Penerapan Teknik dan Pola Anyam Tradisi pada Karya Rupa Ekspresif 3 Dimensi

Teten Rohandi, Martien Roos Nagara, Farid Kurniawan Noor Zaman

Abstract


Teknik dan pola anyam tradisi yang dilakukan perajin dalam menganyam adalah cetakan untuk memproduksi produk secara masal. Dalam fine art teknik dan pola anyam dapat dijadikan sebagai struktur dasar dalam pembentukan karya yang sifatnya lebih ekspresif. Fokus penelitian ini adalah penerapan teknik dan pola anyam dasar yang berpijak dari tradisi, dieksplorasi menjadikannya struktur baru dalam pembentukan karya seni rupa. Penggalian nilai estetik yang berada di wilayah keilmuan seni rupa murni ini bertujuan untuk mengembangkan seni rupa sekaligus seni anyam tradisi, sehingga dapat menciptakan pola baru yang memiliki ciri khas serta peningkatan nilai apresiasi. Metode kreatif yang digunakan adalah design thinking dengan teknik eksplorasi dan eksperimental bentuk. Hasil penelitian berdasarkan eksplorasi teknik dan pola anyam tradisi adalah berupa karya rupa ekspresif 3D. Diharapkan penelitian ini dapat menjadi acuan sebagai alternatif dalam berkarya seni rupa yang dapat diapresiasi oleh khalayak luas dan memberi inspirasi sekaligus ikut melestarikan seni rupa tradisi Indonesia.

Kata kunci: teknik anyam, pola anyam tradisi, karya seni rupa, 3 dimensi


References


Abdurachmat, Idris. (2000). Prinsip-prinsip Geografi Ekonomi, Bandung: Jurusan Pendidikan Geografi, FKIPS-IKIP, 1997 Kartasapoetra Makro Ekonomi.

Anto, Abbas. (2005). Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Rineka Cipta.

Arifien, Koko K. (2012). Peluang Bisnis Anyaman. Bandung.

Dekranas. (2011). Permata Tersembunyi Kalimantan Timur, Seni Kriya Kutai Barat, Malinau, Nunukan. Jakarta: Dewan Kerajinan Nasional.

Hendriyana, Husen. (2021). Metodologi Penelitian Penciptaan Karya. Yogyakarta: ANDI.

Mulyani, Ai, Riyana Rosilawati. (2020). Kreativitas Rd. Tjetje Somantri dalam Tari Puja. Jurnal Panggung, 30(1), 70-86.

Patria, A. S., Rupa, S. M. J. P. S., & Mutmaniah, S. (2016). Kerajinan anyam sebagai pelestarian kearifan lokal. Jurnal Dimensi Seni Rupa Dan Desain, 12(1), 1-10.

Phang, Desnica. 2019. Revitalisasi Anyaman Pandan Tasikmalaya Pada Produk Fashion Wanita. Bandung: ITB.

Raharjo, Basuki. (2011). Seni Kerajinan Pandan. Klaten: PT. Macanan Jaya.

Rohandi, Teten dkk. (2021). Model Pengembangan Teknik dan Pola Anyam sebagai Struktur Dasar Karya Seni Rupa Ekspresi. ATRAT: Jurnal Seni Rupa, 9(3), 203-214.

Sachari, Agus. (2002). Estetika (Makna, Simbol dan Daya). Bandung: ITB.

Sumanto. (2006). Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak. Jakarta: Gema Insani.

Syahrudin. (1988). Pengembangan Industri dan Perdagangan Luar Negeri. Padang: Pusat Penelitian Universitas Andalas.

Tocharman, Maman. (2009). Melestarikan Budaya Kriya Anyam. Makalah ini disampaikan pada kegiatan Workshop Anyaman dan Gerabah Di Museum Sri Baduga Bandung-Jawa Barat. Tanggal, 22 Desember 2009.

Yudoseputro, Wiyoso. (1983). Seni Kerajinan Indonesia. Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan, Dirjen P&K.

Yusnita, Y., Kencana, R., dkk. (2022). Pelatihan Keterampilan Menganyam Tingkat Dasar pada Mahasiswa PIAUD STAI Auliaurrasyidin Tembilahan. ABDIMASY: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 26-35




DOI: http://dx.doi.org/10.26742/panggung.v32i3.2264

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung Jurnal Panggung


 Jurnal ini terlisensi oleh Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Editor Office:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M)
Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung Gedung Rektorat Lantai 4
Jl. Buah Batu No. 212 Bandung 40116 
Email: penerbitan@isbi.ac.id or redaksi.panggung@gmail.com
Phone: 022 7314982 Fax: +022 7303021