Mainan Tradisional: Media Aktivitas Fisik dan Penanaman Nilai Pancasila Kepada Anak

Mohamad Zaini Alif, Muhammad Shidiq

Abstract


Pendidikan adalah satu aspek yang perlu selalu berkembang dan dikembangkan untk kelangsungan hidup manusia. Pasalnya, kehidupan manusia pun selalu berkembang dan memunculkan kebutuhan dan keharusan baru seiringnya. Namun demikian, perkembangan bukan melulu mengenai membuka hal baru dan mencipta kebaruan. Kebaruan bisa tercipta dari ilmu makna zaman dahulu atau teknologi yang digunakan pada masa lampau. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan Mainan Tradisional. Faktanya, mainan tradisional bukan hanya sebuah alat hiburan anak, namun juga media pendidikan karakter anak. Lebih dari itu, karena karakteristiknya, semua mainan tradisional selalu dikaitkan dengan aktivitas fisik anak sehingga secara tidak langsung menjadi wahana anak untuk meningkatkan kemampuan fisiknya. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Objek penelitian sendiri adalah anak dengan menyasar pada analisis perubahan tingkah laku anak menuju pengamalan nilai Pancasila sekaligus mengarah pada aktivitas fisik anak untuk peningkatan kesehatannya.

References


Anggita, Gustiana Mega, dkk. (2018). Eksistensi Permainan Tradisional sebagai Warisan Budaya Bangsa. Journal of Sport science and Education (JOSSAE). 3 (2). 55-59.

Creswell, John W. (2017). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kemendikbud. (2020). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2020-2024. Diakses pada 7 Oktober 2022 dari https://peraturan.

bpk.go.id.

Kusmiati, Ai Melis & Sumarno, Gano. (2018). Pengaruh Permainan Tradisional terhadap Kemampuan Perseptual Motorik Anak di SDN Margawatu II Garut Kota. Tegar: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School. 1(2). 17-23.

Omeri, Nopan. (2015). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana. Volume 9(3). Hlm. 464-468.

Pristiwanti, D. dkk. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling. Volume 4(6), hlm. 7911-7915.

Pusdatin. (2021). Profil Pelajar Pancasila Dirumuskan oleh Kemendikbud. Diakses pada 8 Oktober 2022 dari https://bpip.go.id.

Rianto, Hadi & Yulianingsih. (2022). Menggali Nilai-nilai Karakter dalam Permainan Tradisional. Edukasi: Jurnal Pendidikan. 19 (1). 120-134.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sari, R., & Najicha, F. U. (2022). Memahami Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Dasar Negara Dalam Kehidupan Masyarakat. Harmony Jurnal Pembelajaran IPS Dan PKN, 7(1), 53– 58. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/harmony/

article/view/56445/21678

Wulandari, Wahyu. Dkk. (2022). Penanaman Nilai-nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional “Gempuran”. Jurnal AUDHI. 4(2). 56-63.

Zaini Alid, M., dkk. (2015). Konsep Desain Vernakular dalam Bentuk Pagawean Barudak di Baduy-Dalam. Jurnal Panggung. Vol. 25(3). Hlm. 391-404.




DOI: http://dx.doi.org/10.26742/panggung.v34i1.2460

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung Jurnal Panggung


 Jurnal ini terlisensi oleh Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Editor Office:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M)
Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung Gedung Rektorat Lantai 4
Jl. Buah Batu No. 212 Bandung 40116 
Email: penerbitan@isbi.ac.id or redaksi.panggung@gmail.com
Phone: 022 7314982 Fax: +022 7303021