Repertoar Musik Gendang Keyboard di Masyarakat Karo, Sumatera Utara

Rosta Minawati, Suryanti Suryanti

Abstract


Repertoar musik gendang keyboard sebagai wacana budaya populer memiliki nilai-nilai dan makna sebagai sistem pengetahuan dalam membangun karakteristik individu, kelompok maupun masyarakatnya. Di masyarakat Karo, Sumatera Utara masuknya keyboard menjadi musik tradisional memberi dampak pada perubahan seni tradisional, baik secara adat istiadat, ritual dan hiburan. Tujuan ingin mengangkat fenomena gendang keyboard sebagai praktik kebudayaan di masyarakat Karo, Sumatera Utara. Metode pengumpulan data dilakukan secara kualitatif melalui obsevasi, wawancara dan dokumentasi. Sistem perubahan dan perkembangan musik tradisi Karo diprakarsai oleh Djasa Tarigan menjadi budaya populer dan estetika postmodern. Kepopuleran musik gendang keyboard oleh karena dapat menirukan (imitasi) musik tradisional Karo dalam mengiringi setiap acara adat istiadat, ritual maupun hiburan. Gendang keyboard mengiringi tari (landek) pada bagian patam-patam. Patam-patam memiliki gerakan maju, mundur, goyang dengan cepat layaknya seperti musik “rock and roll”. Musik gendang keyboard sebagai budaya populer masuk dalam wacana estetika pastiche, parodi, kitsch, camp, dan skizofrenia.

Kata kunci: Musik Gendang Keyboard, Masyarakat Karo, Budaya Populer, Sumatera Utara


References


Barker, Chis. (2005). Cultural Studies: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Bentang.

Butron, Graeme. (2008). Pengantar untuk Memahami Media dan Budaya Populer. Yogyakarta: Jalasutra.

Christomy, T dan Untung Yuwono. (Peny). (2004). Semiotika Budaya. Depok: Pusat Penelitian Kemasyarakatan dan Budaya Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Universitas Indonesia.

Leonardo, D’ Amico. (2002). “Seni Pertunjukan Tradisional Dan Globalisasi: Pilihan Etnik, Etik dan Estetik” dalam Menimbang Praktek Pertukaran Budaya: Kolaborasi, Misi, Sumber & Kesempatan. Jurnal Seni Pertunjukan Indonesia Th. XI-2002. Jakarta: MSPI.

Ediwar, dkk. (2019). ”Kajian Organologi Pembuatan Alat Musik Saluang Darek Berbasis Teknologi Tradisional” dalam Jurnal Panggung, 29 (2), 116-130.

Geertz, Clifford. (1966). “Religion as a Cultural System”, dalam Anthropological Approaches to The Study of Religion, M.Banton (ed). London: Tavistock.

Joesoep, Soelaiman. (1981). Pengantar Psychologi Sosial. Surabaya: Usaha Nasional.

Kana, Nico L. (1981). Tradisi Lisan: Mitos dan Teks sebagai Wahana Memahami Kebudayaan. Salatiga: LPIS Satya Wacana.

Minawati, Rosta. (2007). Pertujukan Dangdut Mak Lampir di Kotamadya Binjai: Sebuah Kajian Budaya, Tesis Program Pascasarjana Universitas Udayana.

Moleong, J Lexy. (1999). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya.

Piliang, Yasraf Amir. (2003). Hipersemiotika: Tafsir Cultural atas Matinya Makna. Yogyakarta: Jalasutra.

Poerwanto, Hari. (2005). Kebudayaan dan Lingkungan: Dalam Perspektif Antropologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ritzer, George dan Dauglas J.Goodman.(2004). Teori Sosiologi Modern. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Rustiyanti, Sri, dkk. (2020). “Literasi Tubuh Virtual dalam Aplikasi Teknologi Augmented Reality PASUA PA”, dalam Jurnal Panggung, Vol. 30 (3), 453-464.

Sachari, Agus. (2002). Estetika, Makna, Simbol dan Budaya. Bandung: ITB

Sedyawati, Edi. (2004). “Penelitian Seni: Jenis dan Metodenya” di sampaikan dalam Lokakarya LPPM ISI Yogyakarta: 28 Mei-1 Juni 2004, Yogyakarta: ISI Yogyakarta.

Soedarsono, RM. (2002). Seni Pertunjukan di Era Globalisasi. Yoyakarta: Gadjah Mada University Press.

Soekanto, Soerjono. (1990). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Yayasan Penerbit Universitas Indonesia.

Storey, John. (2003). Teori Budaya dan Budaya Pop: Memetakan Lanskap Konseptual Cultural Studies. Yogyakarta: CV Qalam.

Storey, John. (2008). Cultural Studies dan Kajian Budaya Pop. Yogyakarta: Jalasutra.

Strinati, Dominic. (2004). Populer Culture: Pengantar Menuju Teori Budaya Populer. Yogyakarat: Bentang (PT Bentang Pustaka).

Vattimo, Gianni. (2003). The Modernity: Nihilisme dan Hermeneutika dalam Budaya Posmodern. Yogyakarta: Sadasiva




DOI: http://dx.doi.org/10.26742/panggung.v32i3.2204

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung Jurnal Panggung


 Jurnal ini terlisensi oleh Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Editor Office:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M)
Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung Gedung Rektorat Lantai 4
Jl. Buah Batu No. 212 Bandung 40116 
Email: penerbitan@isbi.ac.id or redaksi.panggung@gmail.com
Phone: 022 7314982 Fax: +022 7303021