RELASI VISUAL PADA KONTEN YOUTUBE ANDRA ALODITA DAN MEILINDA KORNELLIA MELALUI KAJIAN SEMIOTIKA

Ariani Kusumo Wardhani, Irfandi Musnur, Hanisa Hassan

Abstract


Media Youtube dan konten visual merupakan dua diksi yang melahirkan fenomena-fenomena baru dalam
kajian tanda. Kehadiran media tersebut membongkar ketatnya produksi visual yang terlihat pada media
televisi (konvensional). Menarikya, media Youtube kini membuka wahana baru dalam penciptaan relasi visual
yang lebih longgar. Kebebasan ini menciptakan beragam kreatifitas dalam produksi visual. Tawaran baru
bermunculan melalui tampilan visual keseharian dari para Vlogger maupun influencer. Khususnya pada
beautyinfluencer, produksi promosi melalui youtube tidak lagi menyuguhkan kompleksitas desain ala iklan
televisi, namun visualisasi keseharian para influencer menggunakan skincare menarik banyak pengunjung
maya. Persitiwa ini menjadi sebuah wacana yang sangat menarik untuk didiskusikan. Untuk itu, kehadiran
penelitian ini mencoba mengungkap bagaiman relasi visual tersebut dapat terjadi melalui kajian semiotika
intertekstual. Objek materi dalam kajian ini adalah dua beauty influencer perempuan Indonesia yakni Andra
Alodita dan Meilinda Kornellia. Pendekatan jenis peneltian dilakukan melalui paradigma kualitatif dengan
metode studi kasus. Melalui metode tersebut, data diperoleh dengan teknik observasi, literasi, pustaka dan
analisa konten visual pada video Youtube. Selanjutnya pembahasan mendalam dilakukan melalui kajian
semiotika intertekstual Charles Sanders Peirce. Pembacaan semiotika melalui Pierce membongkar persoalanpersoalan dalam kehadiran relasi tanda-tanda baru yang lahir dari para beauty influencer melalui media
Youtube. Hal ini berimplikasi pada tawaran-tawaran baru dalam dunia kreatifitas periklanan yang lebih
bebas.

Keywords: beauty influencer, semiotika intertekstual, YouTube, Relasi Visual.

References


Al-Debei. 2015. Consumer Attitudes towards Online Shopping. Internet Research 25 (5): 707733.

C H Maharaj , D OCroinin, G Curley, B H Harte, J G Laffey. 2006. A Comparison of Tracheal Intubation Using the Airtraq or the Macintosh Laryngoscope in Routine Airway Management: A Randomised, Controlled Clinical Trial.

Anaesthesia 61 (11). https://doi.org/1093-9. doi: 10.1111/j.1365-2044.2006.04819.x.

Chandler, D. 2002. Semiotics: The Basic. New York, USA: Routhledge.

Fortin, D. R., & Dholakia, R. R. 2005. Interactivity and Vividness Effects on Social Presence and Involvement with a Web-Based Advertisement. Journal of Business Research 58 (3): 387396. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/S0148-2963(03)00106-1.

Heinonen, J., Hytti, U., & Stenholm, P. 2011. The Role of Creativity in Opportunity Search and Business Idea Creation. Education + Training 53 (89): 659672. https://doi.org/https://doi.org/10.1108/00400911111185008.

Henderson, A. & Bowley, R.C. 2010. Authentic Dialogue? The Role of Friendship in a Social Media Recruitment Campaign 2014. http://bebmen.com/4027/statistikinternet-sosial-media-danmobile-diindonesia.html.

Jappy, T. 2010. Regards Sur Le Pome Muet. Perpignan. Perpignan: Presses Universitaires de Perpignan.

Katelyn Y. A. McKenna, A. S. Green, M. E. J. Gleason. 2002. Relationship Formation on the Internet: Whats the Big Attraction. Social Issues 58 (1). https://doi.org/https://doi.org/10.1111/1540-4560.00246.

Liang, T. and Turban, E. 2011. Introduction to the Special Issue Social Commerce: A Research Framework for Social Commerce. International Journal of Electronic Commerce 16 (1): 514. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.2753/JEC1086-4415160201.

Mangold, W.G. and Faulds, D.J. 2009. Social Media: The New Hybrid Element of the Promotion Mix. Journal of Business Horizons 52 (2): 35765. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1016/j.bushor.2009.03.002.

Mitoharoh, L. n.d. EFEKTIFITAS IKLAN SPRITE VERSI CAK LONTONG KENYATAAN YANG MENYEGARKAN MENGGUNAKAN METODE EPIC. http://repository.unmuhjember.ac.id/1380/1/ARTIKEL.pdf.

Musnur, I. 2020. Analisis Visualisasi Iklan Minuman Segar Melalui Pendekatan Relasi Unsur Objek (Studi Kasus: Iklan Sprite Versi Kenyataan Yang Menyegarkan). Jurnal Desain 7 (3): 24356. https://journal.lppmunindra.

ac.id/index.php/Jurnal_Desain/article/view/6383/3335.

Palmer, S. E. 1975. Visual Perception and World Knowledge: Notes on a Model of SensoryCognitive Interaction. In D. A. Norman, D. E. Rumelhart, & the LNR Resev.Rch Group, Explorations in Cognition.

Piliang. 2010. Semiotika Dan Hipersemiotika: Kode Gaya Dan Matinya Makna. Bandung: Matahari.

Raj, P. Prayer Elmo. 2015. Text / Texts : Julia Kristeva s Concept of Intertextuality. Journal of Humanities and Social Sciences 2015 (3): 7780.

Scholes, M. and Williams, J. 1977. Estimating Betas from Nonsynchronous Data. Journal of Financial Economics 5 (1): 1112. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1016/0304-405X(77)90041-1.

Stephanie, C. dan Nistanto, R. K. 2021. Berapa Lama Orang Indonesia Akses Internet Dan Medsos Setiap Hari. Kompas. Com. 2021.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: alfabeta.

Trusov, et al. 2009. Effects of Word-of-Mouth Versus Traditional Marketing: Findings from an Internet Social Networking Site. Journal Of Marketing 73 (2): 90102.

Udasmoro, W. 2018. Hamparan Praktik Ideologi, Media, Hingga, Kritik Postkolonial. 1st ed. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Ulita, N. 2023. TINJAUAN VISUAL BRAND IDENTITY BEBERAPA BRAND PRODUK MAKARONI PEDAS SEBAGAI ACUAN PERANCANGAN LOGO. Jurnal Visualita 11 (196215). https://ojs.unikom.ac.id/index.php/visualita/article/view/8748.

Wardhani, A. 2019. Perspektif Perempuan Urban Di Jakarta Pada Perubahan Majalah Digital. Jurnal Deskomvis 1 (1): 2845. https://doi.org/10.38010/dkv.v1i1.5.

Zulkarnain, A. 2019. Kajian Semiotika Intertektualitas Film Ralph Breaks The Internet. Senada: Prosiding Seminar Nasional Desain Dan Arsitektur 2 (1).




DOI: http://dx.doi.org/10.26742/panggung.v33i4.2906

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung Jurnal Panggung


 Jurnal ini terlisensi oleh Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Editor Office:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M)
Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung Gedung Rektorat Lantai 4
Jl. Buah Batu No. 212 Bandung 40116 
Email: penerbitan@isbi.ac.id or redaksi.panggung@gmail.com
Phone: 022 7314982 Fax: +022 7303021