Citra Preman Sopan dalam Sinetron Berjudul Preman Pensiun 4 di RCTI

Arni Ernawati

Abstract


Melihat citra lain dari sosok preman yang ditampilkan dalam sinetron Preman Pensiun 4

References


Atika. (2013). Penanggulangan Premanisme Menurut Pandangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Palembang. Intizar, 19(2), 249–262. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intizar/article/view/412.

Azhar, Anang Ans. (2017). POLITIK PENCITRAAN DALAM PERSPEKTIF KOMUNIKASI ISLAM . Analityca Islamica 6 (2), 135–146. http://jurnal.uinsu.ac.id/index/php/analytica/article/view/1278/1041.

Dewantara, K. H., & E-mail, S. (2011). Deskripsi Kualitatif Sebagai Satu Metode Dalam Penelitian Pertunjukan. Harmonia - Journal of Arts Research and Education, 11(2), 173–179. https://journal.unnes.ac.id/harmonia/article/view/2210

Dharma Shanti, H., & Arumdhani, K. (2019). Dampak Sinetron Indonesia Terhadap Perilaku Masyarakat (Analisis Kasus: Sinetron Anak Langit Di Sctv). Journal of Digital Education, Communication, and Arts Article History, 2(2), 89–98. https://jurnal.polibatan.ac.id/index.php/DECA/article/view/1524.

Diahloka, C. (2012). PENGARUH SINETRON TELEVISI DAN FILM TERHADAP PEREKMBANGAN MORAL REMAJA Carmia Diahloka Universitas Tribhuwana Tunggadewi, Malang. Jurnal Reformasi, 2, 23–29. https://jurnal.untiri.ac.id/index.php/reformasi/article/view/15

Djuwita, P. (2017). Pembinaan Etika Sopan Santun Peserta Didik Kelas V Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar Nomor 45 Kota Bengkulu. Jurnal PGSD, 10(1), 27–36. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/pgsd/article/view/2881.

Dulkiah. M, Nurjanah, (2018). PENGARUH KEMISKINAN TERHADAP TINGKAT TINDAK KRIMINALITAS DI KOTA BANDUNG. Jispo 8(1). 38. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/jispo/article/view/2770.

Ernawati, A. (2020). Studi Kasus Politik Identitas Perempuan dalam Film Ada Apa dengan Cinta . Nyimak : Journal Of Communication 4(1), 51–70. http://jurnal.umt.ac.id/index.php/nyimak/article/view/2297.54

Farady, R., & Septyana, V. (2015). SEMIOTIKA PEMASARAN PADA BRAND VALUE MELALUI SIGN BERUPA LAYOUT BERITA DAN IKLAN IBADAH HAJI ( Studi Komparasi pada Harian Pos Kota dengan Rakyat Merdeka ). Semiotika 9(2) : 482–508.

Fensi, F. (2018). DETERMINAN CITRA MEREK PADA IKLAN PRODUK GAWAI “ VIVO ” BERDASARKAN ASPEK “ CELEBRITY ENDORSER .” Bricolage : Jurnal Magister Ilmu Komunikasi 4(2), 163–179. https://journal.ubm.ac.id/index/index.php/bricolage/article/view/1659.

Fernando, J, dkk. (2020). EXPLORING ONLINE NEWS AS COMPARATIVE STUDY BETWEEN VENDATU AT INDIAAND RUANGGURU FROM INDONESIA IN COVID-19. Journal of Content, Comunity & Communication 11(6), 167–176. https://doi.org/10.31620/JCCC.06.20/13

Hartanti, P. T. (2013). Pengaruh Sinetron Religius Terhadap Moralitas Remaja Di Desa Tamanrejo Kecamatan Limbangan Kendal. Unnes Civic Education Journal, 2(1). 3 .https://journal.unnes.ac.id/sju/index,php/ucej/article/view/1024.

