Transformasi Visual “Lukisan Tubuh Liminal” Inspirasi Penari Tarawangsa Sebagai Model Proses Kreatif Seni Lukis

-

Authors

  • Eko Supriatna Institut Seni Budaya Indonesia Bandung, Indonesia
  • Anis Sujana Institut Seni Budaya Indonesia Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.26742/panggung.v35i2.3818

Keywords:

Komunikasi Seni Lukis, Tarawangsa, Tubuh liminal

Abstract

Terwujudnya karya lukis dengan objek tubuh-tubuh liminal penari tarawangsa, hasil karya peneliti (Supriatna) terinspirasi dari sebuah peristiwa budaya seni tradisional. Lukisan yang dikreasi bertujuan menggambarkan kandungan dimensi ruang dan waktu dari ambiguitas para penari Tarawangsa. Tarian ini diekspresikan ke dalam kanvas, menggambarkan gerakan tubuh para penari berada dalam jiwa dualitas, yakni satu sisi gerakannya mengikuti irama pengiring secara estetik, namun dalam waktu yang sama gerakannya terisyarat tengah penyatukan diri dengan Nyi Pohaci, yakni sosok Dewi yang disucikannya. Ekspresi visual lukisan tarian sakral ini dilakukan melalui metode Practice-led research, yakni proses melukis melalui interpretasi atas pengamatan dan penghayatan terhadap objek, yang didasari pendekatan semiotika. Proses ini diharapkan dapat menjadi pemodelan metode penciptaan lukis berbasis riset seni budaya.

References

Anis Sujana, 2022, Membaca Konteks Situasi dan Konteks Budaya Di Dalam Memahami Teks Kebudayaan, Bookchapter ISBI Bandung. , Bandung, Sunan Ambu Press.

Arnold van Gennep, 2019, The Rites Of Passage, second edition, Chicago, Univesity Of Chicago Press.

Husen Hendriyana. 2018, Metode Penelitian Penciptaan Karya, Bandung, Sunan Ambu Press.

Mohammad Hasan, 2021,PerkembanganAhlussunnah Wal Jamaah Di Asia,Tenggara,Pamekasa Duta MediamPublishing.

Mäkelä, M., & Nimkulrat, N. (2018). Documentation as a practice-led research tool for reflection on experiential knowledge. FormAkademisk, 11(2).

Rina Martiara, Budi Astuti, 2018, Analisis Struktural Sebuah Metode Penelitian Tari, Yogyakarta, Badan Penerbit ISI Yogyakarta

Ruchimat, I. (2024). Potensi Seni Tarawangsa Di Desa Bandasari Sebagai Peluang Penunjang Pengembangan Wisata Di Kab. Bandung. Bookchapter ISBI Bandung.

Salim, 2022, Estetika Visual Plafon Berornamen Wayang Kulit, Jurnal Canting Akademi Seni dan Desain Indonesia Surakarta, diunduh tanggal 22 Agustus 2023

Supriatna, 2022, Katalog Pameran Tunggal Supriatna Tubuh Tubuh Limainal Para Wangsa, Bandung.

Yasraf, Amir Piliang, 2018, Semiotika, Studium General Pascasarjana ISBI Bandung.

Yasraf, Amir Piliang, 2022, Trans Estetika, Seni dan Simulasi Realitas, Yogyakarta, Cantrik Pustaka.

Yakob Sumardjo, 2014, Estetika Paradoks, Bandung, Kelir.

Vera, Nawirah, 2022, Semiotika Dalam Riset komunikasi, Depok, PT .RajaGrafindo Persada

Jurnal

Aini Loita, 2018, Situs Kabuyutan Karangkamulyan (Studi Deskriptif Analisis Pada Benda-benda Situs Karangkamulyan Di Desa Karangkamulyan Kecamatan Cijeunjing Kabupaten Ciamis Provinsi Jawa Barat, Jurnal Magelaran: Jurnal Pendidikan Seni, Vol 1. No. 1, Juni 2018, ISSN: 2620-8598 https://doi.org/10.35568/magelaran.v1i1.244 diakses 23 Agustus 2023

Fikri, M. S. L., & Noviana, E. (2024). Perancangan Media Informasi Mengenai Ciri Khas Tarawangsa Rancakalong, Rawabogo, dan Cikondang Sebagai Medium Upacara Pertanian Suku Sunda Melalui Video Dokumenter. FAD, 3(02).

