Kajian Bahasa Pragmatik pada Tari Endah Karya S. Maridi
Abstract
ABSTRACT
Â
This research aims to uncover the meaning of Tari Endah from a pragmatic linguistic perspec- tive. The approach to the study uses a qualitative descriptive method. The theoretical foundation refers mainly to pragmatic theories and performing art theories. The application of pragmatic theo- ries is used to research the verbal components while performing arts theories are applied to study the nonverbal components.
Based on an analysis of the verbal and nonverbal components of Tari Endah, it was concluded that this dance is a romantic couples dance which is hoped to act as a good example for newlywed couples and the community in general. In addition, Tari Endah is a form of aesthetical entertainment which is highly beneficial for the audience in fulfilling their spiritual and physical needs.
Â
Keywords: pragmatic language, verbal components, and nonverbal components
Â
Â
ABSTRAK
Â
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap makna Tari Endah1 dari perspektif linguis- tik pragmatik. Pendekatan penelitiannya menggunakan metode kualitatif deskriptif. Lan- dasan teoritis yang dirujuk lebih mengacu pada teori pragmatik dan teori seni pertunjukan. Bentuk aplikasinya, teori pragmatik digunakan untuk menggali komponen yang bersifat verbal, sedangkan teori seni pertunjukan untuk mengkaji komponen yang bersifat nonver- bal.
Berdasarkan analisis komponen verbal dan nonverbal pada Tari Endah didapat suatu simpulan bahwa Tari Endah merupakan salah satu bentuk tari pasangan percintaan yang diharapkan dapat dicontoh dan diteladani bagi sepasang pengantin dan masyarakat pe- nonton pada umumnya. Di samping itu Tari Endah juga merupakan bentuk hiburan estetik yang sangat bermanfaat untuk pemenuhan kebutuhan rohani dan jasmani dalam berbagai aktivitas kehidupan manusia.
Â
Kata kunci: bahasa pragmatik, komponen verbal, dan komponen nonverbal
Â
Full Text:
PDFReferences
Gadamer, Hans-Georg
Kebenaran dan Metode. Dalam Sri Rustiyanti dkk. Jurnal Panggung, Vol. 23 No.1 Maret 2013. STSI Ban- dung.
Kreidler, W. Charles
Introducing English Semantics. Lon- don: Routledge.
Lamuddin Finoza
Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Diksi Insan Mulia.
Leech, Geoffrey
Principles of Pragmatics. New York: Longman.
---------------,
Prinsip-prinsip Pragmatik. Penerje- mah: M.D.D Oka. Jakarta: Universi- tas Indonesia.
Levinson, Stephen C.
Pragmatics. London: Cambridge U- niversity Press.
Maryono.
Pragmatik Genre Tari Pasihan Gaya
Surakarta. Surakarta: ISI Press.
---------------,
Analisa Tari. Penerbit: ISI Press Solo.
Parker, De Witt. H.
Dasar-dasar Estetika. Penerjemah: SD.
Humardani. Surakarta: Akademi
Seni Karawitan Indonesia (ASKI).
Parker, Frank
Linguistics for Non-linguistics. Lon- don: Taylor and Francis Ltd.
Soedarsono, R.M.
Pengantar Pengetahuan dan Kompo- sisi Tari. Yogyakarta: Akademi Seni Tari Indonesia (ASTI).
Silvester Pamardi
‘Peranan S. Maridi Dalam Perkem- bangan Tari Gaya Surakarta (Sebu- ah Biografi)’. Tesis. UGM Yogyakarta.
Sutarno Haryono
Kajian Pragmatik Seni Pertunjukan O- pera Jawa. Surakarta: ISI Press.
Yule, George
Pragmatics. Singapore: National In- stitute of Education.
Nara Sumber:
Daryono. 55 tahun
Penari Alus, Dosen tari, sekarang me- rampungkan studi, Program Doktoral di ISI Surakarta.
Hartoyo. 57 tahun
Penari Alus Tari Endah dan perias pe- ngantin, putra dari Empu tari S.Maridi dari Solo.
Ninik Sutranggi. 55 tahun
Penari putri Tari Endah dan perias pe- ngantin, putra dari Empu tari S.Maridi dari Solo.
DOI: http://dx.doi.org/10.26742/panggung.v23i4.148
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Statistik Pengunjung Jurnal Panggung
Jurnal ini terlisensi oleh Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Editor Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M)
Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung Gedung Rektorat Lantai 4
Jl. Buah Batu No. 212 Bandung 40116
Email: penerbitan@isbi.ac.id or redaksi.panggung@gmail.com
Phone: 022 7314982 Fax: +022 7303021