Haryati. (2012). Pencitraan Tokoh Politik Menjelang Pemilu 2014. Observasi, 11,((2)), 173-191. https://jurnal. kominfo.go.id/index.php/observasi/article/view/102

Khoironi, S. C. (2020). PENGARUH ANALISIS KEBUTUHAN PELATIHAN BUDAYA KEAMANAN SIPIL NEGARA DI ERA DIGITAL Jurnal Komunikasi dan Media. 24 (1) 37–56.https://jurnal.kominfo.go.id/index.php/jskm/article/view/2945.

Marta, R. F., Prasetya, A. A., Laurensia, B., & Syarnubi, K. L. (2020). Imbalance Identity in E-Sports News Intersectionality on Covid-19 Pandemic Situation Ketimpangan Indentitas dalam Intereksionalitas Berita E-Sport pada Situasi Pandemi Covid-19. Jurnal ASPIKOM 5(2), 206–218.

Muchlis. (2017). PERSEPSI MASYARAKAT DALAM KONTEKS SOSIAL EKONOMI TERHADAP PENDIDIKAN KETERAMPILAN INDUSTRI KREATIF KERAJINAN BAMBU DI KABUPATEN SIGI. Jurnal Katalogis 5(10). 21–31. https://jurnal.untad.ac.id/Katalogis/article/view/9729/7728.

Nugroho, A. S., Dkk. (2017). TINJAUAN KRIMINOLOGIS TINDAK PREMANISME OLEH PENGAMEN DI SIMPANG LIMA KOTA SEMARANG. Diponegoro Law Journal 6(5), 1–19. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/dlr/article/view/15659.

Rachmansyah, M., & Supratman, L. P. (2020). PERAN MEDIA INSTAGRAM DALAM MEMASARKAN PRODUK FASHION DOLLIES. Jurnal Studi Komunikasi dan Media 24 (1). 3–90. https://jurnal.kominfo.go.id/index.php/jskm/article/view/2865.

Ritonga, R. (2013). Demonisasi Islam dalam Film ‘ Tanda Tanya (?). Panggung 23 (3 : 356.

Rubiyanto, R. (2018). STRATEGI MEMBIDIK KETERSEDIAAN AUDIENS DALAM INDUSTRI TELEVISI (Studi Deskriptif Tayangan Film India ANTV). Bricolage: Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 4(01), 83–94. https://journal.ubm.ac.id/index/index.php/bricolage/article/view/1654.

Sukyadi, D. (2013). DAMPAK PEMIKIRAN SAUSSURE BAGI PERKEMBANGAN LINGUISTIK DAN DISIPLIN ILMU LAINNYA. Parole 3(2), 1–19.https://ejournal.undip/ac/id.index.php/parole/article/view/5208

Sya, M., & Marta, R. F. (2019). Alignment frame construction by three online newspapers on the slogan of bangkabelitung islands. Jurnal Studi Komunikasi 3(3), 332–354. https://doi.org/10.25139/jsk.3i3.1701

Tutrianto, R. (2018). Munculnya Wilayah Kejahatan di Perkotaan (Studi Pada Kota Pekanbaru). Jurnal Kriminologi Indonesia 14 (1) 15–24. http://journal.ui.ac.id/index.php/jki/article/view/9674..

Yudhistira, D., Priyatna, A., & Mahzumi, D. (2014). Fetisisme Ras Kaukasoid dan Ras Mongoloid Sebagai Strategi Pemasaran dalam Sinetron Indonesia. Panggung 24 (4) : 251.




DOI: http://dx.doi.org/10.26742/panggung.v32i4.1778

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung Jurnal Panggung


 Jurnal ini terlisensi oleh Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Editor Office:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M)
Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung Gedung Rektorat Lantai 4
Jl. Buah Batu No. 212 Bandung 40116 
Email: penerbitan@isbi.ac.id or redaksi.panggung@gmail.com
Phone: 022 7314982 Fax: +022 7303021