Dinamika Pertunjukan Topeng pada Budaya Ngarot di Lelea Indramayu1

Asep Sulaeman, H. I. Syarief Hidayat, Ganjar Kurnia, Endang Caturwati

Abstract


ABSTRACT

 

Based on research that has been done a few years ago, about the dynamics performances Ngarot ceremonial mask, which is a cultural activity or practice of traditional ceremonies for the community to reach a meeting of Indramayu transcendental. The departure of this study encourage curiosity on the phenomena that occur on the object to be studied, it can be identified several issues that will be the basis to learn more about the phenomenon that is no change in the philosophical values, function and role in culture Ngarot mask performance, which is so Problems are how to form a mask dance in Ngarot transformation from time to time? The main problem will be revealed in this study is the change seen from asfek philosophical values, functions and roles. This study used a qualitative method, because of the problems of this research is in the area of art that narrow space, simple yet complex variable at the level of content, questioned the meaning, and questioned the phenomenon. While the approach adopted is to use a multidisciplinary approach to art, culture approach, and the approach to sociology. Target outcomes to be achieved from this study resulted in deepening the concept of meaning, and or innovat- ing dance masks to the public. The resulting concept can be used as one of the guide also to be creative

/work in an effort to revitalize and innovate other mask dance.

 

Keywords: Performance Masks, Ngarot, transformation, change

 

 

 

 

ABSTRAK

 

Berdasarkan riset yang telah dilakukan beberapa tahun yang lalu, tentang dinamika per- tunjukan Topeng dalam upacara adat Ngarot, yaitu sebuah kegiatan atau praktik kultural ten- tang upacara adat bagi masyarakat Indramayu untuk mencapai pertemuan transedental. Ke- berangkatan penelitian ini mendorong  keingintahuan atas fenomena yang terjadi pada objek yang akan diteliti, maka dapat diidentifikasikan beberapa masalah yang akan dijadikan dasar untuk mengetahui lebih jauh tentang fenomena tersebut yaitu ada perubahan nilai-nilai filoso- fis, fungsi dan peran pertunjukan topeng dalam budaya Ngarot, yang jadi problematikanya adalah bagaimana wujud transformasi tari topeng dalam Ngarot dari masa ke masa? Masalah utama yang akan diungkapkan dalam penelitian ini adalah perubahan dilihat dari asfek nilai- nilai filosofis, fungsi dan peran.  Penelitian ini menggunakan metode kualitatif,  karena ma- salah-masalah penelitian ini ada dalam wilayah ruang seni yang sempit, variabel sederhana namun rumit dalam tataran konten, mempersoalkan makna, dan mempertanyakan fenomena. Sedangkan pendekatan yang diterapkan adalah multidisiplin dengan menggunakan pendeka- tan seni, pendekatan budaya, dan pendekatan sosiologi.

Target luaran yang ingin dicapai dari penelitian ini menghasilkan konsep pendalaman makna, dan atau menginovasikan tari Topeng untuk masyarakat. Konsep yang dihasilkan dapat dijadikan salah satu panduan juga untuk berkreasi/berkarya dalam upaya merevitalisasi dan menginovasi tari Topeng lainnya.

 

Kata kunci: Pertunjukan Topeng, ngarot, transformasi, perubahan


Full Text:

PDF

References


Bourdieu, Pierre

ArenaProduksi Kultural, Sebuah Kajian

Sosiologi Budaya. Diterjemahkan o-

leh Yudi Santosa. Bantul: Kreasi Wa-

cana

Dillistone, F.W

The power of Symbols. Diterjemahkan

oleh A. Widyamartaya. Yogyakarta:

Kanisius

FX. Widaryanto dan Sri Rustiyanti

“Konsep Lawang Sewu atau White

Box sebagai Fenomena Baru Proses

Kreatif Kebertubuhan†Jurnal Pang-

gung. Vol. 23 No. 4, Desember

Harker, Richard, Cheelen Mahar & Chris

Wilkes

(Habitus x Modal) + Ranah = Prak- tek, Pengantar Paling Komprehensif kepada Pemikiran Pierre Bourdieu. Yogyakarta: Jalasutra

Jakob Sumardjo

Arkeologi Budaya Indonesia. Yogyakar- ta: Penerbit Kalam

Jaeni

Komunikasi Estetik Menggagas Kajian Seni dari Peristiwa Komunikasi Pertun- jukan. Bogor: PT Penerbit IPB Press

Maman Suryaatmadja

“Topeng Cirebonâ€. Bandung: Laporan

Penelitian ASTI

---------------,

“Pertunjukan Topeng Suatu Penela- ahan Segi Busananyaâ€. Laporan Pene- litian. Bandung: ASTI

Ope Mustapa

“Kebudayaan Daerah Indramayuâ€. In- dramayu: Pemerintah Kabupaten Daerah Tingkat II

R. Gaos Somantri

“Topeng Cirebonâ€. Bandung: Proyek

Pengembangan Institut Kesenian In-

donesia Sub. Proyek ASTI

Tjetjep Rohendi Rohidi

Kesenian Dalam Pendekatan Kebudaya- an. STISI Press Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M)




DOI: http://dx.doi.org/10.26742/panggung.v24i4.134

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung Jurnal Panggung


 Jurnal ini terlisensi oleh Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Editor Office:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M)
Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung Gedung Rektorat Lantai 4
Jl. Buah Batu No. 212 Bandung 40116 
Email: penerbitan@isbi.ac.id or redaksi.panggung@gmail.com
Phone: 022 7314982 Fax: +022 7303021