi dengan diri sendiri atau untuk berpikir, yaitu dalam rangka melancarkan proses pengembangan gagasan. Dan pada masa pandemi covid-19 pembelajaran menggambar dalam desain masih menghadapi beberapa kendala.

Kata kunci: embodied cognition, proses desain, gambar, pengembangan gagasan, pandemi covid-19.


References


Arnheim, R. 1969. Visual Thinking. Berkeley: University of California Press.

Belawati, T., Daryono, dan MG Sembiring, 2020, Potret Awal Perkuliahan di Era Covid-19, dalam Belawati, T dan Nizam, eds, 2020, Potret Pendidikan Tinggi di Masa Covid-19, Direktorat Pendidikan Tinggi, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.

Bilda, Z and Demirkan, H. n.d., 2003, “An Insight on Designers’ Sketching Activities in Traditional versus Digital Media.” Design Studies 24:27–50.

Brew, A., Fava, M., Kantrowitz, A. 2012. “Drawing Connections: New Directions in Drawing and Cognition Research.” Pp. 77–99 in 2012 Drawing Research Network Conference. Tracey.

Brown, Tim. 2008. “Design Thinking.” Harvard Business Review 86(6):84–92. doi: 10.1002/med.

Ching, F. DK. 1987. Interior Design Illustrated. New York: Van Nostrand Reinhold Co.Inc.

Dorta, T. 2008. “The Ideation Gap: Hybrid Tools, Design Flow, and Practice.” Design Studies 29:121–41. doi: 10.1016/J. destud.2007.12.004.

Eckert, C., Blackwell, AF., Stacey, M., Earl, C., Church, L. 2012. “Sketching across Design Domains: Roles and Formalities.” Artificial Intelligence in Enggineering

Design Analysis & Manufacturing 26(3):254–66.

Ferguson, E. 1992. Engineering and the Mind’s Eye. Cambridge, MA: MIT Press.

Fish, J., and SAR Scrivener. 1990. “Amplifying the Mind’s Eye: Sketching and Visual Cognition.” Leonardo 23:117–26.

Goel, Vinod. 1995. Sketches of Thought. Bradford B. Cambride, MA: MIT Press.

Goldschmidt, Gabriela. 1991. “The Dialectic of Sketching.” Creativity Research Journal I(2):123–43.

Guerin, Denise A., and Caren S. Martin. 2010. “The Interior Design Profession’s Body of Knowledge and Its Relationship To People’s Health, Safety, and Welfare, American Society of Interior Designers (ASID) Council for Interior Design Accreditation (CIDA) Interior Designers of Canada (IDC) Interior Desig.” (Idc).

Hendriyana, H., Putra, I.N.D., Yan Sunarya, Y., Rinestu, T., 2021, Respon Kreatif Perajin Pandan dengan Prinsip Desain Berkelanjutan dan Pelestarian Sumber Daya Alam di Pangandaran Jawa Barat, Jurnal Panggung V31/N3/09/2021, DOI: http://dx.doi.org/10.26742/panggung.v31i3

Kilmer, Rosemary, and W. Otie Kilmer. 2014. Designing Interior. 2nd ed. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Kimbell, Lucy. 2011. “Rethinking Design Thinking: Part I.” Design and Culture 3(3):285–306. doi: 10.2752/175470811x1 3071166525216.

Lindgaard, K., Wesselius, H. 2017. “Once More with Feeling: Desing and Embodied Cognition.” She Ji The Journal of Design Economics and Innovation. doi:10.1016/j.sheji.2017.05.004.

Orthel, Bryan D., and Julia K. Day. 2016. “Processing Beyond Drawing: A Case Study Exploring Ideation for Teaching Design.” SAGE Open 6(3). doi: 10.1177/2158244016663285.

Pei, E., Campbell, I., Evans, M. 2011. “A Taxonomic Classification of Visual Design Representasions Used by Industria Designers and Engineering Designers”, Design Journal 14(1):64–91.

Plattner, Hasso, Christoph Meinel, and Larry Leifer. 2012. “Design Thinking Research: Measuring Performance in Context.” Design Thinking Research: Measuring Performance in Context (February 2016):1–302. doi: 10.1007/978-3-642-31991-4.

Purcell, T., Gero, JS. 1998. “Drawing and the Design Process: A Review Protocol Studies in Design and Other Research in Cognitive Psychology.” Design Studies 19(4):398–430.

Schon, Donald A., and Glenn Wiggins. 1992. “Kinds of Seeing and Their Functions in Designing.” Design Studies 13(2):135–56. doi: 10.1016/0142-694X(92)90268-F.

Sniukas, Marc, Parker Lee, and Matt Morasky. 2016. The Art of Opportunity. Hoboken, New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Solso, R.L., Maclin, OH., Maclin, MK. 2007. Cognitive Psychology. eight edit. Pearson Education, Inc.

Sumartono. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif: Seni Rupa Dan Desain. Jakarta: Universitas Trisakti.

Sumiati, L., Jatnika, A., 2022, Revitalisasi Tari Tradisi di Situasi Pandemi, Jurnal Panggung V31/N4/12/2021, DOI: http://dx.doi.org/10.26742/panggung.v31i4

Thurlow, L., Ford, P., 2018, An analysis of sketch inhabitation within contemporary design Education, Universal Journal of Educational Research 6 (9): 2036-2046.

DOI: 10.13189/ujer.2018.060923

Tversky, Barbara, Suwa, M., Agrawala, M., Heiser, J., Stolte, C., Hanrahan, P., Phan, D., Klinger, J., Daniel, M., Lee, P., Haymaker, J. 2002. Sketches for Design and Design for Sketches. Standford.

Tversky, Barbara. 2002. What Do Sketches Say about Thinking? Standford.

Wimbarti, S., 2020, Interaksi Dosen – Mahasiswa dalam Pembelajaran Daring, dalam Belawati, T dan Nizam, eds, 2020, Potret Pendidikan Tinggi di Masa Covid-19, Direktorat Pendidikan Tinggi, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.26742/panggung.v32i1.2116

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung Jurnal Panggung


 Jurnal ini terlisensi oleh Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Editor Office:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M)
Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung Gedung Rektorat Lantai 4
Jl. Buah Batu No. 212 Bandung 40116 
Email: penerbitan@isbi.ac.id or redaksi.panggung@gmail.com
Phone: 022 7314982 Fax: +022 7303021