Saluang Dendang Sirompak dalam Tradisi Ritual Magis di Payakumbuh: Satuan Kajian Karakteristik Musikal
Abstract
Saluang dan Dendang Sirompak merupakan bagian tidak terpisahkan dari pertunjukan Sirompak.
Pertunjukan difungsikan untuk mempengaruhi orang lain melalui kekuatan magi. Tradisi ba-
Sirompak diidentifikasi sebuah komposisi musik bersifat free rhythm. Mantera disajikan melalui
kalimat yang disusun untuk mendatangkan kekuatan gaib. Ba-sirompak difungsikan untuk
mengguna-gunai wanita secara ilmu kebatinan (magis). Penelitian ini dilakukan dengan
menggunakan metode kualitatif, yaitu data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Dalam pengumpulan data digunakan tiga tahap penelitian. yaitu: Pertama,
studi kapustakaan untuk mengumpulkan bahan tertulis yang diperlukan sesuai masalah yang
diteliti. Kedua, penelitian lapangan untuk mungumpulkan data dengan teknik observasi
dan wawancara langsung secara mandalam, dengan difokuskan pada rekonstruksi ritual Basirompak.;
Ketiga, pengolahan data, dilakukan berupa transkripsi music dalam bentuk notasi,
deskripsi, dan analisis data yang siap dijadikan laporan. Tujuan penelitian adalah untuk
mengetahui karakteristik musical Saluang Dendang Sirompak dengan mengkaji unsur-unsur
musikal pada pusaran motif, frase, dan periode melodis.
Kata Kunci: Ba-sirompak, Karakter musikal, Ritual Magi.
Full Text:
PDFReferences
Bambang Permadi, Ngurah Anom Kumbara,
Bagus Wirawan, I Gede Arya Sugiartha.
(2018). Globalisasi dan Hegemoni
Tehadap Transformasi Musik Dol di
Bengkulu. MUDRA Jurnal Seni Budaya
. Vol 33, Nomor 1. 67-68.
Dewi, H. (2016). Keberlanjutan dan Perubahan
Seni Pertunjukan Kuda Kepang di Sei
Bamban, Serdangbedagai, Sumatera
Utara. Panggung, 26 (2), 139-150.
Ediwar, Rosta Minawati, Febri Yulika,
Hanefi. (2017). Musik Tradisional
Minangkabau.Yogjakarta: Gre
Publishing
Ediwar, Rosta Minawati, Febri Yulika, Hanefi.
(2019). Kajian Organologi Pembuatan
Alat Musik Saluang Darek Berbasis
Teknologi Tradisional. Panggung, 29
(2), 116-130.
Koentjaraningrat, (1987). Sejarah Teori
Antropologi I. Jakarta: UI-Press.
Marzam, (2002). Aktivitas Ritual Magis
Menuju Seni Pertunjukan Basirompak.
Yogjakarta: Kepel.
Rika Wirandi, (2016). Gaya Nyanyian Mantra
Marindu Harimau di Nagari Gaung
Kecamatan Kubung Kabupaten Solok.
Tesis. Institut Seni Indonesia Padang
Panjang
Muhamad Aji, (2019). Konstruksi Budaya
Anak Muda pada Novel Populer
Indonesia Tahun 2000-an. Panggung,
(2), 146-159.
Soedarsono. (1985). Peranan Seni Budaya
Dalam Sejarah Kehidupan Manusia
Kontinuitas dan Perubahannya. Pidato
Pengukuhan Jabatan Guru Besar pada
Fakultas Sastra Universitas Gadjah
Mada, Yogjakarta.
Tommy Wahyudi, Rafiloza , Ediwar. (2019).
Ritual Basirompak Memiliki Unsur
Musikal di Nagari Taeh Baruah Kab.
Limopuluah Kota Payokumbuah.
Besaung Jurnal Seni Desain Dan
Budaya. 4 (2) 61-67.
Zainal ,Warhad, (1993). Lagu Sirompak pada
Masyarakat Kenagarian Taeh Baruah
Kecamatan Payakumbuh Sumatera
Barat. Skripsi. USU Medan.
DOI: http://dx.doi.org/10.26742/panggung.v30i4.1369
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Statistik Pengunjung Jurnal Panggung
Jurnal ini terlisensi oleh Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Editor Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M)
Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung Gedung Rektorat Lantai 4
Jl. Buah Batu No. 212 Bandung 40116
Email: penerbitan@isbi.ac.id or redaksi.panggung@gmail.com
Phone: 022 7314982 Fax: +022 7303021