REPRESENTASI CITRA PEREMPUAN DALAM FILM TELEVISI CRAZY NOT RICH MENTOG DI WARTEG

Arni Ernawati, Agus Triyono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji representasi citra perempuan dalam film televisi atau
FTV berjudul Crazy Not Rich Mentog di Warteg yang tayang di SCTV pada tanggal 27 Januari 2019.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisa
semiologi komunikasi. Fokus penelirian ini adalah representasi citra perempuan yang terbentuk
dari simbol-simbol yang terdapat pada tayangan film televisi SCTV berjudul Crazy Not Rich Mentog
di Warteg yang tayang di SCTV pad atanggal 27 Januari 2019. Teknik analisa data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode analisis semiotika dengan pendekatan Analisis Semiotika
Roland Barthes yang memiliki dua tingkat penandaan, yaitu denotasi dan konotasi. Hasil penelitian
tersebut menunjukkan bahwa perempuan harus selalu tampil sempurna dengan bentuk tubuh
yang ideal. Gambaran seorang perempuan yang berani, kelas atas, dan lain sebagainya. Gambaran
kecantikan yang ditampilkan bahwa citra perempuan yang terdapat dalam iklan sampo.
Kata kunci: Citra, Perempuan, Film.

References


Anugerah, Widiansyah. “Perbedaan FTV Dan Sinetron: Apa Bedanya?” Localstartupfest, 2023. https://www.localstartupfest.id/faq/perbedaan-ftvdan-sinetron/.

Astuti, Yanti Dwi. “Media Dan Gender.” Profetik Jurnal Komunikasi 9, no. 2 (2016): 1–8.

Bunga, D A N, Karya Korrie, and Layun Rampan. “Citra Perempuan Dalam Novel Kekuatan Cinta Karya Sastri Bakry.” Pendidikan Bahasa Indonesia 1, no. 1920 (2013): 43–56.

“Crazy Not Rich Mentog Di Warteg,” 2019. https://www.lifeloe.net/film/wiki/crazynot-rich-mentog-di-warteg/.

Crazy Not Rich Mentog Di Warteg, 2019. https://www.vidio.com/watch/1572788-ftv-sctvcrazy-not-rich-mentog-di-warteg.

Dharma Shanti, Hreeloita, and Kintan Arumdhani. “Dampak Sinetron Indonesia Terhadap Perilaku Masyarakat (Analisis Kasus: Sinetron Anak Langit Di Sctv).” Journal of Digital Education, Communication, and Arts Article History 2, no. 2 (2019): 89–98.

Efendi, Anwar, Seni Universitas, and Negeri Yogyakarta. “Bahasa Dan Pembentukan Citra Dalam Komunikasi Periklanan Di Televisi” KOMUNIKA, Vol.2 No.2 JulDes (2008), pp.140-160.

Mardiana, Elke Aulia Putri, and Tristanti Apriyani. “Citra Perempuan Dalam Novel Laut Bercerita Karya Leila S. Chudori.” KIBAS CENDRAWASIH: Jurnal Ilmiah Kebahasaan Dan Kesastraan 20, no. 1 (2023): 75–84. https://doi.org/10.26499/kc.v20i1.399.

Marwing, Anita, and Yunus. Perempuan Islam Dalam Berbagai Perspektif (Politik, Pendidikan, Psikologi, Ekonomi, Sosial, Budaya). Bintang Pustaka Madani, 2021. http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/2914/1/BUKU PEREMPUAN ISLAM DALAM BERBAGAI PERSPEKTIF.pdf.

Moth. “The Pied Piper of Hamelin.” Notes and Queries s5-VI, no. 139 (1876): 175. https://doi.org/10.1093/nq/s5-VI.139.175-a.

Najamudin, Atho’ilah Aly. “Catatan Kritis Untuk Sinetron ‘Perselingkuhan’ Di Televisi Kita.” islami.co, 2020. https://islami.co/catatan-kritis-untuk-sinetronperselingkuhan-di-televisi-kita/.

Nurlian, Abdul Hafid, Ismail Marzuki3. “Citra Perempuan Dalam Novel Tentang Kamu Karya Tere Liye.” Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya 2, no. Juli (2021): 49–58.

Pandanwangi, Ariesa, and Nuning Damayanti. Sosok perempuan sebagai objek dan subjek dalam karya seni selalu ada sepanjang zaman dalam kebudayaan manusia “Visualisasi Perempuan Pada Lukisan Tradisional Tionghoa Karya Lee

Man Fong Dan Chiang Yu Tie.” Panggung 27, no. 2 (2017): 117–29.

Permadi, Iwan. “FTV Itu Film Atau Sinetron?” Kompasiana, 2015. https://www.kompasiana.com/ipe/5666e17af87a617e0a555a81/ftv-itufilm-atau-sinetron.

Qomariyah, U’um. “Citra Perempuan Kuasa Dalam Perspektif Kritik Sastra Feminis Novel Perempuan Berkalung Sorban Karya Abidah El-Khalieqy”. Jurnal Lingua, 7, No.2 (2011): 104-115.

Rinjani, Dian. “Mengkaji Film The Curious Case of Benjamin Button Dengan Semiotika.” Edsence: Jurnal Pendidikan Multimedia 1, no. 1 (2019): 35–42. https://doi.org/10.17509/edsence.v1i1.17941.

Rosmawati, Intan. “Mengkaji Feminisme Dalam Naskah Drama Monolog Dongeng Marsinah Karya Sapardi Djoko Damono.” Pustaka 2, no. 3 (2022): 15–22.

Semarang, Universitas Negeri. “NOVEL PEREMPUAN BERKALUNG SORBAN KARYA ABIDAH EL-KHALIEQY,” n.d.

Shuffa, Asla Zahriya. “Citra Perempuan Dalam Film To The Bone Karya Marti Noxon: Kajian Mitos Kecantikan Naomi Wolf.” Bapala 5, no. 2 (2018). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/bapala/article/view/28076.

Syaifulloh, Muh, Titik Sudiatmi, Muhlis Fajar Wicaksana, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo, Jalan Letjend Sujono Humardani No, Kampus Jombor Sukoharjo, Pendidikan Bahsa dan Sastra Indonesia, and Fakultas Keuruan dan. “Citra Perempuan Novel Kekasih Musim Gugur Karya Laksmi Pamuntjak: Kritik Sastra Feminisme.” Prosiding Seminar Nasional Linguistik Dan Sastra (SEMANTIK) 4 (2022): 325–36. https://jurnal.uns.ac.id/prosidingsemantiks.

Thadi, Robeet. “Citra Perempuan Dalam Media.” Jurnal Ilmiah Syi’ar Vol. 14, no. 1 (2018): 27–38. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29300/syr.v14i1.1423.

Warhani, Ariani, Setiawan Sabana, and Ira Ardianti. “Representasi Perempuan Indonesia Melalui Artikel Mode Pada Majalah Femina.” Panggung 26, no. 4 (2017). https://doi.org/10.26742/panggung.v26i4.204.

Wendra, I Wayan. “Citra Perempuan Dalam Sastra Modern”. Jurnal IKA, 8, no.1 (2010) 15–24.




DOI: http://dx.doi.org/10.26742/panggung.v33i3.2757

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung Jurnal Panggung


 Jurnal ini terlisensi oleh Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Editor Office:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M)
Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung Gedung Rektorat Lantai 4
Jl. Buah Batu No. 212 Bandung 40116 
Email: penerbitan@isbi.ac.id or redaksi.panggung@gmail.com
Phone: 022 7314982 Fax: +022 7303021