Struktur Musik Iringan Tari Puspanjali

Saptono Saptono, Hendra Santosa, I Wayan Sutirtha

Abstract


Tulisan ini bertujuan untuk menjelaskan struktur komposisi musik iringan tari Puspanjali karya I Nyoman Windha seorang maestro karawitan Bali. Tari Puspanjali yang dipergunakan sebagai tari penyambutan ciptaan NLN Swasthi Widjaja diciptakan tahun 1989, menjadikannya sebagai sebuah karya tari yang monumental. Puspanjali berasal dari kata puspa berarti bunga dan anjali berarti sebuah penghormatan, dengan kata lain Puspanjali adalah taburan bunga sebagai sebuah penghormatan. Metode yang dipergunakan adalah deskriptif melalui penjabaran struktur dan bentuk musik iringan tari yang terdiri dari kawitan, pengawak, dan pekaad dengan persyaratan mungkus. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi langsung baik melihat pertunjukannya ataupun melalui video, wawancara, dan studi kepustakaan. Penciptaan tari dan iringannya sangat spontan yang keluar dari ide, gerak tari, dan melodi yang diramu dalam komposisi yang sederhana tetapi sampai saat ini karya tersebut dapat digolongkan sebagai karya monumental karena masih bertahan dan banyak dipergunakan oleh masyarakat di Bali. Penjabaran struktur musik iringan tari dilakukan melalui notasi balok yang digabungkan dengan notasi dindong. Tarian Puspanjali sangat cocok dipelajari oleh anak usia dini karena kesederhanaan gerakannya, dan musik iringan dapat dipelajari oleh para pemula usia SD karena kesederhanaan komposisi musiknya.


References


Andriyani, N. M. M. (2017). Analisis Tari Puspanjali Sebagai Materi Dasar Pembelajaran Tari Bali Putri Pada Anak Usia Dini Di Sanggar Tari. http://repo.isi-dps.ac.id/2444/

Ardipal. (2015). Kembalikan Lagu Anak-anak Indonesia: Sebuah Analisis Struktur Musik. Panggung, 25(4), 343–355. https://doi.org/10.26742/panggung.v25i4.42

Bandem, I. M. (1986). Prakempa Sebuah Lontar Gambelan Bali. ASTI Denpasar.

DeVale; I Wayan Dibia, S. C. (1991). Sekar Anyar: An Exploration of Meaning in Balinese “gamelan.” The World of Music, 33(1), 5–51. https://www.jstor.org/stable/43562776

Esha, P. N. L. S. N. W. I. (2018). Pengembangan Video Pembelajaran Puspanjali di Sekolah Dasar Negeri 1 Singapadu Kaler - Gianyar. http://repo.isi-dps.ac.id/2723/

Galingging, K., Panggabean, A. J., Batubara, J., & Purba, C. R. W. (2023). Kajian Struktur Dan Bentuk Musik Piano “Hungarian Rhapsody No. 2” Karya Frans Liszt Dimainkan Oleh Yannie Tan. Panggung, 32(4), 503. https://doi.org/10.26742/panggung.v32i4.2299

Hendra Santosa, Saptono, I. W. S. (2022). I Nyoman Windha Sang Maestro Karawitan Bali (Abdul (ed.)). Penerbit Adab.

Ni Komang Ari Rani Parwati, Ni Wayan Mudiasih, S. M. A. (2016). Pembelajaran Tari Puspanjali Lewat Rangsang Tari Kinestetik Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (Tunarungu) Di Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Bangli. In Repo ISI Denpasar. http://repo.isi-dps.ac.id/2422/

Putri, S. (2022). Nilai-nilai Pendidikan dalam Tari Puspanjali di Pura Agung Jagatnatha Pekanbaru Provinsi Riau. https://repository.uir.ac.id/14831/

Rai, I. W. (2004). Unsur Musikal dan Ekstra Musikal dalam Penciptaan Gending Iringan Tari Bali. Pidato Pengukuhan dan pengenalan Guru Besar. ISI Denpasar.

Rembang, I. N. (1985). Hasil Pendokumentasian Notasi Gending-Gending Lelambatan klasik pegongan daerah bali. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Rianta, I. M. K. S. H. S. I. M., Santosa, H., & Sariada, I. K. (2019). Estetika Gerak Tari Rejang Sakral Lanang Di Desa Mayong, Seririt, Buleleng, Bali. MUDRA Jurnal Seni Budaya, 34(3), 385–393. https://doi.org/10.31091/mudra.v34i3.678

Saba, I. K. (2009). Karawitan Tari Karya I Nyoman Windha, Kajian Bentuk dan Penyajiannya.

Saptono. (2011). Seni Pertunjukan Jemblung Pada Masyarakat Banyumas di Jawa Tengah: Perspektif Kajian Budaya. Udayana.

Soerdarsono. (1992). Pengantar Apresiasi Seni Tari. Balai Pustaka.

Stein, L. (1979). Structure and style, The Study and analysis of musical forms. Summy Brichard Music.

Sudirga, I. G. Y. I. K. (2003). Kajian Komposisi Karawitan Karya I Nyoman Windha.

Supanggah, R. (2002). Bothekan Karawitan I (1st ed.). Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia.

Yusmanto. (2006). Calung Kajian Tentang Identitas Kebudayaan Banyumas. ISI Surakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.26742/panggung.v34i1.2446

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung Jurnal Panggung


 Jurnal ini terlisensi oleh Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Editor Office:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M)
Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung Gedung Rektorat Lantai 4
Jl. Buah Batu No. 212 Bandung 40116 
Email: penerbitan@isbi.ac.id or redaksi.panggung@gmail.com
Phone: 022 7314982 Fax: +022 7303021