Ika Ismurdiyahwati, 2024, Fenomenologi Estetika pada Bahasa Rupa Anak. Vol. 10 No. 03 (2024): Jurnal. Jurnal Dekonstruksi Volume 10.3 Universitas Adi Buana Surabaya

DOI:https://doi.org/10.54154/dekonstruksi.v10i03.254

Lessard, Charlotte S. Walmsley & Kathleen Foley, 2018, Color inference in visual communication: the meaning of colors in recycling, Journal, Article number: 5 Springeropen, https://www.springeropen.com diakses 22 Agustus 2023

Muhamad Fauzan Sidik, Nuning Yanti Damayanti, Mutia Intan Rizky, Grahita Banung, 2024, Artistic Affordance in Virtual Reality Painting. Vol. 34 No. 1 (2024): Artistik dan Estetik pada Rupa, Tari, dan Musik. Jurnal Panggung

Nursilah, Eza Kusuma Putri, 2022, Rumyang Cirebon Mask Dance with Palimanan Style as a Door of Liminality Based on Victor Turner's Theory Perspective, Jounal Vol. 1 No. 2 : June, diakses 22 agustus 2023

Ulin Sasmita, 2017, Representasi

Maskulinitas Dalam Film Disney Moana (Analisis Semiotika Charles Sander Peirce), Jurnal. Jurnal Online Kinesik Vol. 4 No. 2

Subahri, B. (2020). Pesan Semiotik Pada Tradisi Makan Tabheg Di Pondok Pesantren. Dakwatuna: Jurnal Dakwah dan Komunikasi Islam, 6(1), 88-103.Volume 6, Nomor 1, Februari 2020Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang

Sugiarta, I Made., Arthayana Galih, I Putu, 2020, Tari Baris Nanda Pada Prosesi Ngilen Di Pura Agung Petilan Kesiman,Widyanatya, Volume 2 Nomor 2, 2020 e-ISSN: 2656-5773, diakses: 27 Juli 2024 :7.27. DOI : 10.26742/panggung.v34i1.326, diakses : 5 Februari, 2025 :15:25

Eletronik

1. Lismartini, Endah (2021, Oktober 16) Pergeseran Citra Ronggeng, dari Tokoh Spiritual Terhormat hingga Identik Dengan Pelacuran.

https://bandungbergerak.id/article/detail/1486/pergeseran-citraronggeng-dari-tokoh-spiritual-terhormat-hingga-identik-dengan-pelacuran , diunduh 14 Januari 2025

2. Vedicology India,What is Pradakshina: Pradakshina Meaning and Significance Reason Behind Doing Pradakshina

https://vedicologyindia.com/what-is pradakshina-pradakshina-meaning- and-significance/Diunduh 27 September 2024

3. Ashe Samuels, Last Updated: May 28, 2024 https://artignition.com/brush-strokes-painting/ diunduh 2 September 2024

4. Patti Mollica,-_ Basic Colour Theory, Walter Foster. https://walterfoster.com/walter-foster-book/color-theory/ diakses 23 Oktober 2023 pukul 11.00 -11.15

Downloads

Published

2025-06-01

How to Cite

Supriatna, E., & Sujana, A. (2025). Transformasi Visual “Lukisan Tubuh Liminal” Inspirasi Penari Tarawangsa Sebagai Model Proses Kreatif Seni Lukis: -. Panggung, 35(2), 193–209. https://doi.org/10.26742/panggung.v35i2.3818

Citation Check